-->

Materi CONTOH INDIKATOR SOAL USBN TAHUN 2019 BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 SMA/MA Yang Anda Cari

MATERI PENTING PENDIDIKAN SEKOLAH - Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Materi CONTOH INDIKATOR SOAL USBN TAHUN 2019 BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 SMA/MA Yang Anda Cari, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Contoh Soal, Gaji Guru, Guru, pendidikan akhlak, pendidikan bahasa arab, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca. Materi CONTOH INDIKATOR SOAL USBN TAHUN 2019 BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 SMA/MA Yang Anda Cari


CONTOH INDIKATOR SOAL USBN TAHUN 2019 BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 SMA/MA

Contoh indikator soal berikut dikembangkan dari kisi-kisi USBN 2019 yang dikeluarkan oleh BSNP. Indikator soal berikut dapat digunakan sebagai salah satu dasar penyusunan soal USBN tahun 2019. Guru dapat mengembangkan indikator soal lain berdasarkan indikator materi pada kisi-kisi USBN tahun 2019 dari BSNP.

Baca Juga

A. LINGKUP MATERI MEMBACA TEKS NONSASTRA 
Teks yang digunakan:
Laporan hasil observasi, eksposisi, negosiasi, prosedur, eksplanasi, dan editorial, berita, iklan, cerita sejarah/cerita ulang, karya ilmiah, artikel, resensi, kritik dan esai, proposal, surat lamaran

1.  Disajikan teks berita, peserta didik dapat menentukan isi teks tersebut dengan tepat.
2.  Disajikan teks laporan hasil obeservasi, peserta didik dapat menentukan makna kata/istilah pada teks tersebut dengan tepat.
3. Disajikan teks negosiasi, peserta didik dapat menyimpulkan isi tersirat (kesepakatan) dalam teks tersebut dengan tepat (pusat).
4. Disajikan dua teks laporan hasil observasi, peserta didik menyimpulkan perbedaan isi kedua teks tersebut dengan tepat. 
5. Disajikan teks artikel, peserta didik dapat menentukan ide pokok teks tersebut dengan tepat.
6. Disajikan teks eksplanasi, peserta didik dapat menyimpulkan hubungan antarteks (sebab akibat) teks tersebut dengan tepat)
7. Disajikan teks cerita sejarah/cerita ulang, peserta didik dapat memprediksi berdasarkan isi teks dengan tepat.
8. Disajikan teks resensi, peserta didik dapat mengevaluasi isi teks tersebut dengan tepat.

B. LINGKUP MATERI MEMBACA TEKS SASTRA
Teks yang digunakan:  Anekdot, cerita pendek, novel sejarah, novel. cerita rakyat, hikayat, puisi, drama.
9. Disajikan pantun, peserta didik dapat menentukan isi pantun dengan tepat.
10. Disajikan kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan makna kata/ungkapan pada teks tersebut dengan tepat. 
11. Disajikan kutipan drama, peserta didik dapat menentukan isi tersirat (amanat) dalam teks tersebut dengan tepat.
12. Disajikan kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan isi tersirat (nilai moral) dalam teks tersebut dengan tepat
13. Disajikan dua cerita rakyat, peserta didik dapat menentukan perbedaan isi kedua teks tersebut dengan tepat.
14. Disajikan teks hikayat, peserta didik dapat mengaitkan isi teks dengan kehidupan saat ini dengan tepat.
15. Disajikan teks puisi, peserta didik dapat menilai keunggulan/kelemahan teks tersebut dengan tepat.
C. LINGKUP MATERI MENULIS TEKS NONSASTRA
Teks yang digunakan: Anekdot, cerita pendek, novel sejarah, novel, cerita rakyat, puisi, drama, hikayat.
16. Disajikan teks eksposisi, peserta didik dapat melengkapi teks tersebut dengan kata/istilah dengan tepat (pusat)
17. Disajikan teks artikel, peserta didik dapat melengkapi kalimat pada teks tersebut dengan tepat.
18. Disajikan teks eksplanasi, peserta didik dapat mengembangkan argumen berdasarkan pernyataan (tesis) dengan tepat (pusat).
19. Disajikan teks prosedur yang diacak urutan kalimatnya, peserta didik dapat mengurutkan kalimat menjadi paragraf yang padu pada teks tersebut.
20. Disajikan teks eksplanasi, peserta didik dapat melengkapi paragraf pada teks tersebut dengan tepat.
21. Disajikan teks artikel, peserta didik dapat memvariasikan kata/kalimat dengan tepat (pusat).
22. Disajikan teks iklan, peserta didik dapat mengubah menjadi teks berita dengan tepat.
Teks yang digunakan: Laporan hasil observasi, eksposisi, negosiasi, prosedur, biografi, eksplanasi, debat, editorial, berita, iklan, karya ilmiah, artikel, resensi, kritik dan esai, proposal, surat Lamaran pekerjaan.
D. MENULIS TEKS SASTRA
Teks yang digunakan: Anekdot, cerita pendek, novel sejarah, novel, cerita rakyat, puisi, drama, hikayat
23. Disajikan kutipan cerpen yang dirumpangkan, peserta didk dapat melengkapi teks tersebut dengan kata/ungkapan yang tepat.
24. Disajikan kutipan novel yang dirumpangkan , peserta didik melengkapi kutipan tersebut dengan kata kohesi yang tepat.
25. Disajikan kutipan puisi yang dirumpangkan , peserta didik dapat melengkapi puisi tersebut dengan kalimat majas yang tepat (pusat).
26. Disajikan kutipan drama yang dirumpangkan, peserta didik dapat melengkapi dialog dengan tepat.
27. Disajikan kutipan cerpen, peserta didik dapat mengubah teks cerpen tersebut ke bentuk teks drama dengan tepat. 
E. LINGKUP MATERI CIRI DAN STRUKTUR TEKS
Teks yang digunakan: Laporan hasil observasi, eksposisi, negosiasi, prosedur, eksplanasi, debat, editorial, anekdot, cerita pendek, novel sejarah, novel, biografi, proposal, karya ilmiah, resensi, surat lamaran pekerjaan, cerita sejarah, artikel, anekdot, puisi, hikayat cerita rakyat, ceramah, drama
28. Disajikan kutipan teks proposal, peserta didik dapat mengidentifikasi bagian struktur teks tersebut dengan tepat.
29. Disajikan struktur teks surat lamaran pekerjaan yang diacak,  peserta didk dapat mengurutkan struktur teks yang diacak tersebut dengan tepat.
30. Disajikan dua teks cerpen, peserta didik dapat menyimpulkan perbedaan pola penyajian kedua struktur teks tersebut dengan tepat (pusat)
31. Disajikan dua teks laporan hasil percobaan, peserta didik dapat menyimpulkan persamaan pola penyajian struktur kedua teks dengan tepat.
32. Disajikan teks anekdot, peserta didik dapat merinci struktur teks yang dibaca dengan tepat.
33. Disajikan teks eksplanasi, peserta didik dapat menilai kelengkapan struktur teks dengan menunjukkan bukti/ alasannya dengan tepat. 
F. LINGKUP MATERI KEBAHASAAN PADA TEKS
Teks yang digunakan: Laporan hasil observasi, eksposisi, negosiasi, prosedur, eksplanasi, editorial, anekdot, cerita pendek, novel sejarah, novel,biografi, proposal, karya ilmiah, resensi, surat lamaran pekerjaan, cerita sejarah, artikel, anekdot, puisi, hikayat cerita rakyat, ceramah, drama
34. Disajikan kutipan puisi, peserta didik dapat mengidentifikasi kalimat bermajas pada puisi tersebut dengan tepat.
35. Disajikan dua teks laporan hasil observasi, peserta didik dapat membandingkan penggunaan bahasa (pusat) pada kedua teks dengan tepat.
36. Disajikan teks ceramah, peserta didk dapat menyimpulkan kesalahan penggunaan kata dalam teks tersebut dengan tepat.
37. Disajikan teks artikel, peserta didik dapat menyimpulkan kesalahan kalimat (kalimat efektif, penggunaan konjungsi dalam/antarkalimat definisi, kalimat perintah) pada teks dengan tepat.
38. Disajikan teks karya ilmiah, peserta didik dapat menyimpulkan kesalahan ejaan pada teks dengan tepat.
39. Disajikan teks eksposisi, peserta didik memperbaiki kesalahan penggunaan kata/kalimat sesuai dengan kaidah kebahasaan (kalimat efektif, Penggunaan konjungsi, kalimat definisi, kalimat perintah) (pusat) dengan tepat.
40. Disajikan teks editorial, peserta didik dapat menilai ketepatan penggunaan kata/kalimat pada teks dengan tepat (pusat)
Teks yang digunakan: Laporan hasil observasi, eksposisi, negosiasi, prosedur, eksplanasi, editorial, anekdot, cerita pendek, novel sejarah, novel,biografi, proposal, karya ilmiah, resensi, surat lamaran pekerjaan, cerita sejarah, artikel, anekdot, puisi, hikayat cerita rakyat, ceramah, drama
Uraian
Teks yang digunakan: Laporan hasil observasi, eksposisi, negosiasi, prosedur, eksplanasi, editorial, anekdot, cerita pendek, novel sejarah, novel,biografi, proposal, karya ilmiah, resensi, surat lamaran pekerjaan, cerita sejarah, artikel, anekdot, puisi, hikayat cerita rakyat, ceramah, drama
41. Disajikan teks eksplanasi, peserta didik dapat menilai kelengkapan struktur teks dengan menunjukkan bukti/ alasannya dengan tepat.
42. Disajikan teks laporan hasil observasi, peserta didik dapat mengembangkan paragraf klasifikasi berdasarkan bagan/ kata kunci dengan tepat.
43. Disajikan kata-kata kunci, peserta didik dapat mengembangkan kata-kata kunci menjadi cerita 
44.Disajikan teks anekdot, peserta didik dapat menilai ketepatan bagian struktur teks dengan menunjukkan bukti/ alasannya dengan tepat.
45. Disajikan teks karya ilmiah yang didalamnya terdapat kalimat tidak efektif, peserta didik dapat memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat sesuai dengan kaidah kebahasaan dengan tepat
Catatan: Jenis teks pada stimulus soal dapat diganti denga jenis teks sesuai dengan jenis-jenis teks yang digunakan pada lingkup materi.
Soal Pusat 25 %

No.
Materi
Soal Pusat
Bentuk Soal
1.
Menyimpulkan isi tersirat dalam teks nonsastra
3
PG
2.
Menyimpulkan perbedaan isi kedua teks nonsastra
4
PG
3.
Melengkapi teks nonsastra dengan kata/istilah
16
PG
4.
Mengembangkan argumen berdasarkan pernyataan (tesis)
18
PG
5.
Memvariasikan kata/kalimat
21
PG
6.
Melengkapi kalimat pada teks nonsastra
25
PG
7.
Menyimpulkan perbedaan pola penyajian struktur teks
30
PG
8.
Membandingkan penggunaan bahasa
35
PG
9.
Memperbaiki kesalahan penggunaan kata/kalimat sesuai dengan kaidah kebahasaan
39
PG
10.
Menilai ketepatan penggunaan kata/kalimat
40
PG
11.
Menilai kelengkapan struktur teks dengan menunjukkan bukti/ alasannya
41
Uraian



Sumber: http://bit.ly/2Msb8Ud

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel