-->

Materi PROGRAM TAHUNAN (PROTA) TAHUN PELAJARAN 2019/2020 KELAS X BAHASA INDONESIA Yang Anda Cari

MATERI PENTING PENDIDIKAN SEKOLAH - Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Materi PROGRAM TAHUNAN (PROTA) TAHUN PELAJARAN 2019/2020 KELAS X BAHASA INDONESIA Yang Anda Cari, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Contoh Soal, Gaji Guru, Guru, pendidikan akhlak, pendidikan bahasa arab, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca. Materi PROGRAM TAHUNAN (PROTA) TAHUN PELAJARAN 2019/2020 KELAS X BAHASA INDONESIA Yang Anda Cari


MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X
TAHUN 2019/2020

Semester Kompetensi Dasar Jumlah Jam
1 3.1. Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis. 4
4.1. Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis. 4
3.2. Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi 4
4.2. Mengkonstruksikan teks laporan dengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan baik baik lisan maupun tulis. 4
3.3. Menganalisis struktur, isi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi), kebahasaan  teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca 4
4.3. Mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi secara lisan dan / tulis. 4
3.4. Menganalisis  struktur dan kebahasaan teks eksposisi. 4
4.4. Mengonstruksikan teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan. 4
3.5. Mengevaluasi teks anekdot dari aspek makna tersirat. 4
4.5. Mengonstruksi makna tersirat dalam sebuah teks anekdot baik lisan maupun tulis 4
3.6. Menganalisis struktur dan kebahasaan teks anekdot. 4
4.6. Menciptakan kembali teks anekdot dengan memerhatikan struktur, dan kebahasaan baik lisan maupun tulis 4
3.7. Mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam cerita rakyat (hikayat) baik lisan maupun tulis. 2
4.7. Menceritakan kembali isi cerita rakyat (hikayat) yang didengar dan dibaca. 2
3.8. Membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen. 2
4.8. Mengembangkan cerita rakyat (hikayat) ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai. 4
3.9. Mengidentifikasi butir-butir penting dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel yang dibacakan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen. 2
4.9. Menyusun ikhtisar dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan ringkasan dari satu novel yang dibaca. 4
JUMLAH 64
2 3.10 Mengevaluasi  pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam teks negosiasi lisan maupun tertulis. 2
4.10 Menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan dan penutup dalam teks negosiasi secara lisan atau tulis. 4
3.11 Menganalisis  isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran,  persetujuan,  penutup) dan kebahasaan teks  negosiasi. 4
4.11 Mengkonstruksikan teks negosiasi dengan memerhatikan isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran,  persetujuan,  penutup) dan kebahasaan. 4
3.12 Menghubungkan permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa  pihak dan simpulan dari debat untuk menemukan esensi dari debat. 2
4.12 Mengonstruksi permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa  pihak, dan simpulan dari debat secara lisan untuk menunjukkan esensi dari debat. 4
3.13 Menganalisis  isi debat (permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa  pihak, dan simpulan). 2
4.13 Mengembangkan permasalahan/isu dari berbagai sudut pandang yang dilengkapi argumen dalam berdebat.  4
3.14 Menilai hal yang dapat diteladani dari teks biografi 2
4.14 Mengungkapkan kembali hal-hal yang dapat diteladani  dari tokoh yang terdapat dalam teks biografi  yang dibaca secara tertulis. 4
3.15 Menganalisis aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi. 2
4.15 Menceritakan kembali isi teks biografi baik lisan maupun tulis 4
3.16 Mengidentifikasi suasana, tema, dan makna beberapa puisi yang terkandung  dalam antologi puisi yang diperdengarkan atau dibaca. 2
4.16 Mendemonstrasikan (membacakan atau memusikalisasikan) satu puisi dari antologi puisi atau kumpulan puisi dengan  memerhatikan vokal, ekspresi, dan intonasi (tekanan dinamik dan tekanan tempo) 4
3.17 Menganalisis  unsur pembangun puisi. 2
4.17 Menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangunnya (tema, diksi, gaya bahasa, imaji, struktur, perwajahan) 4
3.18 Menganalisis isi dari minimal satu buku fiksi dan satu buku nonfiksi yang sudah dibaca. 2
4.18 Mempresentasikan replikasi isi buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk resensi. 4
JUMLAH 56
                                                                                                   Boyolali, 29 Mei 2019
Mengetahui
Kepala Sekolah,                                                                         Guru Bahasa Indonesia,
Bambang Prihantoro, S.Pd., M.M.                                         Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.                    
NIP 197009261997021002                                                     NIP  197207081998011001 

Baca

1. Prota Kelas X Bahasa Indonesia SMA Tahun Pelajaran 2019/2020


2. Prota Kelas XI Bahasa Indonesia SMA Tahun Pelajaran 2019/2020


3. Prota Kelas XII Bahasa Indonesia SMA Tahun Pelajaran 2019/2020



Dasar Penyusunan Kaldik Tahun Pelajaran 2019/2020 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/kalender-pendidikan-kaldik-tahun.html
Sumber: http://bit.ly/2F2OyPz

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel