Materi SOAL ALASAN MENGAPA PARAGRAF TIDAK PADU DAN PEMBAHASAN (SOAL UN 2019 SMP/MTs) Yang Anda Cari
Kamis, 07 November 2019
Edit
MATERI PENTING PENDIDIKAN SEKOLAH - Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Materi SOAL ALASAN MENGAPA PARAGRAF TIDAK PADU DAN PEMBAHASAN (SOAL UN 2019 SMP/MTs) Yang Anda Cari, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan
Contoh Soal,
Gaji Guru,
Guru,
pendidikan akhlak,
pendidikan bahasa arab, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca. Materi SOAL ALASAN MENGAPA PARAGRAF TIDAK PADU DAN PEMBAHASAN (SOAL UN 2019 SMP/MTs) Yang Anda Cari
Kunci Jawaban: C
Sumber: https://ift.tt/34E19D2
Pembahasan
Teks tersebut tidak padu karena adanya kalimat nomor (3). Kalimat tersebut kalimat tidak padu karena isi kalimat tersebut berbeda dengan kalimat-kalimat yang lain. Kalimat (3) membahas tentang kesenian Jepang (Kabuki), sementara kalimat lainnya membahas tentang kuliah di Jepang.
RINGKASAN MATERIA. SYARAT-SYARAT PARAGRAF YANG BAIK
Paragraf adalah bagian bab dalam suatu karangan (biasanya mengandung satu ide pokok dan penulisannya dimulai dengan garis baru); alinea (https://kbbi.web.id/paragraf).
Paragraf yang baik antara lain harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut.
1. Kelengkapan (Completeness)
a. Adanya satu gagasan utama dan beberapa gagasan penjelas.
b. Membicarakan seluk beluk gagasan utama secara terperinci.
c. Sudah mengandung semua yang diperlukan untuk mendukung gagasan utama
2. Kesatuan Paragraf
a. Sebuah paragraf hanya mengandung satu gagasan utama.
b. Kalimat-kalimat dalam paragraf itu mengarah pada satu pokok permasalahan.
c. Tidak terdapat kalimat yang menyimpang dari ide pokok.
3. Kepaduan
a. Kalimat-kalimat di dalam paragraf itu terjalin secara sistematis, dan logis serta tidak ada informasi yang meloncat
b. Kalimat-kalimatnya gramatikal, terpadu, dan berkaitan satu sama lain. Yang digunakan kata-kata kunci atau sinonim, referensi (pronomina), substitusi, kata-kata transisi, struktur yang paralel, dan konsistensi sudut pandang.
4. Keruntutan
karangan yang dianggap runtut adalah karangan yang di dalamnya terdapat uraian yang sistematis, baik yang dimulai dari sesuatu yang negatif ke arah positif maupun sebaliknya.
Contoh paragraf
a. Awan di langit tampak hitam. Suasana sekeliling menjadi gelap. Kemudian angin bertiup meskipun hanya sebentar. Angin mulai reda, tetapi mendung menjadi-jadi. Tampaknya hujan akan turun.
b. Ada beberapa penyebab kemacetan di Jakarta. Pertama, jumlah armada yang banyak tidak seimbang dengan luas jalan. Kedua, kedisiplinan pengendara kendaraan sangat minim. Ketiga, banyak tempat yang memunculkan gangguan lalu lintas, misalnya pasar, rel kereta api, pedagang kaki lima, halte yang tidak difungsikan, dan banjir. Keempat, kurang tegasnya petugas yang berwenang dalam mengatur lalu lintas serta menindak para pelanggar lalu lintas. (Suladi, Pusat Pembinaan Badan pengembangan dan pembinaan Bahasa Jakarta).
B. KALIMAT TIDAK PADU DALAM PARAGRAF
Kalimat tidak padu merupakan kalimat yang tidak memiliki korelasi dengan kalimat lainnya pada suatu paragraf. Kalimat tidak padu juga seringkali bertentangan dengan ide paragraf yang hendak disampaikan. Kalimat ini bisa saja terjadi karena kesalahan penulisan pada saat menyisipkan gagasan ke dalam kalimat. Berikut beberapa ciri dari kalimat tidak padu :
a. Kalimat tidak padu seingkali bertentangan dengan ide pokok pada kalimat utama dalam paragraf. Jika pembaca mencermati tiap kalimat pada paragraf, maka akan dengan mudah mengidentifikasi kalimat tak padu tersebut.
b. Kalimat tidak padu jika diperhatikan konten kalimatnya tidak sambung atau tidak berkesinambungan serta tidak mendukung kalimat lainnya dalam paragraf.
c. Kalimat tak padu seringkali keluar dari inti permasalahan yang sedang dibicarakan dalam kalimat.
b. Kalimat tidak padu jika diperhatikan konten kalimatnya tidak sambung atau tidak berkesinambungan serta tidak mendukung kalimat lainnya dalam paragraf.
c. Kalimat tak padu seringkali keluar dari inti permasalahan yang sedang dibicarakan dalam kalimat.
Hal-hal yang harus dilakukan guna mengidentifikasikan kalimat sumbang adalah terlebih dahulu menentukan kalimat utama yang memuat ide pokok paragraf. Setelah itu tentukan beberapa kaliama penjelas yang mendukung serta berkesesuaian dengan kalimat utama. Jika terdapat kalimat yang tidak sambung dengan kalimat utama dan penjelas, maka dapat dipastikan bahwa kalimat tersebut adalah kalimat tidak padu.
Contoh Kalimat Tak Padu
Contoh 1 :
(1) Andi adalah anak yang cerdas. (2) Tak heran jika dirinya selalu mendapatkan peringkat pertama di kelasnya. (3) Beberapa kali juga ia sempat mewakili sekolahnya dalam ajang perlombaan cerdas cermat ataupun olimpiade sains. (4) Ia juga sering memboyong banyak tropi dalam beberapa event perlombaan sejenis Lomba Cepat Tepat (LCT). (5) Karena dianggap sebagai siswa yang cerdas, ia sering dimintai tolong oleh gurunya untuk membimbing teman-temannya yang merasa kesulitan dalam hal materi pelajaran sekolah. (6) Andi sangat piawai sekali dalam memainkan bidak catur pada pertandingan peringatan kemerdakaan RI minggu lalu. (7) Di tahun terakhir sekolahnya ia tak lagi bingung untuk mencari tempat berkuliah. (8) Ia telah diterima di salah satu pergutuan tinggi negeri terkemuka di Indonesia dan mendapatkan beasiswa penuh selama studi.
Penjelasan :
Kalimat satu yakni “Andi adalah anak yang cerdas“ merupakan kalimat utama yang memuat ide pokok paragraf. Kalimat lainnya berperan sebagai kalimat penjelas yang berkaitan dengan kalimat utama kecuali pada kalimat nomor 6 yakni “Andi sangat piawai sekali dalam memainkan bidak catur pada pertandingan peringatan kemerdakaan RI minggu lalu.” Kalimat tersebut menyimpang dari fokus masalah yang dibahas pada kalimat utama dan kalimat penjelas.
Contoh 2 :
(1) Nugroho sangat menyukai anime onepiece. (2) Tak hanya menyukai alur ceritanya, ia juga sangat suka dengan lagu-lagu yang menjadi Oroginal Soundtrack (OST) dari manga karya Eichiro Odha ini. (3) Koleksinya hingga kini telah mencapai 75 buah komik dan 750 serial animenya. (4 )Nugroho juga sangat menyukai buah anggur dan pisang. (5) Ia mengaku sangat mengagumi beberapa tokoh yang ada dalam cerita anime ini diantaranya ialah Monkey D. Luffy, Potgas D. Ace, Akagami No Shanks, Trafalgar Law dan lainnya. (6) Dalam komunitas sosialnya, Nugroho tergabung dalam sebuah komunitas pecinta serial animasi Jepang ini.
Penjelasan :
Kalimat satu yakni “Nugroho sangat menyukai anime onepiece “ adalah kalimat utama yang terdapat gagasan utama paragraf. Sedangkan kalimat lainnya berperan sebagai kalimat penjelas yang mendukung gagasan kalimat utama kecuali yang terdapat pada kalimat nomor 4 yakni “(4) Nugroho juga sangat menyukai buah anggur dan pisang.” Kalimat nomor 4 tersebut tidak sesuai dan tidak ada hubungannya dengan gagasan serta inti masalah yang dibahas pada kalimat utama.
Contoh 3 :
(1) Pesisir Barat merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Lampung yang menyimpan surga destinasi wisata. (2) Provinsi hasil pemekaran dari kabupaten Lampung Barat ini merupakan surga bagi para pecinta destinasi wisata pantai. (3) Ikan-ikan segar banyak terdapat di pasar ikan kota Krui yang didapatkan oleh para nelayan setempat. (4) Banyak turis domestik maupun mancanegara yang mengunjungi pantai-pantai yang ada di kabupaten ini hanya untuk menikmati keindahan panorama alamnya ataupun hendak berselancar.
Penjelasan :
Kalimat satu pada paragraf di atas merupakan kalimat utama yang mengandung ide pokok paragraf. Kalimat-kalimat lainnya semestinya berperan sebagai kalimat penjelas yang mendukung kalimat utama. Pada pragraf di atas kalimat yang tidak berkesinambungan dengan kailmat utama dan kalimat penjelas terdapat pada kalimat nomor 3 yakni “Ikan-ikan segar banyak terdapat di pasar ikan kota Krui yang didapatkan oleh para nelayan setempat.” Kalimat ini bertentangan dengan fokus masalah yang ada pada kalimat utama yakni yang membahas mengenai destinasi wisata kabupaten Pesisir Barat.
Contoh 4 :
(1) Di sekolah baruku terdapat bermacam-macam kegiatan ektrakurikuler. (2) Bagi murid yang menyukai kegiatan olah raga bisa memilih klub bulu tangkis, sepak bola, voli, basket, sepak takraw, dan masih banyak lagi. (3) Ada pula klub-klub musik seperti klub dangdut, rock, jaz, dan keroncong yang dapat dipilih berdasarkan selera musik masing-masing siswa. (4) Semua anggota klub sangat menyukai mie ayam kantin Pak Husein. (5) Di bidang olah raga bela diri sekolahku juga memfasilitasi berbagai jenis seni bela diri diantaranya ialah pencak silat, taekwondo, wushu, dan karate.(6) Selain itu ada juga klub jurnalistik, fotografer, pecinta film, dan masih banyak lagi.
Penjelasan :
Kalimat utama di atas ditunjukan pada kalimat pertama yakni “Di sekolah baruku terdapat bermacam-macam kegiatan ektrakulikuler”. Kalimat lainnya berkedudukan sebagai kalimat penjelas yang saling berkaitan dengan kalimat utama kecuali pada kalimat no 4 yakni “Semua anggota klub sangat menyukai mie ayam kantin Pak Husein.” Kalimat nomor empat tidak ada kaitannya sama sekali dengan ide pokok yang ada dalam paragraf tersebut.
PEMBAHASAN SOAL UN SMP TAHUN 2019 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
1. Makna Istilah pada Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/10/pembahasan-soal-un-smp-tahun-2019-mata.html
2. Pernyataan Sesuai Isi Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/10/kunci-jawaban-dan-pembahasan-soal-un.html
3. Bukti Latar Suasana Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/10/soal-un-bahasa-indonesia-smp-tahun-2019.html
4. Komentar Sesuai Isi teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/10/soal-dan-pembahasan-un-2019-smp-mata.html
5. Bukti Watak Tokoh Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/10/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia.html
6. Nilai Moral Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/11/contoh-soal-un-smp-menentukan-nilai.html
7. Makna Simbol dalam Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/11/pembahasan-soal-un-smpmts-bahasa.html
8. Melengkapi Teks Prosedur Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/11/pembahasan-soal-un-smp-mata-pelajaran.html
9. Urutan Petunjuk Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/11/pembahasan-soal-urutan-petunjuk-yang.html
10. Menyusun Teks Laporan Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/11/contoh-soal-menyusun-teks-laporan-dan.html
11. Pola Penyajian Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/11/soal-perbedaan-pola-penyajian-dua-teks.html
12. Perbandingan Penggunaan Bahasa Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/11/soal-membandingkan-penggunaan-bahasa.html
13. Melengkapi Kalimat dengan Istilah Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/11/soal-melengkapi-kalimat-dengan-istilah.html
14. Memvariasikan Kata Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/11/soal-memvariasikan-kata-dan-pembahasan.html
15. Memvariasikan Kalimat Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/11/soal-memvariasikan-kalimat-dan.html
16. Penggunaan Kata yang Salah Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/11/soal-penggunaan-kata-yang-tidak-tepat.html
17. Alasan Kalimat Tidak Efektif Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/11/contoh-soal-alasan-mengapa-kalimat.html
UNDUH SOAL UN 3 TAHUN TERAKHIR (2017, 2018, 2019) DAN PEMBAHASAN LENGKAP MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMP/MTs KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/10/soal-dan-pembahasan-un-3-tahun-terakhir.html