Materi KISI-KISI UJIAN SEKOLAH TAHUN 2020 BAHASA INDONESIA SMA KURIKULUM 2013 Yang Anda Cari
Selasa, 11 Februari 2020
Edit
MATERI PENTING PENDIDIKAN SEKOLAH - Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Materi KISI-KISI UJIAN SEKOLAH TAHUN 2020 BAHASA INDONESIA SMA KURIKULUM 2013 Yang Anda Cari, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan
Contoh Soal,
Gaji Guru,
Guru,
pendidikan akhlak,
pendidikan bahasa arab, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca. Materi KISI-KISI UJIAN SEKOLAH TAHUN 2020 BAHASA INDONESIA SMA KURIKULUM 2013 Yang Anda Cari
Berikut disajikan kisikisi soal ujian sekolah tahun 2020
mata pelajaran Bahasa Indonesia SMA kurikulum 2013
Sumber: https://ift.tt/39pb9m1
Berikut disajikan kisikisi soal ujian sekolah tahun 2020
mata pelajaran Bahasa Indonesia SMA kurikulum 2013
KISI-KISI SOAL UJIAN SEKOLAH
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA
TAHUN PELAJARAN 2019/2020
KURIKULUM 2013
|
||
NO.
|
INDIKATOR
|
SOAL
|
1
|
Disajikan paragraf yang terdapat istilah bidang tertentu, siswa dapat memaknai istilah dengan tepat.
|
1
|
2
|
Disajikan paragraf yang, siswa dapat menentukan kalimat pertanyaan sesuai isi teks dengan tepat.
|
2
|
3
|
Disajikan teks eksposisi, siswa dapat mengidentifikasi permasalahan yang dibahas dengan tepat.
|
3
|
4
|
Disajikan teks eksposisi, siswa dapat mengidentifikasi rekomendasi yang disampaikan penulis dengan tepat.
|
4
|
5
|
Disajikan paragraf, siswa dapat menyimpulkan isi tersirat teks dengan tepat.
|
5
|
6
|
Disajikan paragraf, siswa dapat menentukan ide pokok dengan tepat.
|
6
|
7
|
Disajikan kalimat luas, siswa dapat menentukan inti kalimat dengan tepat.
|
7
|
8
|
Disajikan paragraf yang menggunakan kata rujukan, siswa dapat menentukan makna rujukan dengan tepat.
|
8
|
9
|
Disajikan dua kutipan teks laporan hasil observasi, siswa dapat membandingkan isi dua teks dengan tepat.
|
9
|
10
|
Disajikan dua kutipan teks berita, siswa dapat membandingkan pola sajian dua teks dilihat dari unsur 5W + 1H dengan tepat.
|
10
|
11
|
Disajikan kutipan teks eksposisi, siswa dapat memprediksi kalimat lanjutan teks dengan tepat.
|
11
|
12
|
Disajikan kutipan teks eksposisi, siswa dapat meringkas isi teks dengan tepat.
|
12
|
13
|
Disajikan puisi yang menggunakan kata bermakna simbolik/kias, siswa dapat mengartikan kata bermakna simbolik dengan tepat.
|
13
|
14
|
Disajikan puisi yang menggunakan kata bermakna simbolik/kias, siswa dapat merumuskan makna puisi dengan tepat.
|
14
|
15
|
Disajikan pantun yang dirumpangkan salah satu baris isinya, siswa dapat melengkapi bagian rumpang dengan baris yang tepat.
|
15
|
16
|
Disajikan kutipan cerita pendek, siswa dapat menentukan penyebab konflik dengan tepat.
|
16
|
17
|
Disajikan kutipan cerita pendek, siswa dapat menentukan konflik cerita dengan tepat.
|
17
|
18
|
Disajikan kutipan cerita pendek, siswa dapat menentukan nilai moral dengan tepat.
|
18
|
19
|
Disajikan dua kutipan teks sastra, siswa dapat membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur) dengan tepat
|
19
|
20
|
Disajikan kutipan karya sastra, siswa dapat menilai keunggulan/kelemahan karya dengan depat.
|
20
|
21
|
Disajikan kutipan karya sastra dengan kalimat bernomor, siswa dapat menujukkan kalimat bukti watak tokoh dengan tepat.
