|
|
|
|
|
|
|
|
|
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XII |
|
|
|
|
|
|
|
|
TAHUN 2019/2020 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Semester |
Kompetensi Dasar |
Jumlah Jam |
|
|
|
|
|
|
|
|
1 |
3.1. |
Mengidentifikasi isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan yang dibaca |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4.1. |
Menyajikan simpulan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran baik secara lisan maupun tulis |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3.2. |
Mengidentifikasi unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4.2. |
Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika dan kebahasaan |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3.3. |
Mengidentifikasi informasi, yang mencakup orientasi, rangkaian kejadian yang saling berkaitan, komplikasi dan resolusi, dalam cerita sejarah lisan atau tulis |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4.3. |
Mengonstruksi nilai-nilai dari informasi cerita sejarah dalam sebuah teks eksplanasi |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3.4. |
Menganalisis kebahasaan cerita atau novel sejarah |
6 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4.4. |
Menulis cerita sejarah pribadi dengan memerhatikan kebahasaan |
6 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3.5. |
Mengidentifikasi informasi (pendapat, alternatif solusi dan simpulan terhadap suatu isu) dalam teks editorial |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4.5. |
Menyeleksi ragam informasi sebagai bahan teks editorial baik secara lisan maupun tulis |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3.6. |
Menganalisis struktur dan kebahasaan teks editorial |
6 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4.6. |
Merancang teks editorial dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulis |
6 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3.7. |
Menilai isi dua buku fiksi (kumpulan cerita pendek atau kumpulan puisi) dan satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4.7. |
Menyusun laporan hasil diskusi buku tentang satu topik baik secara lisan maupun tulis |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH |
64 |
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
3.8. |
Menafsir pandangan pengarang terhadap kehidupan dalam novel yang dibaca |
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4.8. |
Menyajikan hasil interpretasi terhadap pandangan pengarang baik secara lisan maupun tulis |
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3.9. |
Menganalisis isi dan kebahasaan novel |
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4.9. |
Merancang novel atau novelet dengan memerhatikan isi dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulis |
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3.10. |
Mengevaluasi informasi, baik fakta maupun opini, dalam sebuah artikel yang dibaca |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4.10. |
Menyusun opini dalam bentuk artikel |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3.11. |
Menganalisis kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4.11. |
Mengonstruksi sebuah artikel dengan memerhatikan fakta dan kebahasaan |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3.12. |
Membandingkan kritik sastra dan esai dari aspek pengetahuan dan pandangan penulis |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4.12. |
Menyusun kritik dan esai dengan memerhatikan aspek pengetahuan dan pandangan penulis baik secara lisan maupun tulis |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3.13. |
Menganalisis sistematika dan kebahasaan kritik dan esai |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4.13. |
Mengonstruksi sebuah kritik atau esai dengan memerhatikan sistematika dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulis |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3.14. |
Mengidentifikasi nilai-nilai yang terdapat dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi) |
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4.14. |
Menulis refleksi tentang nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi) |
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH |
44 |
|
|
|
|
|
|
|
|
Boyolali, 29 Mei 2019 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kepala Sekolah, Guru Bahasa Indonesia, |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Bambang Prihantoro, S.Pd., M.M. Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd. |
|
|
|
|
|
|
|
|
NIP 197009261997021002 NIP 197207081998011001 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|