Materi SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS XI SESUAI PERMENDIKBUD NOMOR 22 TAHUN 2016 (7 KOLOM) Yang Anda Cari
Sabtu, 16 Juni 2018
Edit
MATERI PENTING PENDIDIKAN SEKOLAH - Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Materi SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS XI SESUAI PERMENDIKBUD NOMOR 22 TAHUN 2016 (7 KOLOM) Yang Anda Cari, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan
Contoh Soal,
Gaji Guru,
Guru,
pendidikan akhlak,
pendidikan bahasa arab, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca. Materi SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS XI SESUAI PERMENDIKBUD NOMOR 22 TAHUN 2016 (7 KOLOM) Yang Anda Cari
Kompetnsi inti
Sumber: https://ift.tt/2JTrD9E
S I L A B U S
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Satuan Pendidikan : SMA Negeri 2 Boyolali
Kelas/Semester : XI/1
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 64 x 45 menit
Kompetnsi inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
IPK
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
3.1. Mengonstruksi informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur
|
· Isi Teks Prosedur.
|
3.1.1. Mengidentifikasi teks prosedur dengan memperhatikan isi, pernyataan umum dan langkah-langkah/ tahapan yang disampaikan dalam teks prosedur.
3.1.2. Membuat rancangan teks prosedur dengan organisasi yang tepat
|
· Mengidentifikasi teks prosedur dengan memperhatikan isi, pernyataan umum dan langkah-langkah/ tahapan yang disampaikan dalam teks prosedur.
· Membuat rancangan teks prosedur dengan organisasi yang tepat
· Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisiteks prosedur
|
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
|
6 x 45’
|
· Suherli, dkk. 2018. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XII Revisi Tahun 2018. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
· Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XII Revisi Tahun 2018. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
· Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
· Internet
· Alam sekitar dan sumber lain yang relevan
|
4.1. Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dengan organisasi yang tepat secara lisan dan tulis
|
4.1.1. Menyusun pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dengan organisasi yang tepat secara lisan dan tulis
4.1.2. Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisiteks prosedur
|
Produk, Praktik (Penilaian Praktik)
|
||||
3.2. Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur
|
Teks Prosedur:
· struktur;
· kebahasaan;
· konjungsi ;
· jenis kalimat; dan
· verba material dan verba tingkah laku.
|
3.2.1. Mengidentifikasi struktur teks prosedur
3.2.2. Mengidentifikasi kebahasaan teks prosedur
|
· Mengidentifikasi struktur, kebahasaan, topik, isi teks prosedur
· Menyusun teks prosedur dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan yang dominan
· Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi teks prosedur yang disusun.
|
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
|
6 x 45’
|
|
4.2. Mengembangkan teks prosedur dengan memerhatikan hasil analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan
|
4.2.1. Menyusun teks prosedur dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan yang dominan
4.2.2. Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi teks prosedur yang disusun.
|
Produk, Praktik (Penilaian Praktik)
|
||||
3.3. Mengidentifikasi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks ekplanasi lisan dan tulis
|
Teks Eksplanasi:
· pengertian;
· isi; dan
· kejadian yang menunjukkan hubungan kausalitas.
|
3.3.1. Menganalisis teks eksplanasi dengan memerhatikan isi, urutan kejadian, hubungan kausalitas, dan topik.
3.3.2. Menemukan makna tersirat dalam teks eksplanasi secara lisan dan tulis.
|
· Menganalisis teks eksplanasi dengan memerhatikan isi, urutan kejadian, hubungan kausalitas, dan topik.
· Menulis kembali informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks eksplanasi secara lisan dan tulis
· Mempresentasikan, mengomentari, dan merevisi teks eksplanasi yang disusun
|
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
|
6 x 45’
|
|
4.3. Mengkonstruksi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks eksplanasi secara lisan dan tulis
|
4.3.1. Menulis kembali informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks eksplanasi secara lisan dan tulis
4.3.2. Mempresentasikan, mengomentari, dan merevisi teks eksplanasi yang disusun
|
Produk, Praktik
|
||||
3.4. Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi
|
Teks Eksplanasi:
· Struktur;
· Kebahasaan; dan
· Konjungsi.
|
3.4.1. Mengidentifikasi teks eksplanasi dengan memerhatikan istilah, pokok isi, referensi, dan pengetahuan dan urutan kejadian yang menunjukkan hubungan kausalitas.
3.4.2. Mengidentifikasi struktur teks eksplanasi
3.4.3. Mengidentifikasi kebahasaan teks eksplanasi
|
· Mengidentifikasi teks eksplanasi dengan memerhatikan istilah, pokok isi, referensi, dan pengetahuan dan urutan kejadian yang menunjukkan hubungan kausalitas.
· Menyusun teks eksplanasi dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan.
· Mempresentasikan, memberikan komentar, dan merevisi teks eksplanasi yang dibuatnya dalam diskusi kelompok.
|
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
|
6 x 45’
|
|
4.4. Memproduksi teks eksplanasi secara lisan atautulis dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan
|
4.4.1. Menyusun teks eksplanasi dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan.
4.4.2. Mempresentasikan, memberikan komentar, dan merevisi teks eksplanasi yang dibuatnya dalam diskusi kelompok.
|
Produk, Praktik
|
||||
3.5. Mengidentifikasi informasi berupa permasalahan aktual yang disajikan dalam ceramah
|
Ceramah:
· unsur-unsur;
· kebahasaan; dan
· isi.
|
3.5.1. Menentukan unsur-unsur ceramah, isi informasi, dan kebahasaan,
3.5.2. Menemukan informasi dan permasaahan aktual dalam teks ceramah
|
· Menentukanunsur-unsur ceramah, isi informasi, dan kebahasaan,
· Menulis kerangka teks ceramah sesuai dengan topik yang dipilih dengan memerhatikan isi, kebahasaan, dan topik teks ceramah.
· Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi kerangka teks ceramah yang disusun
|
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
|
6 x 45’
|
|
4.5. Menyusun bagian-bagian penting dari permasalahan aktual sebagai bahan untuk disajikan dalam ceramah
|
4.5.1. Menulis kerangka teks ceramah sesuai dengan topik yang dipilih dengan memerhatikan isi, kebahasaan, dan topik teks ceramah.
4.5.2. Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi kerangka teks ceramah yang disusun
|
Produk, Praktik
|
||||
3.6. Menganalisis isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah
|
Teks ceramah:
· isi;
· struktur;
· kebahasaan; dan
· teknik orasi ceramah.
|
3.6.1. Mengidentifikasi isi dan struktur teks ceramah.
3.6.2. Mengidentifikasi kaidah kebahasaan dalam teks ceramah
|
· Menggali isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah.
· Menyusun kembali teks ceramah dengan memerhatikan isi, tujuan, kebahasaan, tema, dan struktur.
· Menyampaikanteks ceramah yang telah dibuat dalam bentuk lisan dengan memperhatikan teknik cermah (intonasi, ekspresi, dan bahasa tubuh) yang baik dan sesuai.
· Mengomentari dan memperbaiki cermah temannya.
|
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
|
6 x 45’
|
|
4.6. Mengkonstruksi ceramah tentang permasalahan aktual dengan memerhatikan aspek kebahasaan dan menggunakan struktur yang tepat
|
4.6.1. Menyusun kembali teks ceramah dengan memerhatikan isi, tujuan, kebahasaan, tema, dan struktur.
4.6.2. Menyampaikan teks ceramah yang telah dibuat dalam bentuk lisan dengan memperhatikan teknik cermah (intonasi, ekspresi, dan bahasa tubuh) yang baik dan sesuai.
4.6.3. Mengomentari dan memperbaiki cermah temannya.
|
Portofolio, praktik
|
||||
3.7. Mengidentifikasi butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca
|
Buku pengayaan nonfiksi:
· isi buku;
· keunggulan buku;
· kelemahan buku; dan
· simpulan.
|
3.7.1. Menentukan unsur-unsur penting buku yang dibacanya.
3.7.2. Menyusun laporan hasil kerja kelompok dengan mempertimbangkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
|
· Menentukan unsur-unsur penting buku yang dibacanya.
