Materi UNDUH RPP KELAS X SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2019/2020 BAHASA INDONESIA SMA KURIKULUM 2013 TEKS ANEKDOT Yang Anda Cari
Selasa, 25 Juni 2019
Edit
MATERI PENTING PENDIDIKAN SEKOLAH - Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Materi UNDUH RPP KELAS X SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2019/2020 BAHASA INDONESIA SMA KURIKULUM 2013 TEKS ANEKDOT Yang Anda Cari, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan
Contoh Soal,
Gaji Guru,
Guru,
pendidikan akhlak,
pendidikan bahasa arab, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca. Materi UNDUH RPP KELAS X SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2019/2020 BAHASA INDONESIA SMA KURIKULUM 2013 TEKS ANEKDOT Yang Anda Cari
UNDUH FILE RPP TEKS ANEKDOT KD 3.6 DAN 4.6 KLIK https://drive.google.com/open?id=1dnlA2RKrkD3poj4mW_cHS-yAhLjwC2lZ
Sumber: https://ift.tt/2ZLiCqJ
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : X / 1 ( Ganjil)
Materi Pokok : Teks Anekdot
Alokasi Waktu : 8 x 45 menit
A. Kompetensi Inti .
1. . Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
- Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kopetensi
|
|
3.6 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks anekdot.
|
3.6.1 Mengidentifikasi struktur isi teks anekdot (abstrak, orientasi, krisis, respon, dan coda).
3.6.2 Menemukan ciri bahasa teks anekdot (pertanyaan retoris, proses material, dan konjungsi temporal).
3.6.3 Menjelaskan makna kata, istilah, dan ungkapan dalam teks anekdot.
|
|
4.6 Menciptakan kembali teks anekdot dengan memerhatikan struktur, dan kebahasaan baik lisan maupun tulis
|
4.6.1 Menyusun teks anekdot sesuai dengan struktur isi teks anekdot dan kebahasaan.
4.6.2 Mempresentasikan teks anekdot dengan intonasi dan ekspresi yang tepat serta saling memberikan komentar.
|
- Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatan pedagogik genre saintifik dan
CLIL dengan model pembelajaran discoveri peserta didik dapat mengidentifikasi struktur isi teks anekdot dan pola penyajian karakter unggul tokoh anekdot, menjelaskan makna kata istilah, dan ungkapan dalam teks anekdot dengan menggunakan teks narasi, menyusun teks anekdot dan mempresentasikannya dengan rasa ingin tahu, responsif dan tanggung jawab selama proses pembelajaran dan bersikap, jujur, percaya diri serta pantang menyerah.
D. Materi Pembelajaran
Teks anekdot
§ Ciri-ciri, pengertian anekdot dnegan
§ Struktur anekdot
§ makna kata, istilah, dan isi teks anekdot
§ isi anekdot
E. Pendekatan,Metode, dan Model Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Metode : Curah pendapat, diskusi, dan penugasan
3. Model : Discovery Learning ( pertemuan pertama)
Penugasan (pertemuan kedua)
F. Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1. Media :
§ Internet
§ Multimedia
2. Alat/bahan
§ LCD, laptop
§ Naskah Anekdot
G. Bahan dan Sumber Belajar
1. Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas X Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
2. Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas X Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
3. Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya.
|
H. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Pertemuan 1 (@4 ×45 menit)
Tahap
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Awal
|
1. Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan.
2. Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawab).
3. Peserta didik menyimak kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
4. Peserta didik mendiskusikan informasi dengan proaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5. Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipelajari, metode dan media, langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran
|
Religius
Rasa ingin tahu
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
|
1. Mengamati
a. membaca contoh teks anekdot
b. mencermati uraian yang berkaitan dengan unsur-unsur dan struktur teks anekdot (abstrak, orientasi, krisis, respon, coda)
c. membaca contoh teks anekdot yang lain
2. Menanya
Mempertanyakan unsur-unsur dan struktur teks anekdot (abstrak, orientasi, krisis, respon, coda)
3. Mengeksplorasi
Menemukan unsur-unsur dan struktur teks anekdot (abstrak, orientasi, krisis, respon, coda)
4. Mengasosiasi
mendiskusikan dan menyimpulkan hasil temuan terkait dengan unsur-unsur dan struktur teks (abstrak, orientasi, krisis, respon, coda)
5. Mengkomunikasikan
mengomunikasikan dan saling menilai kebenaran/ketepatan kesimpulan antarkelompok menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun
|
Literasi
Rasa ingin tahu
Kerja sama (Collaborative)
Berpikir kritis (Critical thinking)
Kreativitas (Creativity)
Komunikatif (Communicative)
|
150 menit
|
Kegiatan Penutup
|
Kegiatan guru bersama peserta didik
1. Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran.
2. Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
Kegiatan guru
1. Melakukan penilaian.
2. Memberikan tugas kepada peserta didik untuk banyak membaca teks ceramah lainnya.
3. Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.
4. Menutup kegiatan belajar mengajar.
|
Kreativitas (Creativity)
HOTS
|
15 menit
|
I. PENILAIAN
1) Jenis/teknik penilaian
a. Kompetensi sikap
b. Kompetensi Pengetahuan:
§ Tes tertulis
§ Tes lisan
c. Kompetensi Keterampilan:
§ Tes praktik,
§ Projek, dan
§ Portofolio.
2) Bentuk instrumen dan instrumen
3) Pedoman Penskoran
Boyolali, 29 Mei 2019
Mengetahui
Kepala SMA Negeri 2 Boyolali Guru Mata Pelajaran
Bambang Prihantoro, S.Pd., M.M. Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP 1970092619970021002 NIP 197207081998011001 UNDUH FILE RPP TEKS ANEKDOT KD 3.6 DAN 4.6 KLIK https://drive.google.com/open?id=1dnlA2RKrkD3poj4mW_cHS-yAhLjwC2lZ
BACA JUGA
1. Materi PEMBELAJARAN Teks Anekdot Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/11/materi-pembelajaran-teks-anekdot.html
2. Powerpoint Teks Anekdot Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/07/ppt-struktur-dan-kaidah-kebahasaan-teks_1.html
SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER 1 MATERI TEKS ANEKDOT KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/contoh-soal-penilaian-tengah-semester-1.html
SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER 1 MATERI TEKS ANEKDOT
SOAL UN TEKS ANEKDOT
Kunci Jawaban: C
Pembahasan
Teks anekdot merupakan sebuah karangan cerita atau kisah yang ditulis secara singkat, pendek dan lucu.
Pernyataan yang sesuai dengan isi teks di atas adalah Kepandaian pengemudi becak saat memberi alasan atas pertanyaan polisi (pilihan jawaban C).
Jawaban A kurang tepat karena pada teks diceritakan pengemudi masuk ke jalan yang dilarang/bukan berhenti. Jawaban B tidak tepat karena pengemudi becak menjawab pertanyaan dan tidak ada tindakan yang menunjukkan kebaikan hati. Jawaban D kurang tepat karena pengemudi teks tidak menunjukkan kemarahan. Jawaban E tidak tepat karena yang dikisahkan pada teks hanya seorang pengemudi becak/bukan beberapa pengemudi becak.