Materi KISI-SISI SOAL UJIAN SEKOLAH TAHUN 2020 BAHASA INDONESIA SMP/PERSIAPAN UJIAN NASIONAL Yang Anda Cari
Minggu, 16 Februari 2020
Edit
MATERI PENTING PENDIDIKAN SEKOLAH - Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Materi KISI-SISI SOAL UJIAN SEKOLAH TAHUN 2020 BAHASA INDONESIA SMP/PERSIAPAN UJIAN NASIONAL Yang Anda Cari, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan
Contoh Soal,
Gaji Guru,
Guru,
pendidikan akhlak,
pendidikan bahasa arab, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca. Materi KISI-SISI SOAL UJIAN SEKOLAH TAHUN 2020 BAHASA INDONESIA SMP/PERSIAPAN UJIAN NASIONAL Yang Anda Cari
Sumber: https://ift.tt/38BB3mO
KISI-KISI SOAL UJIAN SEKOLAH/PERSIAPAN UJIAN NASIONAL 2019/2020 SMP/MTs MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
No.
|
Aspek
|
Level Kognitif
|
Indikator Materi
|
Indikator Soal
|
No.
|
1
|
Membaca Nonsastra
|
Pengetahuan dan Pemahaman
- Mengidentifikasi
- Menentukan
- Memaknai
|
Menentukan makna kata/kalimat pada teks
|
Disajikan kalimat, siswa mampu menentukan makna kata/istilah dalam kalimat dengan tepat
|
1.
|
Disajikan paragraf yang terdiri beberapa kalimat yang diberi nomor, peserta didik mampu menentukan maksud kalimat tertentu pada paragraf dengan tepat.
|
2.
|
||||
Menentukan informasi tersurat teks
|
Disajikan sebuah teks hasil observasi (2 paragraf), peserta didik dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi teks dengan tepat.
|
3.
|
|||
Disajikan sebuah teks hasil observasi (2 paragraf), peserta didik dapat menetukan jawaban pertanyaan tentang isi teks tersebut dengan tepat.
|
4.
|
||||
Menentukan bagian teks
|
Disajikan teks yang terdiri 4-5 kalimat, peserta didik dapat menentukan kalimat yang menyatakan pertentangan dengan tepat.
|
5.
|
|||
Aplikasi
- Menyimpulkan
- Menggunakan konsep/prinsip
|
Menentukan ide pokok
|
Disajikan teks hasil observasi terdiri 4-5 kalimat , peserta didik dapat ide pokok paragraf tersebut dengan tepat.
|
6.
|
||
Disajikan teks eksposisi yang terdiri 4-5 kalimat, peserta didik dapat menentukan menentukan kalimat utama teks tersebut dengan tepat.
|
7.
|
||||
Menyimpulkan isi teks
|
Disajikan teks yang terdiri 5-6 kalimat, peserta didik dapat menentukan simpulan isi paragraf dengan tepat.
|
8.
|
|||
Menyimpulkan pendapat pro/kontra dalam teks
|
Disajikan teks eksplanasi (2-3 paragraf), peserta didik dapat menentukan pernyataan persetujuan pada paragraf kedua teks tersebut dengan tepat.
|
9.
|
|||
Meringkas isi teks
|
Disajikan teks eksposisi (2 paragraf), peserta didik dapat menentukan ringkasan teks tersebut dengan tepat.
|
10.
|
|||
Penalaran
- Mengevaluasi
- Membandingkan pola (menganalisis)
- Menanggapi
- Memvariasikan
|
Membandingkan penggunaan bahasa, dan pola penyajian beberapa jenis teks
|
Disajikan dua buah teks, siswa mampu membandingkan penggunaan bahasa kedua teks dengan tepat.
|
11.
|
||
Disajikan dua buah teks (teks berita dan teks ulasan/resensi), siswa mampu membandingkan pola penyajian kedua teks dengan tepat.
|
12.
|
||||
Menilai keunggulan/kelemahan teks
|
Disajikan penggalan teks ulasan, siswa mampu menentukan pernyataan yang merupakan keunggulan/kelemahan buku pada teks dengan tepat
|
13.
|
|||
Mengomentari isi teks
|
Disajikan penggalan teks, siswa mampu mengomentari isi teks dengan tepat.
|
14.
