-->

Materi CONTOH MATERI PEMBELAJARAN FAKTA, KONSEP, PRINSIP, DAN PROSEDUR Yang Anda Cari

MATERI PENTING PENDIDIKAN SEKOLAH - Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Materi CONTOH MATERI PEMBELAJARAN FAKTA, KONSEP, PRINSIP, DAN PROSEDUR Yang Anda Cari, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Contoh Soal, Gaji Guru, Guru, pendidikan akhlak, pendidikan bahasa arab, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca. Materi CONTOH MATERI PEMBELAJARAN FAKTA, KONSEP, PRINSIP, DAN PROSEDUR Yang Anda Cari


CONTOH MATERI PEMBELAJARAN FAKTA, KONSEP, PRINSIP, DAN PROSEDUR
Oleh: Muh Zuhri, Guru SMA Negeri 2 Boyolali-081326446361

A. Pengertian dan Arti Penting Materi Pembelajaran
Materi pembelajaran (instructional materials) adalah bahan yang diperlukan untuk pembentukan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus dikuasai peserta didik dalam rangka memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan.
Materi Pembelajaran menempati posisi yang sangat penting dari keseluruhan kurikulum, yang harus dipersiapkan agar pelaksanaan pembelajaran dapat mencapai sasaran.
Materi yang dipilih untuk kegiatan pembelajaran hendaknya materi yang benar-benar menunjang tercapainya kompetensi inti dan kompetensi dasar.
B. Jenis-Jenis Materi Pembelajaran
1. Materi fakta : segala hal yang berwujud kenyataan dan kebenaran,  meliputi nama-nama objek, peristiwa sejarah, lambang, nama tempat, nama orang, nama bagian atau komponen suatu benda, dan sebagainya
Contoh : 
Mata pelajaran Sejarah : Peristiwa sekitar Proklamasi 17 Agustus 1945 dan pembentukan pemerintahan Indonesia.
2. Materi konsep : segala yang berwujud pengertian-pengertian baru yang bisa timbul sebagai hasil pemikiran, meliputi definisi, pengertian, ciri khusus, hakekat, inti /isi  dan sebagainya.
Contoh : 
Mata pelajaran Biologi : Hutan hujan tropis di Indonesia sebagai sumber plasma nutfah, Usaha-usaha pelestarian keanekargaman hayati Indonesia secara in-situ dan ex-situ.
3. Materi prinsip : berupa hal-hal utama, pokok, dan memiliki posisi terpenting, meliputi dalil, rumus, adagium, postulat, paradigma, teorema, serta hubungan antar konsep yang menggambarkan implikasi sebab akibat.
Contoh : 
Mata pelajaran Fisika : Hukum Newton  tentang gerak , Hukum 1 Newton , Hukum 2 Newton , Hukum 3 Newton , Gesekan statis dan Gesekan kinetis, dsb.
4. Materi Prosedur meliputi langkah-langkah secara sistematis atau berurutan dalam mengerjakan suatu aktivitas dan kronologi suatu system.
Contoh :
Mata pelajaran TIK : Langkah-langkah mengakses internet, trik dan strategi penggunaan web browser dan search engine, dsb.
C. Identifikasi Jenis-Jenis Materi Pembelajaran
1. Materi Pelajaran Fakta
Contoh:
Jenis-jenis binatang memamah biak, tanaman berbiji tunggal, nama-nama bulan dalam setahun, 
Kata Kunci:
Nama, Jenis, Jumlah, Tempat, Lambang
2. Materi Pembelajaran Konsep
Contoh:
Bujur sangkar adalah persegi panjang yang keempat sisinya sama panjang
Kata kunci:
Definisi, klasifikasi, Identifikasi, ciri-ciri, aksioma
3. Materi Pembelajaran Prinsip
Contoh:
Jika permintaan naik, sedangkan penawaran tetap, maka harga akan naik
Kata kunci:
Dalil, Rumus, Postulat, Hubungan sebab akibat, jika … maka….
4. Materi Pembelajaran Prosedur
Contoh:
Cara mengukur suhu badan menggunakan termometer
Kata kunci:
Langkah-langkah mengerjakan tugas secara urut/prosedural
D. Contoh Pengembangan Materi Pembelajaran dari Kompetensi Dasar
1. KD 3.10 Menganalisis komponen-komponen ekosistem dan interaksi antar komponen tersebut
Materi Pembelajaran (Mata Pelajaran Biologi)
·Fakta:
ØKomponen penyusun ekosistem.
ØKomponen-komponen pada daur biogeokimia yang berperan dalam membentuk
jaring-jaring makanan.
·Konsep:
ØHubungan antara komponen biotik dengan abiotik dan biotik dengan biotik lainnya/ Jenis-jenis interaksi yang terjadi dalam ekosistem
ØFaktor-faktor yang mempengaruhi keseimbangan ekosistem.
ØPeran mikroorganisme dalam berbagai daur Biogeokimia
·Prosedur
ØAliran energi dalam ekosistem.
ØDaur biogeokimia dalam ekosistem. 

2. KD 3.3 Mendeskripsikan sistem hukum dan peradilan di Indonesia sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (PPKn)
Materi Pembelajaran
• Faktual:
o sistem hukum dan peradilan di Indonesia diatur melalui Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan peraturan-peraturan lain yang terkait.
• Konseptual:
o Sistem hukum dan peradilan di Indonesia yang berazaskan Pancasila dan UndangUndang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
• Prosedural:
o Mekanisme penegakkan hukum dan peradilan di Indonesia 

3. KD 3.3 Menyusun sistem persamaan linear tiga variabel dari masalah kontekstual (Matematika) 
Materi Pembelajaran
·Fakta:
ØPersamaan dan Sistem Persamaan Linear
·Konsep:
ØPengertian persamaan dan sstem persamaan linier
ØSistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV)
·Prosedur:
ØHimpunan penyelesaian dari sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) meliputi
masalah kontekstual berkaitan dengan SPLTV dan model matematika dari permasalahan kontekstual terkait SPLTV.
Sumber
Panduan Model Pengembangan RPP oleh Direktorat Pembinaan SMA, Dirjen Dikdasmen, Kemdikbud, Tahun 2017
Sumber: https://ift.tt/2B9bsm0

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel