Materi BEDAH KISI-KISI UN 2020 BAHASA INDONESIA SMA/MA DILENGKAPI PEMBAHASAN SOAL UN 2019, 2018, 2017 Yang Anda Cari
Minggu, 15 Desember 2019
Edit
MATERI PENTING PENDIDIKAN SEKOLAH - Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Materi BEDAH KISI-KISI UN 2020 BAHASA INDONESIA SMA/MA DILENGKAPI PEMBAHASAN SOAL UN 2019, 2018, 2017 Yang Anda Cari, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan
Contoh Soal,
Gaji Guru,
Guru,
pendidikan akhlak,
pendidikan bahasa arab, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca. Materi BEDAH KISI-KISI UN 2020 BAHASA INDONESIA SMA/MA DILENGKAPI PEMBAHASAN SOAL UN 2019, 2018, 2017 Yang Anda Cari
Sumber: https://ift.tt/35pRnFo
Berikut disajikan bedah kisi-kisi ujian nasional (UN) tahun 2020 SMA/MA mata pelajaran Bahasa Indonesia yang dikembangkan dari KISI-KISI UN 2019 SMA/MA
BEDAH KISI-KISI UN 2020 SMA/MA
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
Indikator Materi
|
Indikator Soal
|
No
|
1. LINGKUP MATERI MEMBACA NONSASTRA
|
||
Memaknai istilah/kata
|
Disajikan paragraf padu (teks laporan hasil observasi) minimal lima kalimat dan salah satu kalimatnya menggunakan istilah yang sudah lazim dipakai, peserta didik dapat makna/arti istilah yang bercetak miring dalam paragraf tersebut.
|
1.
|
Mengidentifikasi informasi tersurat
|
Disajikan sebuah paragraf yang berisi pernyataan opini dan fakta (satu atau dua kalimat fakta), peserta didik dapat menentukan kalimat yang berupa fakta dalam paragraf tersebut.
|
2.
|
Disajikan sebuah paragraf yang salah satu kalimatnya tidak padu, peserta didik dapat menentukan menjawab pertanyaan tentang isi paragraf dengan kata tanya mengapa atau bagaimana dengan tepat.
|
3.
|
|
Disajikan paragraf kutipan biografi tokoh (Sastrawan Indonesia) yang memuat keteladanan tokoh, peserta didik dapat menentukan hal yang dapat diteladani dari tokoh tersebut.
|
4.
|
|
Disajikan paragraf kutipan biografi tokoh (Sastrawan Indonesia) yang memuat keteladanan tokoh, peserta didik dapat menentukan menjawab pertanyaan tentang isi teks.
|
5.
|
|
Menemukan ide pokok
|
Disajikan paragraf, peserta didik dapat menentukan ide pokok paragraf tersebut.
|
6.
|
Menemukan inti kalimat
|
Disajikan kalimat luas/majemuk, peserta didik dapat menentukan inti kalimat tersebut dengan tepat.
|
7.
|
Menentukan makna rujukan
|
Disajikan paragraf yang menggunakan kata acuan, peserta didik dapat menentukan kata/kelompok kata yang dirujuk oleh acuan tersebut dengan tepat.
|
8.
|
Menyimpulkan isi tersirat dalam teks
|
Disajikan paragraf padu yang di dalamnya ada penggunaan kata tidak baku, peserta didik dapat menentukan tujuan penulis menyajikan hal yang diungkapkan dalam teks/paragraf dengan tepat.
|
9.
|
Disajikan kutipan tajuk rencana, peserta didik dapat menentukan opini penulis yang terdapat dalam kutipan tersebutdengan tepat.
|
10.
|
|
Disajikan kutipan tajuk rencana, peserta didik dapat menentukan pihak yang dituju oleh penulis dalam kutipan tersebut dengan tepat.
|
11.
|
|
Menentukan kalimat utama
|
Disajikan paragraf padu (teks laporan hasil observasi) minimal lima kalimat dan salah satu kalimatnya menggunakan istilah yang sudah lazim dipakai, peserta didik dapat menentukan kalimat utama paragraf tersebut dengan tepat.
|
12.
|
Menentukan kalimat penjelas
|
Disajikan satu kalimat utama dan lima kalimat penjelas, peserta didik dapat menentukan tiga kalimat penjelas yang mendukung kalimat utama
|
13.
|
membandingkan isi, pola penyajian, dan atau bahasa teks
|
Disajikan dua buah penggalan teks ulasan/artikel, siswa mampu menyimpulkan perbedaan/persamaan isi kedua teks dengan tepat.
|
14.
|
Menyimpulkan perbedaan atau persamaan isi
|
Disajikan dua kutipan teks ulasan/artikel, peserta didik dapat menentukan perbedaan/persamaan penyajian atau isi teks tersebut dengan tepat.
|
15.
|
membandingkan penggunaan bahasa dan pola penyajian beberapa jenis teks (berita, eksposisi, prosedur, editorial, ulasan/resensi)
|
Disajikan dua kutipan teks ulasan/artikel, peserta didik dapat menentukan perbedaan/persamaan penggunaan bahasa dan pola penyajian tersebut dengan tepat.
|
16.
|
Mengomentari isi teks
|
Disajikan kutipan teks, peserta didik dapat menentukan kalimat penilaian terhadap isi teks dengan tepat.
|
17.
|
menunjukkan bukti suatu simpulan
|
Disajikan penggalan teks, siswa mampu menunjukkan bukti simpulan pernyataan sesuai isi teks
|
18.
|
2. LINGKUP MATERI MEMBACA SASTRA
|
||
Mengidentifikasi dan memaknai kata simbolik/majas/kias dalam karya sastra
|
Disajikan paragraf kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan makna kata berlambang dalam teks dengan tepat.
|
19.
|
Disajikan paragraf kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan kalimat yang berupa ungkapan/makna kias dengan tepat.
|
20.
|
|
Disajikan paragraf kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan kalimat yang berupa majas dengan tepat.
|
21.
|
|
Memaknai isi tersurat dalam karya sastra
|
Disajikan sebait gurindam, peserta didik dapat menentukan maksud isi atau amanat yang terkandung dalam bait gurindam tersebut dengan tepat
|
22.
|
Disajikan paragraf kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan pendeskripsian watak tokoh dengan tepat.
|
23.
|
|
Menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/novel (konflik, sebab konflik, akibat konflik, amanat, nilai -nilai)
|
Disajikan kutipan cerpen/novel, siswa mampu menentukan konflik dengan tepat.
|
24.
|
Disajikan kutipan cerpen/novel (yang di dalamnya tergambar: watak tokoh, nilai, dan amanat), peserta didik dapat menentukan amanat yang terkandung dalam kutipan cerpen/novel tersebut dengan tepat.
|
25.
|
|
Disajikan kutipan cerpen/novel (yang di dalamnya tergambar: watak tokoh, nilai, dan amanat), peserta didik dapat menentukan pernyataan yang menunjukkan nilai-nilai tertentu dalam kutipan cerpen/novel tersebut yang ditemukan dalam kehidupan saat inidengan tepat.
|
26.
|
|
Membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur)
|
Disajikan dua buah teks penggalan cerpen, siswa mampu menentukan persamaan/perbedaan kedua penggalan teks tersebut berdasarkan unsur intrinsik teks dengan tepat
|
27.
|
Membuktikan simpulan dengan data pada karya sastra (bukti watak, seting, nilai)
|
Disajikan kutipan cerpen/novel (yang di dalamnya tergambar: watak tokoh, nilai, dan amanat), peserta didik dapat menentukan pernyataan pembuktian watak tokoh tertentu dalam kutipan cerpen/novel tersebut dengan tepat.
|
28.
|
Disajikan kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan latar (suasana, waktu, atau tempat) sesuai kutipan dengan tepat.
|
29.
|
|
Disajikan penggalan cerpen/ novel, peserta didik dapat menentukan hal yang diungkapkan dalam teks, yang dapat ditemukan dalam kehidupan saat ini dengan tepat.
|
30.
|
|
Mengaitkan isi dengan kehidupan saat ini
|
Disajikan penggalan cerpen/ novel, siswa mampu mengaitkan isi novel dengan kehidupan masa kini dengan tepat.
|
31.
|
Menilai keunggulan/kelemahan karya sastra
|
Disajikan kutipan teks cerpen/novel karya pengarang Indonesia yang menggambarkan keunggulan/kelemahan cerita, peserta didik dapat menentukan kalimat resensi berupa keunggulan/kelemahan cerpen sesuai kutipan yang tersaji dengan tepat.
|
32.
|
Disajikan sebuah puisi atau kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan kalimat esai yang sesuai dengan isi puisi tersebut
|
33.
|
|
Meringkas isi karya sastra
|
Disajikan kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan kalimat berupa ringkasan kutipan tersebut dengan tepat.
|
34.
|
3. LINGKUP MATERI MENULIS TERBATAS
|
||
melengkapi kalimat/paragraf dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa
|
Disajikan teks berisi ilustrasi peristiwa yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan istilah yang tepat
|
35.
|
Disajikan teks berisi ilustrasi peristiwa yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan ungkapan yang tepat
|
36.
|
|
Disajikan teks berisi ilustrasi peristiwa yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan peribahasa yang tepat
|
37.
|
|
melengkapi unsur teks (eksposisi, deskripsi, argumentasi, narasi, ulasan biografi, prosedur)
|
Disajikan paragraf eksposisi yang dirumpangkan kalimat simpulannya, peserta didik dapat menentukan kalimat simpulan untuk melengkapinya dengan tepat.
|
38.
|
Disjaikan paragraf yang dirumpangkan salah satu kalimatnya; peserta didik dapat melengkapi paragraf tersebut dengan kalimat deskripsi yang tepat.
|
39.
|
|
Disajikan sebuah kalimat pendapat tentang sesuatu, peserta didik dapat menentukan kalimat argumentasi yang logis untuk mendukung pendapat tersebut (satu atau dua kalimat argumen pendukung)
|
40.
|
|
Disajikan penggalan teks ulasan yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan kalimat yang tepat.
|
41.
|
|
Disajikan paragraf proses yang dirumpangkan satu kalimatnya, peserta didik dapat menentukan kalimat yang tepat untuk melengkapinya.
|
42.
|
|
Disajikan paragraf induktif yang dirumpangkan kalimat simpulannya, peserta didik dapat menentukan kalimat simpulan yang padu untuk melengkapinya
|
43.
|
|
Disajikan penggalan narasi yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan kalimat yang tepat.
|
44.
|
|
Melengkapi teks sastra (prosa, puisi, drama)
|
Disajikan puisi lama berupa pantun (bersajak ab, ab dan isinya nasihat) yang salah satu larik bagian isi dirumpangkan, peserta didik dapat menentukan larik yang tepat untuk melengkapinya
|
45.
|
Disajikan kutipan teks drama yang dirumpangkan satu dialog/kalimatnya, peserta didik dapat menentukan kalimat yang tepat untuk melengkapinya.
|
46.
|
|
Menggabungkan kalimat (mengurutkan kalimat acak)
|
Disajikan kalimat acak (kalimat diberi nomor dan diurut ke bawah), peserta didik dapat menentukan urutan yang tepat untuk dijadikan paragraf padu
|
47.
|
Memvariasikan kata yang bertujuan sama
|
|
|
Memvariasikan kalimat yang bertujuan sama
|
Disajikan beberapa kalimat yang mengilustrasikan kejadian tertentu, siswa dapat menentukan peribahasa yang tepat sesuai dengan ilustrasi kejadian.
|
48.
|
Disajikan beberapa kalimat yang mengilustrasikan kejadian tertentu, siswa dapat menentukan ungkapan yang tepat sesuai dengan ilustrasi kejadian.
|
49.
|
|
Disajikan kutipan teks yang salah satu kalimatnya berisi pernyataan perintah/saran, siswa dapat menentukan kalimat yang mempunyai tujuan sama dalam bentuk kalimat lain (tanya) yang tepat.
|
50.
|
|
menggabungkan beberapa kalimat dengan konjungsi yang sesuai
|
|
|
memvariasikan unsur teks
|
|
|
mengubah bentuk teks lain
|
Disajikan sebuah teks, siswa mampu mengubah bentuk teks ke bentuk teks lain
|
51.
|
4. MENYUNTING KATA, KALIMAT, DAN PARAGRAF
|
||
Mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata/istilah
|
Disajikan paragraf dengan empat kata yang digunakan secara tidak tepat, peserta didik mampu mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata/istilah dalam paragraf dengan tepat.
