-->

Materi CONTOH RPP 1 HALAMAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING Yang Anda Cari

MATERI PENTING PENDIDIKAN SEKOLAH - Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Materi CONTOH RPP 1 HALAMAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING Yang Anda Cari, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Contoh Soal, Gaji Guru, Guru, pendidikan akhlak, pendidikan bahasa arab, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca. Materi CONTOH RPP 1 HALAMAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING Yang Anda Cari



“Penulisan RPP dilakukan dengan efisien dan efektif sehingga guru memiliki lebih banyak waktu untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri. Satu halaman saja cukup,” jelas Mendikbud.
SIARAN PERS Nomor: 408/sipres/A5.3/XII/2019: Mendikbud Tetapkan Empat Pokok Kebijakan Pendidikan “Merdeka Belajar”
Berikut disajikan contoh RPP satu halaman dengan model pembelajaran problem based learning 
 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran
Sekolah
Kelas/Semester
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Bahasa Indonesia
SMA Negeri 2 Boyolali
XI IPA-IPS/ Genap
Teks Karya Ilmiah
4 X 45 menit

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.14 Mengidentifikasi informasi, tujuan, dan esensi sebuah karya ilmiah yang dibaca
3.14.1 menemukan informasi teks karya ilmiah yang dibaca
3.14.2 menemukan tujuan teks karya ilmiah yang dibaca
3.14.3 menemukan esensi teks karya ilmiah yang dibaca
4.14  Merancang informasi, tujuan, dan esensi yang harus disajikan dalam karya ilmiah
4.14.1 merancang informasi yang harus disajikan dalam teks karya ilmiah
4.14.2 merancang tujuan yang harus disajikan dalam teks karya ilmiah
4.14.3 merancang esensi yang harus disajikan dalam teks karya ilmiah.      

A. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran problem based learning,  peserta didik dapatmengidentifikasi dan merancang informasi, tujuan, dan esensi dalam karya ilmiah dengan rasa ingin tahu, tanggung jawab, dan komunikatif selama proses pembelajaran.
B. Langkah-Langkah Pembelajaran (model problem based learning)
1.    Peserta didik menyimak tujuan pembelajaran.
2.    Peserta didik membaca contoh teks karya ilmiah, menggali informasi, dan memberikan tanggapan terhadap teks yang dibaca.
3.    Peserta didik membentuk kelompok belajar sesuai arahan pendidik dengan mempertimbangkan kemampuan akademik dan gender.  
4.    Peserta didik dengan difasilitasi dan dibimbing guru menelaah dan mendiskusikan teks karya ilmiah untuk menemukan dan merancang informasi, tujuan, dan esensi pada teks karya ilmiah .   
5.    Peserta didik menjawab permasalahan yang telah diidentifikasi, menyajikan laporan pembahasan hasil temuan dan penarikan kesimpulan di depan kelas. .
6.    Peserta didik dalam kelompok lain menilai atau menanggapi hasil kerja kelompok lain.
7.    Peserta didik menarik kesimpulan.
8.    Pendidik melakukan evaluasi hasil belajar mengenai materi yang telah dipelajari.
C. Penilaian
1. Sikap: Observasi saat pembelajaran tentang rasa ingin tahu, tanggung jawab, komunikatif.
2. Pengetahuan: Tes tertulis bentuk uraian tentang mengidentifikasi informasi, tujuan, dan esensi
    dalam teks karya ilmiah.
3. Keterampilan: Produk hasil merancang informasi, tujuan, dan esensi yang akan disajikan
    dalam teks karya ilmiah.
                                                                                                            Boyolali, ………….
Mengetahui
Kepala SMA Negeri 2 Boyolali                                                          Guru Mata Pelajaran  


Drs. Agung Wardoyo                                                                         Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP 196203011989031013                                                                NIP 197207081998011001   
 

Unduh File RPP Klik https://drive.google.com/open?id=1t9mSzTHI6lCyQnebxYnxIehtx-no_uP-
Sumber: https://ift.tt/2slaDG5

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel