Materi BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA BAHASA INDONESIA MENYUNTING EJAAN DAN TANDA BACA: INDIKATOR, SOAL, DAN PEMBAHASAN Yang Anda Cari
Senin, 19 November 2018
Edit
MATERI PENTING PENDIDIKAN SEKOLAH - Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Materi BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA BAHASA INDONESIA MENYUNTING EJAAN DAN TANDA BACA: INDIKATOR, SOAL, DAN PEMBAHASAN Yang Anda Cari, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan
Contoh Soal,
Gaji Guru,
Guru,
pendidikan akhlak,
pendidikan bahasa arab, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca. Materi BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA BAHASA INDONESIA MENYUNTING EJAAN DAN TANDA BACA: INDIKATOR, SOAL, DAN PEMBAHASAN Yang Anda Cari
Sumber: https://ift.tt/2qVygRd
BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA BAHASA INDONESIA MENYUNTING EJAAN DAN TANDA BACA: INDIKATOR, SOAL, DAN PEMBAHASAN
V. Lingkup Materi Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
A. Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman ( Mengidentifikasi, Memaknai)
1. mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan (judul sapaan/gelar, nama geografi, nama diri, kata tugas)
a. penulisan judul
Indikator soal: Disajikan judul karya ilmiah, siswa mampu mengidentifikasi kesalahan penulisan judul dengan tepat.
1) Soal UN 2017/2018 Klik http://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-smama-bahasa.html
2) Soal UN 2016/2017 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/11/penulisan-judul-yang-benar.html
b. penulisan nama geografi
Indikator soal: Disajikan paragraf yang salag satu kalimatnya terdapat kesalahan penulisan nama geografi, siswa dapat mengidentifikasi kalimat yang di dalamnya terdapat kesalahan penulisan nama geografi.
1) Soal UN 2017/2018 Klik Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_5.html
2. mengidentifikasi kesalahan penggunaan tanda baca
2. mengidentifikasi kesalahan penggunaan tanda baca
B. Level Kognitif Aplikasi ( Menginterpretasi, Menggunakan)
1. menggunakan ejaan
2. menggunakan tanda baca
Soal UN 2016/2017 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/11/mengidentifikasi-kesalahan-penggunaan_2.html
C. Level Kognitif Penalaran ( Membandingkan, Menunjukkan bukti, Menganalisis Menanggapi/ Mengomentari, Merefleksi, Mengevaluasi, Memvariasikan)
1. memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
a. memperbaiki kesalahan penggunaan frasa/gabungan
1) Soal UN 2017/2018 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia.html
2) Soal UN 2016/2017 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/10/memperbaiki-frasa-adjektiva-soal-dan.html
b. memperbaiki penulisan kata/istilah
1) Soal UN 2017/2018 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_3.html
2) Soal UN 2016/2017 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/11/memperbaiki-kesalahan-penggunaan-kata.html
c. memperbaiki kesalahan penggunaan kata serapan
1) Soal UN 2017/2018 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un.html
2. memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca
Soal UN 2017/2018 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_4.html
3. menentukan alasan kesalahan dari segi ejaan dan tanda baca
Soal UN 2016/2017 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/11/kapan-tanda-koma-dipakai-dan-kapan.html
BACA BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA BAHASA INDONESIA
1. Ruang Lingkup Materi Membaca Nonsastra Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/11/bedah-kisi-kisi-un-smama-bahasa.html
2. Ruang Lingkup Materi Membaca Sastra Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/11/bedah-kisi-kisi-un-smama-bahasa_20.html
3. Ruang Lingkup Materi Menulis Terbatas Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/11/bedah-kisi-kisi-un-smama-bahasa_0.html
4. Ruang Lingkup Materi Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/11/bedah-kisi-kisi-un-smama-bahasa_67.html
5. Ruang Lingkup Materi Menyunting Ejaan dan Tanda Baca Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/11/bedah-kisi-kisi-un-smama-bahasa_81.html