Materi RPP TEKS RESENSI KELAS XI SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Yang Anda Cari
Minggu, 23 Desember 2018
Edit
MATERI PENTING PENDIDIKAN SEKOLAH - Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Materi RPP TEKS RESENSI KELAS XI SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Yang Anda Cari, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan
Contoh Soal,
Gaji Guru,
Guru,
pendidikan akhlak,
pendidikan bahasa arab, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca. Materi RPP TEKS RESENSI KELAS XI SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Yang Anda Cari
Sumber: http://bit.ly/2PY5Hwr
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMA Negeri ………..
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia
|
Kelas/Semester
|
:
|
XI / Genap
|
Tahun Pelajaran
|
:
|
2018 / 2019
|
Materi Pokok
|
:
|
Resensi
|
Alokasi Waktu
|
:
|
3 Minggu x 4 Jam pelajaran @ 45 Menit
|
A. Kompetensi Inti
· KI-1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
· KI-2:Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
· KI 3:Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
· KI4:Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Indikator
Kompetensi Dasar Pengetahuan
|
Kompetensi Dasar Keterampilan
|
3.16. Membandingkan isi berbagai resensi untuk menemukan sistematika sebuah resensi
|
4.16. Menyusun sebuah resensi dengan memerhatikan hasil perbandingan beberapa teks resensi
|
IPK Pengetahuan
|
IPK Keterampilan
|
3.16.1. Menentukan persamaan dan perbedaan isi dan sistematika beberapa resensi.
3.16.2. Menyusun sebuah resensi buku dengan memperhatikan kelengkapan unsur-unsurnya.
|
4.16.1. Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi resensi hasil kerja dalam diskusi kelas.
|
Kompetensi Dasar Pengetahuan
|
Kompetensi Dasar Keterampilan
|
3.17. Menganalisis kebahasaan resensi setidaknya dua karya yang berbeda
|
4.17. Mengkonstruksi sebuah resensi dari buku kumpulan cerita pendek atau novel yang sudah dibaca
|
IPK Pengetahuan
|
IPK Keterampilan
|
3.17.1. Mengidentifikasi kebahasaan resensi
3.17.2. Mengonstruksi sebuah resensi dari buku kumpulan cerpen atau novel.
|
4.17.1. Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi resensi hasil kerja dalam diskusi kelas.
|
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui pendekatan saintifik dengan menggunakan model pembelajaran sintesis pedagoge genre, problem based learning dan CLIL, peserta didik dapat menentukan persamaan dan perbedaan isi dan sistematika beberapa resensi, mengidentifikasi kebahasaan resensi
mengonstruksi sebuah resensi dari buku kumpulan cerpen atau novel, menyusun sebuah resensi buku, dengan memperhatikan kelengkapan unsur-unsurnya, mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi resensi hasil kerja dalam diskusi kelas dengan rasa syukur, ingin tahu, kerja keras, tanggung jawab, bersikap bersahabat/ komunikatif, serta dapat bekerja sama.
D. Materi Pembelajaran
Fakta
Topik : Resensi
· Isi Resesnsi
Konsep
Unsur Kebahasaan
· Kebahasaan dalam resensi
Prinsip
Fungsi Sosial
· Unsur-unsur resensi
Prosedur
Sturktur
· Sistematika resensi
· Membuat resensi
· merekonstruksi resensi.
E. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific Learning
Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan) dan Problem
Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah )/ projek
F. Media Pembelajaran
Media/Alat:
Ø Worksheet atau lembar kerja (siswa)
Ø Lembar penilaian
Ø Penggaris, spidol, papan tulis
Ø Laptop & infocus
Ø Audio: kaset dan CD.
Ø Audio-cetak: kaset atau CD audio yang dilengkapi dengan teks.
Ø Proyeksi visual diam: OUT dan film bingkai.
Ø Proyeksi audio visual: film dan bingkai (slide) bersuara.
Ø Audio visual gerak: VCD, DVD, dan W.
Ø Visual gerak: film bisu.
Ø Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen.
Ø Komputer.
Ø Cetak: buku, modul, brosur, leaflet, dan gambar.
Bahan :
Ø Spidol / kapur berwarna
G. Sumber Belajar
1. Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
2. Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
3. Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
H. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke – 1 Materi : Resensi
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Pertemuan Ke – 2 Materi : Resensi
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Pertemuan Ke – 3 Materi : Resensi
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Pertemuan Ke – 4 Materi : Resensi
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Pertemuan Ke – 5 Materi : Resensi
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Pertemuan Ke – 6 Materi : Resensi
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
I. Penilaian
Sikap
Jurnal
LEMBAR PENILAIAN SIKAP - JURNAL
Nama Siswa : ………………..
Kelas : ………………
No.
|
Hari/Tanggal
|
Sikap/Perilaku
|
Ket.
|
|
Positif
|
Negatif
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kesimpulan :
……………………………………………………………………………………………………………
Penilaian Sikap - Jurnal
|
||||||||||||
Nama Peserta Didik : …………...........................................……..
Kelas : …………...........................................……..
Aspek yang diamati : …………...........................................……..
Nilai jurnal menggunakan skala Sangat Baik (SB)= 100, Baik (B) = 75, Cukup (C) = 50, dan Kurang (K) = 25
|
Pengetahuan
- Tertulis Pilihan Ganda (lihat lampiran)
- Tertulis Uraian(lihat lampiran)
- Tes Lisan / Observasi terhadap Diskusi Tanya Jawab dan Percakapan
Praktek Monolog atau Dialog
Penilaian Aspek Percakapan
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Skala
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
|||
25
|
50
|
75
|
100
|
|||||
1
|
Intonasi
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Pelafalan
|
|
|
|
|
|||
3
|
Kelancaran
|
|
|
|
|
|||
4
|
Ekspresi
|
|
|
|
|
|||
5
|
Penampilan
|
|
|
|
|
|||
6
|
Gestur
|
|
|
|
|
- Penugasan(lihat lampiran)
Tugas Rumah
a) Peserta didik menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku peserta didik
b) Peserta didik memnta tanda tangan orangtua sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan tugas rumah dengan baik
c) Peserta didik mengumpulkan jawaban dari tugas rumah yang telah dikerjakan untuk mendapatkan penilaian
Keterampilan
- Penilaian Unjuk Kerja
Contoh instrumen penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada instrumen penilaian ujian keterampilan berbicara sebagai berikut:
Instrumen Penilaian
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Sangat
Baik
(100)
|
Baik
(75)
|
Kurang
Baik
(50)
|
Tidak
Baik
(25)
|
1
|
Kesesuaian respon dengan pertanyaan
|
|
|
|
|
2
|
Keserasian pemilihan kata
|
|
|
|
|
3
|
Kesesuaian penggunaan tata bahasa
|
|
|
|
|
4
|
Pelafalan
|
|
|
|
|
Kriteria penilaian (skor)
100 = Sangat Baik 50 = Kurang Baik
75 = Baik 25 = Tidak Baik
Cara mencari nilai (N) = Jumalah skor yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal (100)
Instrumen Penilaian Diskusi
No
|
Aspek yang Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
Penguasaan materi diskusi
|
|
|
|
|
2
|
Kemampuan menjawab pertanyaan
|
|
|
|
|
3
|
Kemampuan mengolah kata
|
|
|
|
|
4
|
Kemampuan menyelesaikan masalah
|
|
|
|
|
Keterangan :
100 = Sangat Baik 50 = Kurang Baik
75 = Baik 25 = Tidak Baik
- Penilaian Proyek(lihat lampiran)
Membuat denah sekolah, jadwal kegiatan sekolah, dll
- Penilaian Produk(lihat lampiran)
- Penilaian Portofolio
Kumpulan semua tugas yang sudah dikerjakan peserta didik, seperti catatan, PR, dll
Instrumen Penilain
No
|
Aspek yang Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
Mengetahui, ………., …………
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
…………….. ……………………………