Materi BEDAH KISI-KISI UN 2019 SMP/MTs MAPEL BAHASA INDONESIA: PENGEMBANGAN INDIKATOR SOAL UN 2019, CONTOH SOAL, DAN PEMBAHASAN Yang Anda Cari
Minggu, 02 Desember 2018
Edit
MATERI PENTING PENDIDIKAN SEKOLAH - Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Materi BEDAH KISI-KISI UN 2019 SMP/MTs MAPEL BAHASA INDONESIA: PENGEMBANGAN INDIKATOR SOAL UN 2019, CONTOH SOAL, DAN PEMBAHASAN Yang Anda Cari, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan
Contoh Soal,
Gaji Guru,
Guru,
pendidikan akhlak,
pendidikan bahasa arab, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca. Materi BEDAH KISI-KISI UN 2019 SMP/MTs MAPEL BAHASA INDONESIA: PENGEMBANGAN INDIKATOR SOAL UN 2019, CONTOH SOAL, DAN PEMBAHASAN Yang Anda Cari
Sumber: https://ift.tt/2QxCfSm
BEDAH KISI-KISI UN 2019 SMP/MTs MAPEL BAHASA INDONESIA: PENGEMBANGAN INDIKATOR SOAL UN 2019, CONTOH SOAL, DAN PEMBAHASAN
Berikut disajikan bedah kisi-kisi ujian nasional (UN) tahun 2019 SMP/MTs mata pelajaran Bahasa Indonesia berupa pengembangan indikator soal, contoh soal, dan pembahasan yang dikembangkan dari KISI-KISI UN 2019 SMP/MTs berdasarkan Keputusan Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor: 0296/SKEP/BSNP/XI/2018 Tentang Kisi-Kisi Soal Ujian Nasional untuk Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah
BEDAH KISI-KISI UN 2019 SMP/MTs MAPEL BAHASA INDONESIA: PENGEMBANGAN INDIKATOR SOAL UN 2019, CONTOH SOAL, DAN PEMBAHASAN
Indikator Materi
|
Indikator Soal
|
No.
|
Menentukan makna kata/kalimat pada teks
|
Disajikan kalimat, peserta didik mampu menentukan makna kata/istilah dalam kalimat dengan tepat.
|
1
|
Disajikan paragraf yang terdiri beberapa kalimat yang diberi nomor, peserta didik mampu menentukan maksud kalimat tertentu pada paragraf dengan tepat.
|
2
|
|
Menentukan informasi tersurat teks
|
Disajikan sebuah teks hasil observasi (2 paragraf), peserta didik dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi teks dengan tepat.
|
3
|
Disajikan sebuah teks hasil observasi (2 paragraf), peserta didik dapat menetukan jawaban pertanyaan tentang isi teks tersebut dengan tepat.
|
4
|
|
Disaiikan teks cerita biografi (2-3 paragraf) peserta didik dapat menentukan keistimewaan tokoh pada teks tersebut dengan tepat.
|
5
|
|
Disaiikan teks cerita biografi (2-3 paragraf) peserta didik dapat menentukan sikap/tindakan tokoh yang patut diteladani pada teks tersebut dengan tepat.
|
6
|
|
Disajikan teks eksplanasi (1-2 paragraf), peserta didik dapat menentukan jawaban atas pertanyaan tentang peristiwa pada teks tersebut dengan tepat.
|
7
|
|
Menentukan bagian teks
|
Disajikan teks yang terdiri 4-5 kalimat, peserta didik dapat menentukan kalimat yang menyatakan pertentangan dengan tepat.
|
8
|
Menentukan ide pokok
|
Disajikan teks eksposisi terdiri 4-5 kalimat, peserta didik dapat menentukan gagasan utama teks tersebut dengan tepat.
|
9
|
Disajikan teks hasil observasi terdiri 4-5 kalimat , peserta didik dapat ide pokok paragraf tersebut dengan tepat.
|
10
|
|
Disajikan teks eksposisi yang terdiri 4-5 kalimat, peserta didik dapat menentukan menentukan kalimat utama teks tersebut dengan tepat.
|
11
|
|
Menyimpulkan isi teks
|
Disajikan teks cerita yang terdiri 5-6 kalimat, peserta didik dapat menentukan simpulan isi paragraf dengan tepat.
|
12
|
Menyimpulkan pendapat pro/kontra dalam teks
|
Disaiikan teks cerita biografi (2-3 paragraf) peserta didik dapat menentukan pandangan penulis pada teks tersebut dengan tepat.
|
13
|
Disajikan teks eksplanasi (2-3 paragraf), peserta didik dapat menentukan pernyataan persetujuan paada paragraf kedua teks tersebut dengan tepat.