|
|||
2
|
Membaca Sastra
|
Pengetahuan dan Pemahaman
- Mengidentifikasi
- Menentukan
- Memaknai
|
Menentukan makna kata dalam cerpen dan fabel
|
Disajikan kutipan cerpen/fabel, siswa mampu mengartikan kata pada cerpen/fabel dengan tepat.
|
15.
|
menentukan makna tersurat dalam cerpen dan fabel
|
Disajikan kutipan cerpen/fabel, siswa mampu menentukan tokoh utama pada kutipan dengan tepat
|
16.
|
|||
menentukan bagian cerpen dan fabel
|
Disajikan teks cerita moral/fabel (2-3 paragraf), peserta didik dapat menentukan bagian komplikasi pada teks tersebut dengan tepat.
|
17.
|
|||
|
Aplikasi
- Menyimpulkan
- Menggunakan konsep/prinsip
|
Menyimpulkan makna simbol dalam cerpen dan fabel
|
Disajikan kutipan cerpen, siswa mampu menentukan makna simbol dalam kutipan dengan dengan tepat.
|
18.
|
|
menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/fabel
|
Disajikan teks cerita moral/fabel (2-3 paragraf), peserta didik dapat menentukan nilai moral yang terdapat pada teks tersebut dengan tepat.
|
19.
|
|||
Disajikan teks cerita moral/fabel (2-3 paragraf), peserta didik dapat menentukan amanat cerita teks tersebut dengan tepat.
|
20.
|
||||
Menyimpulkan sebab/akibat konflik
|
Disajikan teks cerita pendek(2-3 paragraf), peserta didik dapat menentukan sebab konflik cerita pada teks tersebut dengan tepat.
|
21.
|
|||
Penalaran
- Mengevaluasi
- Membandingkan pola (menganalisis)
- Menanggapi
- Memvariasikan
|
Membandingkan pola pengembangan cerpen dan fabel
|
Disajikan dua kutipan teks sastra sejenis (fabel), peserta didik menentukan perbedaan pola pengembangan dua kutipan fabel tersebut dengan tepat.
|
22.
|
||
Membandingkan penggunaan bahasa cerpen/fabel
|
Disajikan du kutipan cerpen, siswa mampu membandingkan perbedaan penggunaan bahasa dua kutipan cerpen dengan tepat
|
23.
|
|||
menunjukkan bukti latar dan watak
|
Disajikan teks cerita pendek (2-3 paragraf), peserta didik dapat menentukan bukti watak tokoh yang terdapat pada teks tersebut dengan tepat.
|
24.
|
|||
Disajikan penggalan cerita, siswa mampu menunjukkan kalimat bukti tentang seting/latar cerita dengan tepat.
|
25.
|
||||
mengomentari unsur intrinsik karya sastra
|
Disajikan penggalan fabel/ cerpen, siswa mampu mengomentari isi cerita dengan tepat.
|
26.
|
|||
3
|
Menulis Terbatas
|
Pengetahuan dan Pemahaman
- Mengidentifikasi
- Menentukan
- Memaknai
|
melengkapi istilah/kata dalam kalimat
|
Disajikan kalimat yang dirumpangkan, peserta didik dapat menentukan kata depan (di, ke, dari) untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut dengan tepat.
|
27.
|
Aplikasi
- Menyimpulkan
- Menggunakan konsep/prinsip
|
menyusun urutan kalimat berbagai jenis teks
|
Disajikan lima kalimat laporan secara acak, peserta didik mampu mengurutkan kalimat sehingga tersusun teks laporan dengan tepat.
|
28.
|
||
melengkapi paragraf
|
Disajikan penggalan teks prosedur yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan kalimat yang tepat.
|
29.
|
|||
melengkapi bagian teks (eksposisi, deskripsi, ulasan, dan lain-lain)
|
Disajikan penggalan teks yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan bagian teks (konjungsi) yang tepat.
|
30.
|
|||
Penalaran
- Mengevaluasi
- Membandingkan pola (menganalisis)
- Menanggapi
- Memvariasikan
|
Memvariasikan kata
|
Disajikan sebuah paragraf dengan dua kata bercetak miring, siswa dapat memvariasikan kata yang bermakna sama pada kata bercetak miring dengan tepat.
|
31.
|
||
Memvariasikan kalimat
|
Disajikan sebuah paragraf dengan kalimat bernomor, siswa dapat memvariasikan kalimat yang bertujuan/bermakna sama dengan kalimat bernomor tertentu dengan tepat.