|
21
|
22
|
Disajikan kutipan karya sastra, siswa dapat mengaitkan isi cerita dengan kehidupan sekarang dengan tepat.
|
22
|
23
|
Disajikan paragraf yang dirumpangkan, siswa dapat melengkapi bagian rumpang dengan ungkapan yang tepat.
|
23
|
24
|
Disajikan paragraf yang dirumpangkan, siswa dapat melengkapi bagian rumpang dengan peribahasa yang tepat.
|
24
|
25
|
Disajikan lima atau enam kalimat acak bernomor, siswa dapat mengurutkan kalimat menjadi paragraf padu dengan tepat.
|
25
|
26
|
Disajikan puisi yang dirumpangkan salah satu baris, siswa dapat melengkapi bagian rumpang dengan larik bermajas dengan tepat.
|
26
|
27
|
Disajikan teks eksposisi yang dirumpangkan salah satu unsurnya, siswa dapat melengkapi bagian rumpang dengan unsur yang tepat.
|
27
|
28
|
Disajikan paragraf yang mengandung tiga atau empat kata yang dapat divariasikan, siswa dapat memvariasikan kata yang bermakna sama dengan tepat.
|
28
|
29
|
Disajikan paragraf yang dirumpangkan tiga kata penghubungnya, siswa dapat melengkapi bagian rumpang dengan kata penghubung antarkalimat dengan tepat.
|
29
|
30
|
Disajikan paragraf dengan kalimat bernomor yang terdapat kesalahan penggunaan kata dalam salah satu kalimat, siswa dapat mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata dengan tepat.
|
30
|
31
|
Disajikan paragraf dengan kalimat bernomor yang terdapat kalimat tidak padu, siswa dapat mengidentifikasi kalimat tidak padu dengan tepat.
|
31
|
32
|
Disajikan paragraf yang dirumpangkan tiga atau empat kata, siswa dapat melengkapi bagian rumpang dengan kata berimbuhan yang tepat.
|
32
|
33
|
Disajikan paragraf yang dirumpangkan tiga atau empat kata, siswa dapat melengkapi bagian rumpang dengan kata penghubung yang tepat.
|
33
|
34
|
Disajikan paragraf yang terdapat tiga kesalahan penggunaan kata, siswa dapat memperbaiki kesalahan penggunaan kata dengan tepat.
|
34
|
35
|
Disajikan paragraf yang terdapat dua kesalahan penggunaan kata, siswa dapat menentukan alasan kesalahan penggunaan kata dengan tepat.
|
35
|
36
|
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan kalimat (kalimat tidak efektif), siswa dapat memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat dengan tepat.
|
36
|
37
|
Disajikan paragraf eksposisi yang terdapat kesalahan penggunaan paragraf dalam rekomendasi, siswa dapat memperbaiki kesalahan paragraf dengan tepat.
|
37
|
38
|
Disajikan lima penulisan judul karya, siswa dapat mengidentifikasi penulisan judul karya dengan tepat.
|
38
|
39
|
Disajikan paragraf yang dirumpangkan empat tanda bacanya, siswa dapat melengkapi bagian rumpang dengan tanda baca yang tepat.
|
39
|
40
|
Disajikan kalimat yang terdapat kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca, siswa dapat menentukan alasan kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca dengan tepat.
|
40
|
Uraian
|
||
41
|
Disajikan teks nonsastra (berita, eksposisi, prosedur, editorial, atau ulasan/resensi), siswa dapat mengidentifikasi struktur teks dengan tepat.
|
41
|
42
|
Disajikan pragraf yang terdapat kesalahan ejaan (nama geografi dan kata tugas), siswa dapat mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan dengan tepat.
|
42
|
43
|
Disajikan dua kutipan cerita (cerpen dan cerita rakyat), siswa dapat membandingkan isi dan bahasa kedua kutipan dengan tepat.
|
43
|
44
|
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan kata dan kalimat tidak efektif, siswa dapat menyunting paragraf dengan tepat.
|
44
|
45
|
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan ejaan dan tanda baca, siswa dapat menyunting ejaan dan tanda baca dengan tepat.
|
45
|
Baca juga
1. Soal Ujian Sekolah tahun 2020 Bahasa Indonesia SMA Kurikulum 2013 Paket 1 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2020/02/soal-ujian-sekolah-tahun-2020-dan-kunci.html