|
|
|
|
|
|
|
|
|
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X |
|
|
|
|
|
|
|
|
TAHUN 2019/2020 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Semester |
Kompetensi Dasar |
Jumlah Jam |
|
|
|
|
|
|
|
|
1 |
3.1. |
Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis. |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4.1. |
Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis. |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3.2. |
Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4.2. |
Mengkonstruksikan teks laporan dengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan baik baik lisan maupun tulis. |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3.3. |
Menganalisis struktur, isi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi), kebahasaan teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4.3. |
Mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi secara lisan dan / tulis. |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3.4. |
Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi. |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4.4. |
Mengonstruksikan teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan. |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3.5. |
Mengevaluasi teks anekdot dari aspek makna tersirat. |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4.5. |
Mengonstruksi makna tersirat dalam sebuah teks anekdot baik lisan maupun tulis |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3.6. |
Menganalisis struktur dan kebahasaan teks anekdot. |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4.6. |
Menciptakan kembali teks anekdot dengan memerhatikan struktur, dan kebahasaan baik lisan maupun tulis |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3.7. |
Mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam cerita rakyat (hikayat) baik lisan maupun tulis. |
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4.7. |
Menceritakan kembali isi cerita rakyat (hikayat) yang didengar dan dibaca. |
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3.8. |
Membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen. |
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4.8. |
Mengembangkan cerita rakyat (hikayat) ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai. |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3.9. |
Mengidentifikasi butir-butir penting dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel yang dibacakan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen. |
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4.9. |
Menyusun ikhtisar dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan ringkasan dari satu novel yang dibaca. |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH |
64 |
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
3.10 |
Mengevaluasi pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam teks negosiasi lisan maupun tertulis. |
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4.10 |
Menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan dan penutup dalam teks negosiasi secara lisan atau tulis. |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3.11 |
Menganalisis isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan teks negosiasi. |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4.11 |
Mengkonstruksikan teks negosiasi dengan memerhatikan isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan. |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3.12 |
Menghubungkan permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak dan simpulan dari debat untuk menemukan esensi dari debat. |
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4.12 |
Mengonstruksi permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan dari debat secara lisan untuk menunjukkan esensi dari debat. |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3.13 |
Menganalisis isi debat (permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan). |
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4.13 |
Mengembangkan permasalahan/isu dari berbagai sudut pandang yang dilengkapi argumen dalam berdebat. |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3.14 |
Menilai hal yang dapat diteladani dari teks biografi |
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4.14 |
Mengungkapkan kembali hal-hal yang dapat diteladani dari tokoh yang terdapat dalam teks biografi yang dibaca secara tertulis. |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3.15 |
Menganalisis aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi. |
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4.15 |
Menceritakan kembali isi teks biografi baik lisan maupun tulis |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3.16 |
Mengidentifikasi suasana, tema, dan makna beberapa puisi yang terkandung dalam antologi puisi yang diperdengarkan atau dibaca. |
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4.16 |
Mendemonstrasikan (membacakan atau memusikalisasikan) satu puisi dari antologi puisi atau kumpulan puisi dengan memerhatikan vokal, ekspresi, dan intonasi (tekanan dinamik dan tekanan tempo) |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3.17 |
Menganalisis unsur pembangun puisi. |
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4.17 |
Menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangunnya (tema, diksi, gaya bahasa, imaji, struktur, perwajahan) |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3.18 |
Menganalisis isi dari minimal satu buku fiksi dan satu buku nonfiksi yang sudah dibaca. |
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4.18 |
Mempresentasikan replikasi isi buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk resensi. |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH |
56 |
|
|
|
|
|
|
|
|
Boyolali, 29 Mei 2019 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kepala Sekolah, Guru Bahasa Indonesia, |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Bambang Prihantoro, S.Pd., M.M. Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd. |
|
|
|
|
|
|
|
|
NIP 197009261997021002 NIP 197207081998011001 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|