|
52.
|
mengidentifikasi kesalahan penggunaan konjungsi
|
Disajikan penggalan teks, siswa mampu mengidentifikasi kesalahan penggunaan konjungsi dalam teks tersebut dengan tepat.
|
53.
|
mengidentifikasi kesalahan penggunaan kalimat efektif
|
Disajikan penggalan teks, siswa mampu mengidentifikasi kesalahan penggunaan kalimat efektif dalam teks tersebut dengan tepat.
|
54.
|
Mengidentifikasi kalimat tidak padu dalam paragraf
|
Disajikan paragraf yang terdapat kalimat tidak padu, siswa mampu mengidentifikasi kalimat padu dalam paragraf tersebut dengan tepat.
|
55.
|
Menggunakan kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata)
|
Disajikan paragraf yang dirumpangkan tiga kata berimbuhannya dalam kalimat (berimbuhan me- dan pe- pada kata dasar yang diawali huruf k, p, t, s), peserta didik dapat menentukan kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapinya
|
56.
|
Disajikan paragraf naratif yang dirumpangkan tiga kata ulangnya, peserta didik dapat menentukan kata ulang yang tepat untuk melengkapinya
|
57.
|
|
Mengisi dengan konjungsi yang sesuai
|
Disajikan paragraf yang belum lengkap kata penghubung temporal (urutan waktu), peserta didik dapat menentukan kata penghubung yang tepat untuk melengkapinyanya.
|
58.
|
Memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat
|
Disajikan paragraf yang salah satu kalimatnya tidak efektif, peserta didik dapat menentukan cara perbaikan kalimat tersebut dengan tepat.
|
59.
|
Memperbaiki kesalahan paragraf
|
Disajikan paragraf deskripsi yang menggunakan tiga frasa adjektiva yang salah (tiga frasa), peserta didik dapat menentukan frasa adjektiva yang tepat untuk memperbaikinya.
|
60.
|
Disajikan paragraf yang salah satu kalimatnya rancu/tidak padu, peserta didik dapat menentukan kalimat yang padu untuk memperbaikinya
|
61.
|
|
Menentukan alasan kesalahan dari segi pilihan kata, kalimat dalam paragraf
|
Disajikan paragraf yang salah satu kalimatnya menggunakan kata tidak baku, peserta didik dapat menentukan kata tidak baku dalam kalimat dengan disertai alasan yang tepat
|
62.
|
5. MENYUNTING EJAAN DAN TANDA BACA
|
||
Mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan (judul, sapaan/gelar, nama geografi, nama diri, kata tugas)
|
Disajikan ilustrasi berupa paragraf yang memuat judul buku dalam salah satu kalimatnya, tetapi penulisan judul buku tersebut salah (dengan huruf kecil semua), peserta didik dapat menentukan perbaikan penulisan judul buku tersebut yang sesuai ejaan bahasa Indonesia yang berlaku
|
63.
|
Disajikan paragraf yang salah satu kalimatnya terdapat kesalahan penulisan nama geografi, siswa dapat mengidentifikasi kalimat yang di dalamnya terdapat kesalahan penulisan nama geografi.
|
64.
|
|
Menggunakan ejaan
|
Disajikan paragraf yang terdapat penggunaan ejaan, siswa mampu
|
65.
|
Menggunakan tanda baca
|
Disajikan kalimat beberapa kalimat yang dua di antaranya terdapat kesalahan penggunaan tanda baca, peserta didik dapat menentukan kalimat yang salah penggunaan tanda bacanya
|
66.
|
Memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
|
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan frasa/gabungan kata, siswa mampu menentukan perbaikan frasa/gabungan kata dengan tepat.
|
67.
|
Disajikan paragraf yang di dalamnya terdapat 3 kata yang tidak baku; peserta didik dapat menentukan kata baku untuk memperbaikinya
|
68.
|
|
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan kata serapan/ istilah, siswa mampu menentukan perbaikan kata serapan dengan tepat.
|
69.
|
|
Menentukan alasan kesalahan dari segi ejaan dan tanda baca
|
Disajikan kalimat yang menggunakan tanda bacanya salah, peserta didik dapat menentukan kesalahan penggunaan tanda baca disertai alasan yang tepat pada kalimat tersebut
|
70.