|
32.
|
|||
menulis dengan ilustrasi tertentu
|
Disajikan ilustrasi/data dalam bentuk tabel, peserta didik dapat menentukan paragraf yang tepat berdasarkan data hasil pengamatan suatu objek dengan tepat.
|
33.
|
|||
Mengubah teks ke bentuk lain
|
Disajikan kutipan teks drama, peserta didik dapat menentukan cerpen yang tepat sesuai dengan kutipan naskah drama dengan tepat.
|
34.
|
|||
4
|
Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf
|
Pengetahuan dan Pemahaman
- Mengidentifikasi
- Menentukan
- Memaknai
|
menunjukkan kata yang tidak sesuai kaidah
|
Disajikan paragraf dengan dua kata yang digunakan secara tidak tepat, siswa mampu mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata/istilah dalam paragraf dengan tepat.
|
35.
|
menunjukkan kalimat yang tidak sesuai kaidah
|
Disajikan empat kalimat bernomor yang salah satunya kalimat tidak efektif, siswa mampu mengidentifikasi kalimat yang tidak efektif dengan tepat.
|
36.
|
|||
Aplikasi
- Menyimpulkan
- Menggunakan konsep/prinsip
|
menggunakan kata bentukan (mengisi kata sesuai kaidah bentukan kata)
|
Disajikan kalimat yang dirumpangkan, siswa mampu mengisi bagian rumpang dengan kata bentukan (kata berimbuhan) dengan tepat.
|
37.
|
||
mengisi konjungsi dalam kalimat
|
Disajikan kalimat yang dirumpangkan, siswa mampu mengisi bagian rumpang dengan kata penghubung dengan tepat.
|
38.
|
|||
Penalaran
- Mengevaluasi
- Membandingkan pola (menganalisis)
- Menanggapi
- Memvariasikan
|
Memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
|
Disajikan paragraf yang terdapat kalimat tidak efektif, siswa mampu menentukan perbaikan kalimat dengan tepat.
|
39.
|
||
Disajikan teks eksplanasi (1 paragraf) yang terdapat kalimat tidak padu, peserta didik dapat menentukan perbaikan kalimat tersebut dengan tepat .
|
40.
|
||||
menentukan alasan kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
|
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan kata, siswa mampu menentukan alasan kesalahan dari segi pilihan kata dengan tepat.
|
41.
|
|||
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan kalimat, siswa mampu menentukan alasan kesalahan dari segi penggunaan kalimat dengan tepat.
|
42.
|
||||
5
|
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
|
Pengetahuan dan Pemahaman
- Mengidentifikasi
- Menentukan
- Memaknai
|
Menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan
|
Disajikan paragraf yang terdapat penggunaan kata depan, siswa mampu mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata depan dengan tepat.
|
43.
|
Menunjukkan kesalahan penggunaan tanda baca
|
Disajikan paragraf yang terdapat penulisan tanda baca tanya, siswa mampu mengidentifikasi kesalahan penulisan tanda baca tanya dengan tepat.
|
44.
|
|||
Aplikasi
- Menyimpulkan
- Menggunakan konsep/prinsip
|
Menggunakan ejaan
|
Disajikan paragraf terdapat penggunaan kata depan, siswa mampu menggunakan kata depan dengan tepat.
|
45.
|
||
Menggunakan tanda baca
|
Disajikan paragraf yang terdapat penggunaan tanda titik dua, siswa mampu menggunakan tanda titik dua dengan tepat.
|
46.
|
|||
Penalaran
- Mengevaluasi
- Membandingkan pola (menganalisis)
- Menanggapi
- Memvariasikan
|
Memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
|
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan kata/gabungan kata, siswa mampu menentukan perbaikan kata/gabungan kata dengan tepat.
|
47.
|
||
Memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca
|
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan tanda titik dua dan koma, siswa mampu memperbaiki kesalahan penggunaan tanda titik dua dan koma dengan tepat.
|
48.
|
|||
Menentukan alasan kesalahan ejaan dan tanda baca
|
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan huruf kapital siswa mampu menentukan alasan kesalahan dengan tepat.
|
49.
|
|||
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan tanda koma, siswa mampu menentukan alasan kesalahan dengan tepat.
|
50.
|