MATERI PENTING PENDIDIKAN SEKOLAH - Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Materi CONTOH PROTA BAHASA INDONESIA SMA TAHUN PELAJARAN 2019/2020 KELAS XII Yang Anda Cari, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan
Contoh Soal,
Gaji Guru,
Guru,
pendidikan akhlak,
pendidikan bahasa arab, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.
Materi CONTOH PROTA BAHASA INDONESIA SMA TAHUN PELAJARAN 2019/2020 KELAS XII Yang Anda Cari
|
|
|
|
|
|
|
|
|
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XII |
|
|
|
|
|
|
|
|
TAHUN 2019/2020 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Semester |
Kompetensi Dasar |
Jumlah Jam |
|
|
|
|
|
|
|
|
1 |
3.1. |
Mengidentifikasi isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan yang dibaca |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4.1. |
Menyajikan simpulan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran baik secara lisan maupun tulis |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3.2. |
Mengidentifikasi unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4.2. |
Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika dan kebahasaan |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3.3. |
Mengidentifikasi informasi, yang mencakup orientasi, rangkaian kejadian yang saling berkaitan, komplikasi dan resolusi, dalam cerita sejarah lisan atau tulis |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4.3. |
Mengonstruksi nilai-nilai dari informasi cerita sejarah dalam sebuah teks eksplanasi |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3.4. |
Menganalisis kebahasaan cerita atau novel sejarah |
6 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4.4. |
Menulis cerita sejarah pribadi dengan memerhatikan kebahasaan |
6 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3.5. |
Mengidentifikasi informasi (pendapat, alternatif solusi dan simpulan terhadap suatu isu) dalam teks editorial |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4.5. |
Menyeleksi ragam informasi sebagai bahan teks editorial baik secara lisan maupun tulis |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3.6. |
Menganalisis struktur dan kebahasaan teks editorial |
6 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4.6. |
Merancang teks editorial dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulis |
6 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3.7. |
Menilai isi dua buku fiksi (kumpulan cerita pendek atau kumpulan puisi) dan satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4.7. |
Menyusun laporan hasil diskusi buku tentang satu topik baik secara lisan maupun tulis |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH |
64 |
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
3.8. |
Menafsir pandangan pengarang terhadap kehidupan dalam novel yang dibaca |
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4.8. |
Menyajikan hasil interpretasi terhadap pandangan pengarang baik secara lisan maupun tulis |
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3.9. |
Menganalisis isi dan kebahasaan novel |
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4.9. |
Merancang novel atau novelet dengan memerhatikan isi dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulis |
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3.10. |
Mengevaluasi informasi, baik fakta maupun opini, dalam sebuah artikel yang dibaca |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4.10. |
Menyusun opini dalam bentuk artikel |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3.11. |
Menganalisis kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4.11. |
Mengonstruksi sebuah artikel dengan memerhatikan fakta dan kebahasaan |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3.12. |
Membandingkan kritik sastra dan esai dari aspek pengetahuan dan pandangan penulis |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4.12. |
Menyusun kritik dan esai dengan memerhatikan aspek pengetahuan dan pandangan penulis baik secara lisan maupun tulis |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3.13. |
Menganalisis sistematika dan kebahasaan kritik dan esai |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4.13. |
Mengonstruksi sebuah kritik atau esai dengan memerhatikan sistematika dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulis |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3.14. |
Mengidentifikasi nilai-nilai yang terdapat dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi) |
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4.14. |
Menulis refleksi tentang nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi) |
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH |
44 |
|
|
|
|
|
|
|
|
Boyolali, 29 Mei 2019 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kepala Sekolah, Guru Bahasa Indonesia, |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Bambang Prihantoro, S.Pd., M.M. Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd. |
|
|
|
|
|
|
|
|
NIP 197009261997021002 NIP 197207081998011001 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Baca
1. Prota Kelas X Bahasa Indonesia SMA Tahun Pelajaran 2019/2020
2. Prota Kelas XI Bahasa Indonesia SMA Tahun Pelajaran 2019/2020
3. Prota Kelas XII Bahasa Indonesia SMA Tahun Pelajaran 2019/2020
Dasar Penyusunan Kaldik Tahun Pelajaran 2019/2020 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/kalender-pendidikan-kaldik-tahun.html
Sumber: http://bit.ly/2F3fbUB