-->

Materi SOAL UN SMP 2019 BAHASA INDONESIA MAKNA UNGKAPAN DAN PEMBAHASAN Yang Anda Cari

MATERI PENTING PENDIDIKAN SEKOLAH - Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Materi SOAL UN SMP 2019 BAHASA INDONESIA MAKNA UNGKAPAN DAN PEMBAHASAN Yang Anda Cari, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Contoh Soal, Gaji Guru, Guru, pendidikan akhlak, pendidikan bahasa arab, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca. Materi SOAL UN SMP 2019 BAHASA INDONESIA MAKNA UNGKAPAN DAN PEMBAHASAN Yang Anda Cari


Kunci Jawaban: A
Pembahasan
Kelompok kata bermuka dua termasuk ungkapan, yaitu gabungan kata yang maknanya sudah menyatu dan tidak ditafsirkan dengan makna unsur yang membentuknya.
Makna ungkapan bermuka dua adalah tidak jujur; tidak satu pendiriannya; bercabang pendirian (https://kbbi.kata.web.id/muka-dua/).
RINGKASAN MATERI
Pengertian Ungkapan
Ungkapan adalah kelompok kata atau gabungan kata yang menyatakan makna khusus (makna unsur-unsurnya sering kali menjadi kabur); (https://kbbi.web.id/ungkap)
Ungkapan merupakan gabungan kata yang maknanya sudah menyatu dan tidak ditafsirkan dengan makna unsur yang membentuknya. (https://id.wikibooks.org/wiki/Bahasa_Indonesia/Ungkapan)
Contoh:
ü  tinggi hati : 'sombong'
ü  ringan kepala : 'mudah belajar'
ü  darah daging : 'anak kandung'
ü  dingin hati : 'tidak bersemangat
ü  uang panas : 'uang tidak halal'
ü  panas rezeki : 'sukar mencari rezeki'
Langkah-langkah menentukan ungkapan yang tepat sesuai ilustrasi
  1. Bacalah dengan cermat ilustrasi yang dimaksud.
  2. Data kejadian-kejadian atau penjelasan-penjelasan dalam ilustrasi.
  3. Tentukan gagasan pokok sesuai dengan kejadian-kejadian atau penjelasan-penjelasan dalam ilustrasi tersebut. 
  4. Cari dan tentukan ungkapan yang sesuai dengan gagasan pokok ilustrasi. Untuk dapat menentukan ungkapan yang sesuai dengan ilustrasi harus memahami makna ungkapan-ungkapan.


Sumber: https://ift.tt/2QMZ7MP

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel