-->

Materi RPP 1 LEMBAR SESUAI INSTRUMEN SUPERVISI UNTUK SMP MAPEL BAHASA INDONESIA MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING Yang Anda Cari

MATERI PENTING PENDIDIKAN SEKOLAH - Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Materi RPP 1 LEMBAR SESUAI INSTRUMEN SUPERVISI UNTUK SMP MAPEL BAHASA INDONESIA MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING Yang Anda Cari, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Contoh Soal, Gaji Guru, Guru, pendidikan akhlak, pendidikan bahasa arab, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca. Materi RPP 1 LEMBAR SESUAI INSTRUMEN SUPERVISI UNTUK SMP MAPEL BAHASA INDONESIA MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING Yang Anda Cari



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN II

Mata Pelajaran
Bahasa
Indonesia
Sekolah:

Materi Pokok
Teks Berita
Kelas/ Smt.
VIII-1
Waktu
10 jam pelajaran
Kompetensi Dasar
3.2
Menelaah struktur dan kebahasaan teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca
4.2
Menyajikan data dan informasi dalam bentuk berita secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, kebahasaan, atau aspek lisan (lafal, intonasi, mimik, dan kinesik)
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2.1
Menelaah struktur teks berita
3.2.2
Menelaah ciri kebahasaan teks berita
4.2.1
Menyusun teks berita
4.2.2
Menyunting teks berita

4.2.3
Menyajikan teks berita secara lisan (membacakan berita)







A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran dengan model Problem Based Learning, siswa mampu menelaah struktur dan kebahasaan teks berita; menyusun teks berita dan menyajikan teks berita secara lisan; memiliki sikap mandiri, kerja sama, percaya diri, dan selalu bersyukur kepada Tuhan YME.


B. Kegiatan Pembelajaran
Media                    : Teks Berita
Alat/Bahan                        : kertas karton, spidol, laptop, infocus
Kegiatan Pendahuluan (5 x 8 Menit)
Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam, berdoa, mengecek kehadiran, apersepsi, motivasi, stimulus, menyampaikan tujuan pembelajaran, cakupan, lingkup materi, langkah pembelajaran, dan teknik penilaian.
Kegiatan Inti (5 x 60 Menit)
1.      Siswa mencermati teks berita yang dibagikan oleh guru.
2.     Secara berkelompok, siswa berdiskusi membagi tugas menentukan struktur dan ciri kebahasaan teks berita.
3.       Siswa mencari sumber lain berupa teks berita sebagai bahan diskusi kelompok.
4. Siswa menentukan struktur dan ciri kebahasaan teks berita, kemudian menuliskannya di kertas karton.
5.      Siswa menulis teks berita dengan memperhatikan struktur dan ciri kebahasaannya.
6.   Siswa mempresentasikan hasil diskusi berupa struktur dan ciri kebahasaan teks berita, serta membacakan teks berita yang telah disusun untuk ditanggapi oleh siswa lain.
Kegiatan Penutup (5 x 12 Menit)
Siswa menyimpulkan dan merefleksi pembelajaran, selanjutnya guru memberikan umpan balik dan penugasan, menginformasikan pembelajaran selanjutnya, dan menutup pembelajaran dengan berdoa kepada Tuhan YME.

C. Penilaian
1) Sikap: observasi , 2) Pengetahuan: tes tertulis, 3) Keterampilan: produk

Mengetahui,                                                                  ................., .................
Kepala SMP ...                                                               Guru Mata Pelajaran,


...                                                                                    ...
NIP                                                                                 NIP
Sumber: https://ift.tt/2RVvMPO

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel