Materi KISI-KISI SOAL USBN 2019 BAHASA INDONESIA SMA/MA KURIKULUM 2006 Yang Anda Cari
Senin, 28 Januari 2019
Edit
MATERI PENTING PENDIDIKAN SEKOLAH - Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Materi KISI-KISI SOAL USBN 2019 BAHASA INDONESIA SMA/MA KURIKULUM 2006 Yang Anda Cari, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan
Contoh Soal,
Gaji Guru,
Guru,
pendidikan akhlak,
pendidikan bahasa arab, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca. Materi KISI-KISI SOAL USBN 2019 BAHASA INDONESIA SMA/MA KURIKULUM 2006 Yang Anda Cari
UNDUH FILE KISI-KISI SOAL USBN 2019 BAHASA INDONESIA SMA/MA KURIKULUM 2006 KLIK https://drive.google.com/open?id=161JGMlkDrH5lBdzGKhVCLHcq1sUC79IX
BACA SOAL USBN 2019 BAHASA INDONESIA SMA/MA KURIKULUM 2006 KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/01/soal-usbn-tahun-2019-bahasa-indonesia_28.html
Sumber: http://bit.ly/2DEFnV8
KISI-KISI SOAL
UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (USBN) TAHUN 2019
Jenjang Pendidikan : SMA Alokasi Waktu : 120 menit
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Jumlah Soal : 45
Program : IPA/IPS Bentuk Soal : 40 PG dan 5 Uraian
Kurikulum : 2006
No
|
Kemampuan yang Diuji
|
Lingkup Materi
|
Indikator Soal
|
Bentuk Soal
|
|
Memaknai istilah/kata
|
Membaca Nonsastra
|
Disajikan paragraf, peserta didik mampu memaknai kata/istilah dalam paragraf dengan tepat.
|
Pilihan Ganda
|
|
Mengidentifikasi informasi tersurat
|
Membaca Nonsastra
|
Disajikan kutipan berita, peserta didik dapat menentukan kalimat pertanyaan sesuai isi berita tersebut
|
Pilihan Ganda
|
|
Mengungkapkan pokok-pokok isi paragraf
|
Membaca Nonsastra
|
Disajikan paragraf, peserta didik dapat menentukan pokok-pokok paragraf dengan tepat.
|
Pilihan Ganda
|
|
Menemukan ide pokok
|
Membaca Nonsastra
|
Disajikan paragraf, peserta didik dapat menentukan ide pokok dengan tepat
|
Pilihan Ganda
|
|
Menemukan inti kalimat
|
Membaca Nonsastra
|
Disajikan kalimat kompleks, peserta didik mampu menemukan inti kalimat tersebut dengan tepat.
|
Pilihan Ganda
|
|
Menyimpulkan isi tersirat dalam teks
|
Membaca Nonsastra
|
Disajikan teks negosiasi, peserta didik dapat menyimpulkan isi teks/hal yang disepakati dengan tepat (soal dari pusat)
|
Pilihan Ganda
|
|
Membandingkan penggunan bahasa dan pola penyajian beberapa jenis paragraf
|
Membaca Nonsastra
|
Disajikan dua paragraf, peserta didik mampu menentukan perbedaan penggunaan bahasa kedua paragraf dengan tepat
|
Pilihan Ganda
|
|
Membandingkan penggunan bahasa dan pola penyajian beberapa jenis paragraf
|
Membaca Nonsastra
|
Disajikan dua paragraf, peserta didik mampu menentukan perbedaan penggunaan bahasa kedua paragraf dengan tepat
|
Pilihan Ganda
|
|
Menyimpulkan perbedaan atau persamaan isi
|
Membaca Nonsastra
|
Disajikan dua buah kutipan teks berita, peserta didik mampu menyimpulkan persamaan/ perbedaan isi kedua teks dengan tepat.
|
Pilihan Ganda
|
|
merangkum isi informasi dari beberapa paragraf
|
Membaca Nonsastra
|
Disajikan beberapa paragraf, peserta didik mampu menentukan rangkuman isi informasi dengan tepat.
|
Pilihan Ganda
|
|
mengomentari isi paragraf
|
Membaca Nonsastra
|
Disajikan paragraf, peserta didik dapat menentukan tanggapan yang sesuai dengan isi paragraf dengan tepat
|
Pilihan Ganda
|
|
mengidentifikasi kata yang bermakna simbolik/majas/kias dalam karya sastra
|
Membaca Sastra
|
Disajikan kutipan puisi/prosa , peserta didik mampu mengartikan kata simbolik dalam kutipan cerpen tersebut dengan tepat.
|
Pilihan Ganda
|
|
mengidentifikasi tema dan ciri-ciri puisi kontemporer
|
Membaca Sastra
|
Disajikan puisi kontemporer, peserta didik mampu menentukan ciri-ciri dan tema puisi tersebut dengan tepat
|
Pilihan Ganda
|
|
menentukan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat, cerpen, atau novel
|
Membaca Sastra
|
Disajikan kutipan novel, peserta didik mampu menentukan cara pendeskripsian watak tokoh dalam kutipan tersebut dengan tepat.
|
Pilihan Ganda
|
|
menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/ novel/hikayat (konflik, penyebab konflik, dan nilai-nilai)
|
Membaca Sastra
|
Disajikan kutipan cerita, peserta didik dapat menentukan konflik dengan tepat
|
Pilihan Ganda
|
|
menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/ novel/hikayat (konflik, penyebab konflik, dan nilai-nilai)
|
Membaca Sastra
|
Disajikan kutipan hikayat, peserta didik dapat menentukan nilai moral hikayat sesuai kutipan dengan tepat
|
Pilihan Ganda
|
|
menilai keunggulan/kelemahan karya sastra
|
Membaca Sastra
|
Disajikan kutipan karya sastra, peserta didik dapat menentukan kalimat yang menyatakan kelemahan karya dengan tepat (soal dibuat pusat)
|
Pilihan Ganda
|
|
membandingkan unsur intrinsik dan ekstrinsik novel dengan hikayat
|
Membaca Sastra
|
Disajikan kutipan novel dan hikayat, peserta didik dapat membandingkan unsur intrinsik dengan tepat
|
Pilihan Ganda
|
|
Membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur)
|
Membaca Sastra
|
Disajikan dua buah teks kutipan pantun, peserta didik mampu membandingkan kedua kutipan teks tersebut berdasarkan unsur intrinsik teks/maksud pantun dengan tepat
(soal dibuat pusat)
|
Pilihan Ganda
|
|
mengaitkan isi dengan kehidupan saat ini
|
Membaca Sastra
|
Disajikan kutipan novel, peserta didik dapat mengaitkan isi dengan kehidupan saat ini
|
Pilihan Ganda
|
|
menentukan istilah/ kata yang tepat dalam resensi, kritik, atau esai
|
Menulis Terbatas
|
Disajikan paragraf yang dirumpangkan, peserta didik mampu melengkapi bagian rumpang dengan istilah yang tepat.
|
Pilihan Ganda
|
|
Melengkapi proposal/notulen
|
Menulis Terbatas
|
Disajikan kutipan teks proposal yang dirumpangkan, peserta didik mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan kalimat yang tepat.
|
Pilihan Ganda
|
|
melengkapi paragraf eksposisi/narasi/deskripsi
|
Menulis Terbatas
|
Disajikan paragraf narasi yang dirumpangkan, , peserta didik dapat menentukan kalimat yang tepat untuk melengkapi teks (soal dari pusat)
|
Pilihan Ganda
|
|
melengkapi paragraf eksposisi/narasi/deskripsi
|
Menulis Terbatas
|
Disajikan paragraf narasi yang dirumpangkan, , peserta didik dapat menentukan kalimat yang tepat untuk melengkapi teks (soal dari pusat)
|
Pilihan Ganda
|
|
menyusun paragraf padu
|
Menulis Terbatas
|
Disajikan lima atau enam kalimat acak, peserta didik dapat mengurutkan kalimat menjadi paragraf padu dengan tepat (soal dari pusat)
|
Pilihan Ganda
|
|
memvariasikan kata
|
Menulis Terbatas
|
Disajikan teks prosedur yang didalamnya terdapat konjungsi, peserta didik dapat menentukan konjungsi yang sesuai untuk menggantikan konjungsi dalam teks tersebut.
|
Pilihan Ganda
|
|
menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima
|
Menulis Terbatas
|
Disajikan puisi yang rumpang, peserta didik mampu melengkapi dengan baris yang tepat dengan memperhatikan bait, irama, dan rima
|
Pilihan Ganda
|
|
mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata
|
Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf
|
Disajikan paragraf, peserta didik dapat menentukan kata tidak padu dalam paragraf dengan tepat
|
Pilihan Ganda
|
|
mengidentifikasi kesalahan penggunaan kalimat
|
Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf
|
Disajikan paragraf, peserta didik dapat menentukan kalimat tidak padu dalam paragraf dengan tepat
|
Pilihan Ganda
|
|
Menggunakan istilah dalam kalimat
|
Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf
|
Disajikan paragraf yang dirumpangkan, peserta didik mampu melengkapi bagian rumpang dengan istilah yang tepat.
|
Pilihan Ganda
|
|
Menggunakan kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata)
|
Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf
|
Disajikan paragraf yang dirumpangkan tiga atau empat kata berimbuhan, peserta didik mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan kata berimbuhan yang tepat.
|
Pilihan Ganda
|
|
Menggunakan kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata)
|
Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf
|
Disajikan paragraf yang dirumpangkan tiga atau empat kata berimbuhan, peserta didik mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan kata berimbuhan yang tepat.
|
Pilihan Ganda
|
|
Memperbaiki kesalahan penggunaan kata
|
Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf
|
Disajikan paragraf yang mengandung kata-kata tidak baku, peserta didik dapat memperbaiki kata tidak baku dengan tepat (soal dibuat pusat)
|
Pilihan Ganda
|
|
Memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat
|
Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf
|
Disajikan paragraf yang mengandung kalimat tidak efektif, peserta didik dapat menentukan perbaikan kalimat yang tidak efektif dengan tepat. (soal dibuat pusat)
|
Pilihan Ganda
|
|
Mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan (judul, sapaan, gelar, nama kota, kata depan)
|
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
|
Disajikan lima penulisan judul penelitian, peserta didik dapat menentukan pemulisan judul yang sesuai ejaan dengan tepat
|
Pilihan Ganda
|
|
Mengidentifikasi kesalahan penggunaan tanda baca
|
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
|
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan tanda titik dua, peserta didik mampu menentukan kesalahan penggunaan titik dua dengan tepat
|
Pilihan Ganda
|
|
Menggunakan ejaan
|
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
|
Disajikan paragraf yang terdapat penggunaan huruf kapital, peserta didik mampu menggunakan huruf kapital dengan tepat
|
Pilihan Ganda
|
|
Menggunakan tanda baca
|
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
|
Disajikan paragraf yang terdapat penggunaan tanda koma, peserta didik mampu menggunakan tanda koma dengan tepat
|
Pilihan Ganda
|
|
Memperbaiki kesalahan pengunaan ejaan
|
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
|
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan ejaan, peserta didik mampu menentukan perbaikan penggunaan ejaan dengan tepat
|
Pilihan Ganda
|
|
Memperbaiki kesalahan pengunaan tanda baca
|
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
|
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan tanda baca, peserta didik mampu menentukan perbaikan tanda baca dengan tepat
|
Pilihan Ganda
|
|
Membandingkan paragraf deduktif dan induktif
|
Membaca Nonsastra
|
Disajikan satu paragraf deduktif dan satu paragraf induktif, peserta didik mampu menentukan kalimat utama dan jenis kedua paragraf dengan tepat
|
Uraian
|
|
menentukan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsikhikayat, cerpen, atau novel
|
Membaca Sastra
|
Disajikan kutipan cerpen, peserta didik mampu menentukan watak tokoh, cara pendeskripsian, latar tempat, dan nilai dalam kutipan tersebut dengan tepat
|
Uraian
|
|
melengkapi proposal
|
Menulis terbatas
|
Disajikan bagian proposal berupa tema proposal, peserta didik mampu menyusun latar belakang proposal dengan tepat
|
Uraian
|
|
mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata
|
Menyunting kata, kalimat, dan paragraf
|
Disajikan teks yang di dalamnya terdapat penulisan kata yang tidak tepat, peserta didik mampu mengidentifikasi kata tidak baku dalam teks tersebut dengan tepat
|
Uraian
|
|
Menentukan alasan kesalahan dari segi ejaan dan tanda baca
|
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
|
Disajikan paragraf yang mengandung kesalahan ejaan dan tanda baca, peserta didik dapat menentukan alasan kesalahan dengan penjelasan dan memperbaiki kalimat dengan tepat.
|
Uraian
|
UNDUH FILE KISI-KISI SOAL USBN 2019 BAHASA INDONESIA SMA/MA KURIKULUM 2006 KLIK https://drive.google.com/open?id=161JGMlkDrH5lBdzGKhVCLHcq1sUC79IX
BACA SOAL USBN 2019 BAHASA INDONESIA SMA/MA KURIKULUM 2006 KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/01/soal-usbn-tahun-2019-bahasa-indonesia_28.html