|
PEMBAHASAN SOAL UN BAHASA INDONESIA SMA TAHUN 2019
1. Ide Pokok Paragraf Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/pembahasan-soal-un-tahun-2019-bahasa.html
2. Makna Istilah Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/soal-un-2019-kunci-jawaban-dan.html
3. Jawaban yang Tepat Sesuai Isi Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/soal-un-tahun-pelajaran-20182019-bahasa.html
4. Maksud Pernyataan Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/kunci-jawaban-soal-un-tahun-2019-bahasa.html
5. Bukti Simpulan Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/soal-dan-pembahasan-menunjukkan-bukti.html
6. Pokok-Pokok Pikiran Paragraf Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/soal-un-tahun-pelajaran-20192020-bahasa.html
7. Keteladanan Tokoh dalam Teks Biografi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia-sma.html
8. Kalimat Utama Paragraf Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/kunci-jawaban-soal-un-tahun-20182019.html
9. Pernyataan Sesuai Isi Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia-sma_8.html
10. Kalimat Tidak Padu dalam Paragraf Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/soal-dan-pembahasan-kalimat-tidak-padu.html
11. Kata Simbolik/Lambang Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/soal-dan-pembahasan-makna-simbolik-atau.html
12. Maksud Kalimat Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/soal-dan-pembahasan-menentukan-maksud.html
13. Kalimat Bermajas Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/contoh-soal-dan-pembahasan-kalimat.html
14. Nilai Budaya dalam Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/contoh-soal-menentukan-nilai-budaya.html
15. Kalimat Fakta Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/contoh-soal-kalimat-fakta-dan.html
16. Konflik dalam Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/contoh-soal-menentukan-konflik-dalam.html
17. Keterkaitan Isi Cerita dengan Kehidupan Sehari-hari Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/08/contoh-soal-menentukan-keterkaitan-isi.html
18. Bukti Nilai Moral dalam Novel Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/09/contoh-soal-bukti-nilai-moral-dalam.html
19. Bukti Latar Suasana dalam Novel Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/09/contoh-soal-bukti-latar-suasana-dalam.html
20. Melengkapi Teks dengan Ungkapan yang Tepat Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/09/pembahasan-soal-melengkapi-teks-dengan.html
21. Memperbaiki Kalimat agar Efektif Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/09/contoh-soal-un-memperbaiki-kalimat-agar.html
22. Mengurutkan Kalimat Acak agar Menjadi Paragraf Padu Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/09/mengurutkan-kalimat-acak-paragraf.html
23. Melengkapi Paragraf Narasi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/10/contoh-soal-melengkapi-paragraf-narasi.html
24. Melengkapi Teks Prosedur Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/10/contoh-soal-melengkapi-teks-prosedur.html
25. Konjungsi Korelatif Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/10/konjungsi-korelatif.html
26. Kata Berimbuhan Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/10/contoh-soal-un-melengkapi-paragraf.html
27. Istilah Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/10/contoh-soal-un-melengkapi-paragraf_13.html
28. Kalimat Simpulan Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/10/contoh-soal-dan-pembahasan-melengkapi.html
29. Ringkasan Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/10/contoh-soal-dan-pembahasan-menyusun.html
30. Parafrasa Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/10/contoh-soal-parafrasa-atau-mengubah.html
31. Kalimat Argumen Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/10/contoh-soal-kalimat-argumen-yang.html
32. Partikel –lah dan akhiran –kan Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/10/contoh-soal-penggunaan-partikel-lah-dan.html
33. Penulisan Nama Geografi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/10/contoh-soal-un-tentang-penulisan-nama.html
34. Perbandingan Dua Teks Sastra Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/10/contoh-soal-membandingkan-dua-teks.html
35. Bukti Watak Tokoh Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/10/contoh-soal-bukti-watak-tokoh-kalimat.html
36. Amanat Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/10/contoh-soal-dan-pembahasan-menentukan.html
37. Mengubah Teks Drama ke Narasi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/10/contoh-soal-mengubah-bentuk-teks-drama.html
38. Macam-Macam Konjungsi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/10/contoh-soal-penggunaan-konjungsi-yang.html
39. Perbaikan Penggunaan Ejaan yang Salah Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/10/contoh-soal-penggunaan-ejaan-yang-salah.html
