Materi INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK) BAHASA INDONESIA SMA/SMK KELAS X Yang Anda Cari
Rabu, 20 Juni 2018
Edit
MATERI PENTING PENDIDIKAN SEKOLAH - Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Materi INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK) BAHASA INDONESIA SMA/SMK KELAS X Yang Anda Cari, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan
Contoh Soal,
Gaji Guru,
Guru,
pendidikan akhlak,
pendidikan bahasa arab, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca. Materi INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK) BAHASA INDONESIA SMA/SMK KELAS X Yang Anda Cari
Sumber: https://ift.tt/2yqOx70
PENETAPAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
SMA NEGERI 2 BOYOLALI
Kompetnsi inti
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, esni budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
|
1.
|
3.1 Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis.
|
3.1.1. Menentukan isi pokok dalam teks laporan hasil observasi.
3.1.2. Menentukan ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi.
|
|
2.
|
4.1 Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis.
|
4.1.1 Menafsirkan teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi.
4.1.2 Mempresentasikan teks laporan hasil observasi
|
|
3.
|
3.2. Mengonstruksi teks laporan hasil observasidengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan baik lisan maupun tulis
|
3.2.1. Mengidentifikasi isi dalam teks laporan hasil observasi.
3.2.2. Mengidentifikasi struktur dalam teks laporan hasil observasi.
3.2.3. Mengidentifikasi ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi.
|
|
4.
|
4.2 Mengidentifikasi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi), teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca
|
4.2.1 Menyusun garis besar isi teks laporan hasil observasi
4.2.2 Menyusun teks laporan hasil observasi
4.2.3 Mempresentasikan teks laporan hasil observasi yang telah disusun..
|
|
5.
|
3.3. Menganalisis struktur, isi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi), kebahasaan teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca
|
3.3.1. Menggali struktur (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) dalam teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca.
3.3.2. Menggali isi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) dalam teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca.
3.3.3. Menggali kebahasaan (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) dalam teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca.
|
|
6.
|
4.3 Mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi secara lisan dan / tulis.
|
4.3.1 Menyusun teks eksposisi dengan memerhatikan struktur, isi, dan kebahasaan dari suatu permasalahan, argumentasi, pengetahuan, rekomendasi
4.3.2 Mempresentasikan teks eksposisi yang telah disusun.
|
|
7.
|
3.4. Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi.
|
3.4.1. Menemukan struktur teks eksposisi yang dibaca.
3.4.2. Menumukan kebahasaan teks yang dibaca.
3.4.3. Membandingkan dua teks eksposisi
|
|
8.
|
4.4 Mengonstruksikan teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan.
|
4.4.1 Menyusun teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur, dan aspek kebahasaan.
4.4.2 Mempresentasikan teks eksposisi yang telah disusun.
|
|
9.
|
3.5. Mengevaluasi teks anekdot dari aspek makna tersirat.
|
3.5.1. Menilai isi tersirat dalam teks anekdot
3.5.2. Menilai aspek makna tersirat dalam teks anekdot
|
|
10.
|
4.5 Mengonstruksi makna tersirat dalam sebuah teks anekdot baik lisan maupun tulis
|
4.5.1 Menyusun kembali teks anekdot dengan memerhatikan makna tersirat dalam teks anekdot yang dibaca
4.5.2 Mempresentasikan eks anekdot yang telah disusun.
|
|
11.
|
3.6. Menganalisis struktur dan kebahasaan teks anekdot.
|
3.6.1. Mengidentifikasi struktur (bagian-bagian teks) anekdot
3.6.2. Mengidentifikasi kebahasaan anekdot
|
|
12.
|
4.6 Menciptakan kembali teks anekdot dengan memerhatikan struktur, dan kebahasaan baik lisan maupun tulis
|
4.6.1 Menyusun teks anekdot dengan memerhatikan struktur dan aspek kebahasaan.
4.6.2 Mempresentasikan teks anekdot yang telah disusun.
|
|
13.
|
3.7. Mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam cerita rakyat (hikayat) baik lisan maupun tulis.
|
3.7.1. Mendata pokok-pokok isi dalam hikayat.
3.7.2. Mendata karakteristik dalam hikayat.
3.7.3. Mendata nilai-nilai dalam hikayat.
|
|
14.
|
4.7 Menceritakan kembali isi cerita rakyat (hikayat) yang didengar dan dibaca.
|
4.7.1 Menyusun teks eksposisi berdasarkan pokok-pokok isi dalam hikayat.
4.7.2 Menyusun teks eksposisi berdasarkan pokok-pokok nilai-nilai dalam hikayat.
4.7.3 Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi, teks eksposisi yang telah disusun
|
|
15.
|
3.8. Membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen.
|
3.8.1. Menjelaskan perbedaan dan persamaan isi dalam cerpen dan cerita rakyat.
3.8.2. Menjelaskan perbedaan dan persamaan nilai-nilai dalam cerpen dan cerita rakyat.
|
|
16.
|
4.8 Mengembangkan cerita rakyat (hikayat) ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai.
|
4.8.1 Menyusun kembali isi cerita rakyat ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai.
4.8.2 Mempresesntasikan teks cerpen yang disusun..
|
|
17.
|
3.9. Mengidentifikasi butir-butir penting dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel yang dibacakan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen.
|
3.9.1. Mebuat ikhtisar isi buku yang dibaca
|
|
18.
|
4.9 Menyusun ikhtisar dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan ringkasan dari satu novel yang dibaca.
|
4.9.1 Melaporkan isi buku yang dibaca dalam bentuk ikhtisar.
4.9.2 Mempresentasikan ikhtisar yang dilaporkan.
|
|
19.
|
3.10. Mengevaluasi pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam teks negosiasi lisan maupun tertulis.
|
3.10.1. Menilai masalah, bagaimana cara menyampaikan pengajuan dalam bernegosiasi.
3.10.2. Menilai masalah, bagaimana cara menyampaikan penawaran dalam bernegosiasi.
3.10.3. Menilai masalah, bagaimana cara menyampaikan pencapaian persetujuan dalam bernegosiasi.
|
|
20.
|
4.10 Menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan dan penutup dalam teks negosiasi secara lisan atau tulis.
|
4.10.1 Mengungkapkan cara pengajuan dalam bernegosiasi.
4.10.2 Mengungkapkan cara penawaran dalam bernegosiasi.
4.10.3 Mengungkapkan cara pencapaian persetujuan dalam bernegosiasi.
4.10.4 Memberikan tanggapan hasil kerja teman atau kelompok lain secara lisan berupa kekurangan dan kelebihan dilihat dari kejelasan isi dan kalimat
|
|
21.
|
3.11. Menganalisis isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan teks negosiasi.
|
3.11.1. Menentukan struktur: orientasi (pengajuan, penawaran, dan persetujuan),
3.11.2. Menentukan struktur: permasalahan (pengajuan, penawaran, dan persetujuan),
3.11.3. Menentukan cirri kebahasaan (pasangan tuturan dan kesantunan) dalam teks negosiasi.
|
|
22.
|
4.11 Mengkonstruksikan teks negosiasi dengan memerhatikan isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan.
|
4.11.1 Menyusun teks negosiasi dengan memerhatikan struktur teks.
4.11.2 Menyusun teks negosiasi dengan memerhatikan aspek kebahasaan.
4.11.3 Mempresentasikan teks negosiasi yang telah disusun.
|
|
23.
|
3.12. Menghubungkan permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak dan simpulan dari debat untuk menemukan esensi dari debat.
|
3.12.1. Mengidentifikasi permasalahan dari simulasi debat yang menimbulkan pro dan kontra yang diperankan oleh peserta didik..
3.12.2. Mengidentifikasi simpulan dari simulasi debat yang menimbulkan pro dan kontra yang diperankan oleh peserta didik.
|
|
24.
|
4.12 Mengonstruksi permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan dari debat secara lisan untuk menunjukkan esensi dari debat.
|
4.12.1 Melaksanakan debat
4.12.2 Mengevaluasi pelaksanaan debat.
|
|
25.
|
3.13. Menganalisis isi debat (permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan).
|
3.13.1. Mengidentifikasi isi debat (permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan).
3.13.2. Memberikan tanggapan (kelebihan dan kekurangan) terhadap pihak-pihak pelaku debat..
|
|
26.
|
4.13 Mengembangkan permasalahan/isu dari berbagai sudut pandang yang dilengkapi argumen dalam berdebat.
|
4.13.1 Melaksanakan debat.
4.13.2 Mengevaluasi pelaksanaan debat.
|
|
27.