|
14
|
|
Disajikan teks diskusi (2 paragraf), peserta didik dapat menentukan pernyataan yang merupakan argumen pendukung dengan tepat.
|
15
|
|
Meringkas isi teks
|
Disajikan teks eksposisi (2 paragraf), peserta didik dapat menentukan ringkasan teks tersebut dengan tepat.
|
16
|
Disajikan teks diskusi (2 paragraf), peserta didik dapat menentukan ringkasan yang tepat teks tersebut.
|
17
|
|
Membandingkan penggunaan bahasa, dan pola penyajian beberapa jenis teks
|
Disajikan dua buah teks, peserta didik mampu membandingkan penggunaan bahasa kedua teks dengan tepat.
|
18
|
Disajikan dua buah teks (teks berita dan teks ulasan/resensi), peserta didik mampu membandingkan pola penyajian kedua teks dengan tepat.
|
19
|
|
Menilai keunggulan/kelemahan teks
|
Disajikan teks cerita biografi (1-2 paragraf), peserta didik dapat menentukan bagian yang merupakan kelemahan/keunggulan teks tersebut dengan tepat.
|
20
|
Mengomentari isi teks
|
Disajikan penggalan teks, peserta didik mampu mengomentari isi teks dengan tepat.
|
21
|
Menentukan makna kata dalam cerpen dan fabel
|
Disajikan puisi, peserta didik mampu mengartikan kata simbolik pada cerpen/fabel dengan tepat.
|
22
|
Disajikan kutipan cerpen, peserta didik dapat menentukan makna ungkapan dalam kutipan tersebut dengan tepat
|
23
|
|
menentukan makna tersurat dalam cerpen dan fabel
|
Disajikan teks cerita moral/fabel (2-3 paragraf), peserta didik dapat menentukan tokoh utama pada teks tersebut dengan tepat.
|
24
|
Disajikan teks cerita moral/fabel (2-3 paragraf), peserta didik dapat menentukan pemanfaatan yang merupakan interpretasi pada teks tersebut dengan tepat.
|
25
|
|
Disajikan kutipan dialog teks drama, peserta didik dapat menentukan pernyataan yang merupakan isi dialog salah satu tokoh pada kutipan dengan tepat.
|
26
|
|
menentukan bagian cerpen dan fabel
|
Disajikan teks cerpen dan fabel (2-3 paragraf), peserta didik dapat menentukan peristiwa yang dialami tokoh dengan tepat.
|
27
|
Disajikan teks cerita moral/fabel (2-3 paragraf), peserta didik dapat menentukan bagian komplikasi teks tersebut dengan tepat.
|
28
|
|
Disajikan teks cerita pendek, peserta didik dapat menentukan latar (tempat, waktu, suasana) cerita pendek pada kutipan dengan tepat.
|
29
|
|
Disajikan teks cerita pendek, peserta didik dapat menentukan cara pengarang menggambarkan watak tokoh pada kutipan cerpen tersebut dengan tepat.
|
30
|
|
Menyimpulkan makna simbol dalam cerpen dan fabel
|
Disajikan kutipan cerpen, peserta didik mampu menentukan makna simbol dalam kutipan dengan dengan tepat.
|
31
|
menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/fabel
|
Disajikan teks cerita moral/fabel (2-3 paragraf), peserta didik dapat menentukan nilai moral yang terdapat pada teks tersebut dengan tepat.
|
32
|
Disajikan teks cerita moral/fabel (2-3 paragraf), peserta didik dapat menentukan amanat cerita teks tersebut dengan tepat.
|
33
|
|
Menyimpulkan sebab/akibat konflik
|
Disajikan teks cerita pendek(2-3 paragraf), peserta didik dapat menentukan konflik cerita pada teks tersebut dengan tepat.
|
34
|
Disajikan teks cerita pendek(2-3 paragraf), peserta didik dapat menentukan sebab konflik cerita pada teks tersebut dengan tepat.
|
35
|
|
Disajikan teks cerita pendek(2-3 paragraf), peserta didik dapat menentukan akibat konflik cerita pada teks tersebut dengan tepat .
|
36
|
|
Membandingkan pola pengembangan cerpen dan fabel
|
Disajikan dua kutipan teks sastra sejenis (fabel), peserta didik Menentukan perbedaan pola pengembangan dua kutipan fabel tersebut dengan tepat.
|
37
|
Membandingkan penggunaan bahasa cerpen/fabel
|
Disajikan dua kutipan cerpen, peserta didik dapat menentukan perbedaan penggunaan bahasa pada dua kutipan cerpen dengan tepat.
|
38
|
menunjukkan bukti latar dan watak
|
Disajikan teks cerita pendek(2-3 paragraf), peserta didik dapat menentukan bukti watak tokoh yang terdapat pada teks tersebut dengan tepat.
|
39
|
Disajikan penggalan cerita, peserta didik mampu menunjukkan kalimat bukti tentang seting/latar cerita dengan tepat.
|
40
|
|
Mengaitkan isi dengan kehidupan saat ini
|
Disajikan penggalan fabel, peserta didik mampu mengaitkan isi fabel kehidupan masa kini dengan tepat.
|
41
|
Disajikan penggalan cerpen, peserta didik mampu mengaitkan isi cerpen dengan kehidupan masa kini dengan tepat.
|
42
|
|
mengomentari unsur intrinsik karya sastra
|
Disajikan penggalan fabel/ cerpen, peserta didik mampu menunjukkan keunggulan cerita dengan tepat.
|
43
|
Disajikan penggalan fabel/cerpen , peserta didik mampu menunjukkan kelemahan cerita dengan tepat.
|
44
|
|
melengkapi istilah/kata dalam kalimat
|
Disajikan kalimat yang dirumpangkan, peserta didik dapat menentukan kata depan (di, ke, dari) untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut dengan tepat.
|
45
|
Disajikan kalimat yang dirumpangkan, peserta didik dapat menentukan kata seru yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut dengan tepat.
|
46
|
|
menyusun urutan kalimat berbagai jenis teks
|
Disajikan lima kalimat eksposisi secara acak, peserta didik mampu mengurutkan kalimat sehingga tersusun paragraf eksposisi dengan tepat.
|
47
|
Disajikan lima kalimat prosedur secara acak, peserta didik mampu mengurutkan kalimat sehingga tersusun teks prosedur dengan tepat.
|
48
|
|
Disajikan lima kalimat laporan secara acak, peserta didik mampu mengurutkan kalimat sehingga tersusun teks laporan dengan tepat.
|
49
|
|
melengkapi paragraf dengan kalimat
|
Disajikan penggalan paragraf yang dirumpangkan, peserta didik mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan kalimat yang tepat.
|
50
|
melengkapi bagian teks (eksposisi, deskripsi, ulasan, dan lain-lain)
|
Disajikan penggalan teks yang dirumpangkan, peserta didik mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan bagian teks yang tepat.
|
51
|
Memvariasikan kata
|
Disajikan sebuah paragraf dengan dua kata bercetak miring, peserta didik dapat memvariasikan kata yang bermakna sama pada kata bercetak miring dengan tepat.
|
52
|
Memvariasikan kalimat
|
Disajikan sebuah paragraf dengan kalimat bernomor, peserta didik dapat memvariasikan kalimat yang bertujuan/bermakna sama dengan kalimat bernomor tertentu dengan tepat.
|
53
|
menulis dengan ilustrasi tertentu
|
Disajikan ilustrasi/data dalam bentuk tabel, peserta didik dapat menentukan paragraf yang tepat berdasarkan data hasil pengamatan suatu objek dengan tepat.
|
54
|
Mengubah teks ke bentuk lain
|
Disajikan kutipan cerpen, peserta didik dapat mengubah kutipan cerpen dengan sudut pandang pengarang berbeda (orang pertama ke orang ketiga atau sebaliknya) dengan tepat.
|
55
|
Disajikan kutipan teks drama, peserta didik dapat menentukan cerpen yang tepat sesuai dengan kutipan naskah drama dengan tepat.
|
56
|
|
menunjukkan kata yang tidak sesuai kaidah
|
Disajikan paragraf dengan dua kata yang digunakan secara tidak tepat, peserta didik mampu mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata/istilah dalam paragraf dengan tepat.
|
57
|
menunjukkan kalimat yang tidak sesuai kaidah
|
Disajikan empat kalimat bernomor yang salah satunya kalimat tidak efektif, peserta didik mampu mengidentifikasi kalimat yang tidak efektif dengan tepat.
|
58
|
menggunakan kata bentukan sesuai dengan kaidah
|
Diajikan kalimat yang dirumpangkan, peserta didik mampu mengisi bagian rumpang dengan kata bentukan (kata berimbuhan) dengan tepat.
|
59
|
menggunakan konjungsi dalam kalimat
|
Disajikan kalimat yang dirumpangkan, peserta didik mampu mengisi bagian rumpang dengan kata penghubung dengan tepat.
|
60
|
Memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
|
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan kata berimbuhan, peserta didik dapat menentukan perbaikan kesalahan penggunaan kata berimbuhan dengan tepat.
|
61
|
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan kata gabung/kata ulang, peserta didik dapat menentukan perbaikan kesalahan penggunaan kata gabung/kata ulang dengan tepat.