40. Perbaikan Penggunaan Tanda Baca yang Salah Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/10/contoh-soal-perbaikan-penggunaan-tanda.html
41. Penulisan Judul Karangan Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/10/contoh-soal-perbaikan-penulisan-judul.html
42. Memprediksi Kelanjutan Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/10/contoh-soal-un-memprediksi-kelanjutan.html
43. Keunggulan dan Kelemahan Novel Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/10/contoh-soal-un-kelemahan-dan-keunggulan.html
44. Menyimpulkan Isi Dua Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/10/contoh-soal-membandingkan-dan.html
45. Pernyataan Sesuai Isi Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/10/tips-menentukan-pernyataan-yang-sesuai.html
46. Menganalisis Isi Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/10/contoh-soal-menganalisis-isi-teks-dan.html
47. Menentukan Tujuan Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/10/contoh-soal-menentukan-tujuan-penulis.html
48. Menyimpulkan Isi Dua Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/10/contoh-soal-menyimpulkan-isi-dua-teks.html
49. Pernyataan Sesuai Isi Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/10/contoh-soal-menentukan-pernyataan.html
50. Ulasan Drama Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/10/contoh-soal-ulasan-teks-drama-dan.html
PEMBAHASAN LENGKAP SOAL UN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMA/MA NOMOR 1-50
Sebagai persiapan menghadapi Ujian Nasional (UN) tahun 2019, berikut disajikan pembahasan lengkap soal UN tahun 2017/2018 nomor 1-50 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA/MA. Pembahasan soal tersebut dapat dibaca pada tautan-tautan sebagai berikut. Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/pembahasan-lengkap-soal-un-tahun.html
Kisi-Kisi/Materi, Soal, dan Pembahasan Soal UN Tahun 2018
1. Kalimat Resensi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa.html
2. Pendeskripsian Watak Tokoh Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/pembahasaan-un-tahun-pelajaran-20172018.html
3. Bukti Latar Suasana Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/kuncijawaban-e-pembahasan-menurutkbbi.html
4. Konflik dalam Cerpen Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/soal-un-20172018-dan-pembahasan-smama.html
5. Keterkaitan Isi Cerpen Dengan Kehidupan Sehari-hari Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/soal-un-20172018-dan-pembahasan-mapel.html
3. Bukti Latar Suasana Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/kuncijawaban-e-pembahasan-menurutkbbi.html
4. Konflik dalam Cerpen Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/soal-un-20172018-dan-pembahasan-smama.html
5. Keterkaitan Isi Cerpen Dengan Kehidupan Sehari-hari Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/soal-un-20172018-dan-pembahasan-mapel.html
6. Persamaan Dua Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/soal-un-smama-tahun-pelajaran-20172018.html
7. Ringkasan Isi Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/kunci-jawaban-soal-un-tahun-pelajaran.html
8. Kalimat Bermajas Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/pembahasan-soal-un-tahun-pelajaran.html
9. Nilai dalam Cerpen Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia.html
10.: Penilaian terhadap Isi Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/pembahasan-soal-un-tahun-pelajaran_19.html
11. Opini Penulis dalam Tajuk Rencana Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un.html
12. Keberpihakan Penulis dalam Tajuk Rencana Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/pembahasan-soal-un-20172018-bahasa.html
13. Keteladanan Tokoh dalam Biografi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_33.html
14. Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas dalam Paragraf Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_27.html
15. Kalimat Fakta Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_70.html
16. Tujuan Penulis Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia_28.html
17. Kata Tidak Baku Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_99.html
18. Kalimat Tidak Padu Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_56.html
19. Kata Rujukan Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_68.html
20. Kalimat Simpulan Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_34.html
21. Menentukan ide pokok paragraf Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_29.html
22. Makna Kata/Istilah Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_38.html
23. Jawaban dari Pertanyaan Sesuai Isi Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_25.html
24. Makna Kata Lambang Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_31.html
25. Makna Ungkapan dalam Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un.html