· Menyusun laporan hasil kerja kelompok
dengan mempertimbangkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
· Mempresentasikan dan memberi tanggapan, dan merevisihasil kerja dalam diskusi kelas.
|
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
|
4x 45’
|
|
4.7. Menyusun laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi)
|
4.7.1. Menyusun laporan hasil kerja kelompok dengan mempertimbangkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
4.7.2. Mempresentasikan dan memberi tanggapan, dan merevisihasil kerja dalam diskusi kelas.
|
Proyek, praktik
|
||||
3.8. Mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan cerita pendek yang dibaca
|
Cerpen:
· Isi cerpen
· Nilai-nilai kehidupan dalam cerpen
· Unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen
· Kebahasaan cerpen
· Majas
· peribahasa
· ungkapan
|
3.8.1. Menentukan unsur intrinsikdan ekstrinsik cerpen
3.8.2. Menemukan nilai-nilai kehidupan dalam cerita pendek
|
· Menentukan unsur intrinsik, ekstrinsik, dan nilai-nilai dalam cerpen serta menerapkan nilai-nilai dalam cerpen ke dalam kehidupan sehari-hari.
· Mempresentasikan dan memperbaiki hasil kerja dalam diskusi kelas.
|
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
|
6 x 45’
|
|
4.8. Mendemonstrasikan salah satu nilai kehidupan yang dipelajari dalam cerita pendek
|
4.8.1. Menentukan nilai kehidupan dalam teks cerita pendek
4.8.2. Mendemonstrasikan nilai kehidupan dalam teks kehidupan
4.8.3. Mempresentasikan dan memperbaiki hasil kerja dalam diskusi kelas.
|
Produk, Praktik (Penilaian Praktik)
|
||||
3.9. Menganalisis unsur-unsur pembangun cerita pendek dalam buku kumpulan cerita pendek
|
Cerpen:
· Unsur-unsur pembangun cerpen
· Merekonstruksi cerpen.
|
3.9.1. Mengidentifikasi cerpen dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen
3.9.2. Menelaah teks cerita pendek berdasarkan struktur dan kaidah
|
· Mengidentifikasi cerpen dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen
· Menyusun kembali cerpen dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen
· Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi hasil kerja dalam diskusi kelas.
|
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
|
6 x 45’
|
|
4.9. Mengkonstruksi sebuah cerita pendek dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen
|
4.9.1. Menyusun kembali cerpen dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen
4.9.2. Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi hasil kerja dalam diskusi kelas.
|
Produk, Praktik (Penilaian Praktik)
|
||||
3.10. Menemukan butir-butir penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca
|
Buku nonfiksi:
· isi buku pengayaan;
· keunggulan buku;
· kelemahan buku; dan
· simpulan.
|
3.10.1. Menentukan butir-butir prnting buku nonfiksi yang dibaca
3.10.2. Membuat simpulan tentang isi buku nonfiksi yang dibaca.
|
· Membuat simpulan tentang isi buku nonfiksi yang dibaca.
· Mempresentasikan hasil kerja dalam diskusi kelas.
· Memberi tanggapan dan memperbaiki hasil kerja kelompok.
|
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
|
4x 45’
|
|
4.10. Mempertunjukkan kesan pribadi terhadap salah satu buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk teks eksplanasi singkat
|
4.10.1. Mempresentasikan hasil kerja dalam diskusi kelas.
4.10.2. Memberi tanggapan dan memperbaiki hasil kerja kelompok.
|
Produk, Praktik
|
||||
3.11. Menganalisis pesan dari satu buku fiksi yang dibaca
|
Buku Fiksi:
· isi buku fiksi;
· bagian-bagian dalam buku fiksi; dan
· ulasan terhadap buku fiksi.
|
3.11.1. Mengidentifikasi dan mengomentari bagian-bagian yang membangun cerita fiksi yang dibaca.
3.11.2. Menentukan pesan dari satu buku fiksi yang dibaca
|
· Mengidentifikasi dan mengomentari bagian-bagian yang membangun cerita fiksi yang dibaca.
· Menyusun ulasan buku fiksi yang dibaca dengan mengungkapkan keunggulan dan kelemahan isi buku fiksi yang dibaca.
· Mempresentasikan, memberitanggapan dan memperbaiki hasil kerja dalam diskusi kelas
|
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
|
4x 45’
|
|
4.11. Menyusun ulasan terhadap pesan dari satu buku fiksi yang dibaca
|
4.11.1. Menyusun ulasan buku fiksi yang dibaca dengan mengungkapkan keunggulan dan kelemahan isi buku fiksi yang dibaca.
4.11.2. Mempresentasikan, memberitanggapan dan memperbaiki hasil kerja dalam diskusi kelas.
|
Proyek, Praktik
|