|
3.14. Menilai hal yang dapat diteladani dari teks biografi
|
3.14.1. Mengidentifikasi peristiwa (antara lain: perjalanan pendidikan, karier, perjuangan) dalam biografi tokoh.
|
|
28.
|
4.14 Mengungkapkan kembali hal-hal yang dapat diteladani dari tokoh yang terdapat dalam teks biografi yang dibaca secara tertulis.
|
4.14.1 Menyampaikan kembali hal-hal yang dapat diteladani dari peristiwa yang tertuang dalam dalam teks biografi
4.14.2 Memberikan komentar secara lisan terhadap hasil kerja teman atau kelompok lain.
4.14.3 Memberikan komentar secara tertulis terhadap hasil kerja teman atau kelompok lain.
|
|
29.
|
3.15. Menganalisis aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi.
|
3.15.1. Mendata pokok-pokok isi biografi dalam teks biografi.
3.15.2. Mendata ciri kebahasaan dalam teks biografi.
|
|
30.
|
4.15 Menceritakan kembali isi teks biografi baik lisan maupun tulis
|
4.15.1 Menulis teks biografi tokoh dengan memerhatikan isi (antara lain: perjalanan, pendidikan, karier, perjuangan)
4.15.2 Memberikan tanggapan secara lisan terhadap isi teks (biografi) yang ditulis teman
|
|
31.
|
3.16. Mengidentifikasi suasana, tema, dan makna beberapa puisi yang terkandung dalam antologi puisi yang diperdengarkan atau dibaca.
|
3.16.1. Mendata suasana dalam puisi yang didengar dan atau dibaca.
3.16.2. Mendata tema dalam puisi yang didengar dan atau dibaca.
3.16.3. Mendata makna dalam puisi yang didengar dan atau dibaca.
|
|
32.
|
4.16 Mendemonstrasikan (membacakan atau memusikalisasikan) satu puisi dari antologi puisi atau kumpulan puisi dengan memerhatikan vokal, ekspresi, dan intonasi (tekanan dinamik dan tekanan tempo)
|
4.16.1 Memusikalisasikan dan menanggapi salah satu puisi dari antologi puisi atau kumpulan puisi dengan memerhatikan vokal
4.16.2 Memusikalisasikan dan menanggapi salah satu puisi dari antologi puisi atau kumpulan puisi dengan memerhatikan ekspresi
4.16.3 Memusikalisasikan dan menanggapi salah satu puisi dari antologi puisi atau kumpulan puisi dengan memerhatikan intonasi (tekanan dinamik dan tekanan tempo).
|
|
33.
|
3.17. Menganalisis unsur pembangun puisi.
|
3.17.1. Mendata kata-kata yang menunjukkan diksi, imaji, diksi, kata konkret, gaya bahasa, rima/irama, tipografi, tema/makna (sense); dalam puisi.
3.17.2. Mendata kata-kata yang menunjukkan rasa (feeling), nada, dan amanat dalam puisi.
|
|
34.
|
4.17 Menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangunnya (tema, diksi, gaya bahasa, imaji, struktur, perwajahan)
|
4.17.1 Menulis puisi dengan memerhatikan diksi, imaji, diksi, kata konkret, gaya bahasa, rima/irama, tipografi, tema/makna (sense).
4.17.2 Menulis puisi dengan memerhatikan rasa (feeling), nada, dan amanat
4.17.3 Mempresentasikan puisi yang telah ditulis
|
|
35.
|
3.18. Menganalisis isi dari minimal satu buku fiksi dan satu buku nonfiksi yang sudah dibaca.
|
3.18.1. Menganalisis kelebihan buku yang dibaca
3.18.2. Menganalisis kekurangan buku yang dibaca
|
|
36.
|
4.18 Mempresentasikan replikasi isi buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk resensi.
|
4.18.1 Menyusun resensi buku nonfiksi yang dibaca.dengan memerhatikan unsur-unsur resensi
4.18.2 Mempresentasikan dan menanggapiresensi yang ditulis
|
Boyolali, 2 Juli 2018
Mengetahui
Kepala SMA Negeri 2 Boyolali Guru Mata Pelajaran
Suyanta, S.Pd., M.Pd. Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP 196505041998031014 NIP 197207081998011001