26. Melengkapi Teks dengan Ungkapan yang Tepat Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_2.html
27. Memperbaiki Kata Tidak Baku Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_3.html
28. Alasan Kesalahan Penggunaan Tanda Baca Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_4.html
29. Penulisan Nama Geografi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_5.html
30. Pengembangan Topik Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-20172018-smama.html
31. Perbaikan Penulisan Kata Ulang Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia.html
32. Penulisan Judul Karangan Klik http://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-smama-bahasa.html
33. Kalimat Esai Sesuai Kutipan Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia_12.html
34. Melengkapi Teks dengan Kata Berimbuhan Klik http://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-20172018-bahasa.html
35. Melengkapi Teks Drama Klik http://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/melengkapi-teks-drama.html
36. Menentukan Amanat Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_14.html
37. Melengkapi Pantun Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia_18.html
38. Kalimat Argumen untuk Mendukung Kalimat Pendapat Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_19.html
39. Kalimat Kesepakatan dalam Teks Negosiasi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-20172018-bahasa_19.html
40. Memperbaiki Kalimat Tidak Efektif Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia_26.html
41. Maksud Isi Gurindam Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/zuhri-indonesia-pembahasaan-soal-un.html
42. Kalimat Simpulan Akibat Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia.html
43. Memperbaiki Penulian Kata Serapan yang Tidak Tepat Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un.html
44. Melengkapi Paragraf dengan Konjungsi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/pembahasan-soal-un-tahun-20172018.html
45. Memvariasikan Kalimat Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/contoh-soal-dan-pembahasan.html
46. Melengkapi Teks Prosedur Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/pembahasan-soal-un-20172018-bahasa.html
47. Melengkapi Paragraf Deskripsi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia_23.html
48. Perbaikan Kalimat Tidak Efektif dan Alasan Perbaikan Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/pembahasan-soal-un-tahun-2018-smama.html
49. Mengurutkan Kalimat Acak Menjadi Paragraf Padu Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_31.html
50. Melengkapi Paragraf dengan Peribahasa Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_23.html
PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 BAHASA INDONESIA SMA/MA
1. Menentukan kalimat utama
2. Menentukan makna istilah
3. Menentukan kalimat tidak padu dalam paragraf
4. Menjawab pertanyaan sesuai isi bacaan
5. Menentukan kalimat fakta dalam paragraf
6. Menentukan ide pokok paragraf
7. Menentukan tujuan penulis sesuai isi teks
8. Menentukan kalimat yang menggunakan kata tidak baku
9. Menentukan keteladanan tokoh dalam biografi
10. Menjawab pertanyaan sesuai isi biografi
11. Menentukan opini redaksi pada tajuk rencana
12. Menentukan pihak yang dituju pada redaksi
13. Menentukan kata rujukan
14. Menentukan perbedaan isi dua teks (laporan hasil observasi)
15. Menentukan inti kalimat
16. Menentukan makna lambang
17. Menentukan kalimat bermajas
18. Menentukan cara pendeskripsian watak tokoh
19. Menentukan kalimat yang menyatakan latar tempat
20. Menentukan konflik cerita
21. Menentukan kalimat yang menunjukkan watak tokoh
22. Menentukan nilai budaya dalam cerpen
23. Menentukan amanat cerpen
24. Menentukan kesamaan unsur intrinsik dua kutipan cerpen
25. Menentukan kaitan isi cerpen dengan kehidupan saat ini
26. Menentukan maksud isi gurindam
27. Menilai keunggulan dan kelemahan buku
28. Menyusun ringkasan teks
29. Mengurutkan kalimat acak
30. Menentukan kalimat argumen
31. Menyusun kalimat simpulan paragraf
32. Menentukan peribahasa yang tepat sesuai ilustrasi
33. Menentukan ungkapan yang tepat sesuai ilustrasi
34. Melengkapi teks deskripsi
35. Melengkapi teks argumentasi
36. Melengkapi larik pantun
37. Melengkapi teks prosedur
38. Menyusun teks esai
39. Menggunakan konjungsi temporal
40. Menggunakan kata berimbuhan
41. Menggunakan kata ulang
42. Melengkapi paragraf dengan kalimat simpulan
43. Menggunakan frasa adjektiva
44. Memperbaiki kalimat tidak efektif
45. Menentukan alasan penyebab ketidakbakuan kata
46. Memperbaiki kata tidak baku menjadi kata baku
47. Memperbaiki penulisan kata serapan yang tidak tepat
48. Mengidentifikasi penulisan judul yang benar
49. Menggunakan tanda baca dengan tepat
50. Menentukan alasan kesalahan pemakaian tanda baca