|
62
|
|
Disajikan paragraf yang terdapat kalimat tidak efektif, peserta didik mampu menentukan perbaikan kalimat dengan tepat.
|
63
|
|
Disajikan teks eksplanasi (1 paragraf) yang terdapat kalimat tidak padu, peserta didik dapat menentukan perbaikan kalimat tersebut dengan tepat .
|
64
|
|
Menentukan alasan kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
|
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan kata, peserta didik mampu menentukan alasan kesalahan dari segi pilihan kata dengan tepat.
|
65
|
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan kalimat, peserta didik mampu menentukan alasan kesalahan dari segi penggunaan kalimat dengan tepat.
|
66
|
|
Menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan
|
Disajikan paragraf yang terdapat penggunaan kata depan, peserta didik mampu mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata depan dengan tepat.
|
67
|
Menunjukkan kesalahan penggunaan tanda baca
|
Disajikan paragraf yang terdapat penulisan tanda baca tanya, peserta didik mampu mengidentifikasi kesalahan penulisan tanda baca tanya dengan tepat.
|
68
|
Menggunakan ejaan
|
Disajikan paragraf terdapat penggunaan kata depan, peserta didik mampu menggunakan kata depan dengan tepat.
|
69
|
Menggunakan tanda baca
|
Disajikan paragraf yang terdapat penggunaan tanda titik dua, peserta didik mampu menggunakan tanda titik dua dengan tepat.
|
70
|
Memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
|
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan kata/gabungan kata, peserta didik mampu menentukan perbaikan kata/gabungan kata dengan tepat.
|
71
|
Disajikan teks tanggapan deskriptif (1 paragraf) yang terdapat kesalahan penggunaan huruf kapital, peserta didik dapat menentukan perbaikannya dengan tepat.
|
72
|
|
Memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca
|
Disajikan teks cerita biografi yang terdapat kesalahan penggunaan tanda baca (1 paragraf), peserta didik dapat menentukan perbaikannya dengan tepat.
|
73
|
Menentukan alasan kesalahan ejaan dan tanda baca
|
Disajikan teks tanggapan yang terdapat kesalahan penggunaan huruf kapital peserta didik mampu menentukan alasan kesalahan dengan tepat.
|
74
|
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan tanda koma, peserta didik mampu menentukan alasan kesalahan dengan tepat.
|
75
|
CATATAN: SOAL UN SEBANYAK 50 SOAL.
RINGKASAN MATERI, SOAL DAN PEMBAHASAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
BACA DI BLOG: ZUHRI INDONESIA
- Pertanyaan yang jawabannya ada pada teks
- Pernyataan yang sesuai dengan isi teks
- Makna kata dalam teks
- Ide pokok paragraf
- Kalimat utama paragraf
- Simpulan paragraf
- Kalimat persetujuan dalam teks
- Kalimat hubungan sebab akibat
- Kalimat yang menunjukkan (bukti) watak tokoh cerita
- Konflik dalam cerita
- Amanat cerita
- Kalimat yang tidak padu dalam teks
- Peristiwa yang tergambar dalam teks
- Teks laporan
- Urutan kalimat teks sastra
- Mengubah teks ke bentuk teks lain
- Perbaikan penulisan ejaan
- Perbaikan kalimat (kalimat efektif)
- Ringkasan teks
- Tokoh utama cerita
- Konflik, penyebab konflik, dan akibat konflik
- Amanat tersirat dan tersurat dalam cerita
- Kalimat yang menyatakan keunngulan buku
- Struktur teks resensi
- Pendapat pro dan kontra
- Jenis-jenis teks prosedur
- Melengkapi teks prosedur
- Menyunting teks prosedur
- Keistimewaan tokoh dalam teks biografi
- Keteladanan tokoh dalam teks biografi
- Fakta dan opini dalam teks biografi
- Membandingkan nilai moral dua teks fabel
- Membandingkan penggunaan bahasa dua teks fabel
- Bagian-bagian teks ulasan film/drama
- Cara memvariasikan kalimat
- Pemakaian tanda titik dua (:) dan koma (,)
- Makna simbol dalam cerpen
- Menentukan bagian alur cerpen
- Syarat-syarat paragraf yang baik
- Melengkapi kalimat dengan istilah yang tepat
- Melengkapi kalimat dengan kata bentukan
42.Menentukan makna istilah/kata dalam kalimat
- Melengkapi kalimat dengan kata penghubung
- Kalimat tidak efektif
- Alasan penggunaan kata yang salah
- Penulisan huruf kapital
- Penggunaan ejaan yang tidak tepat
- Kesalahan penggunaan tanda baca
- Penggunaan ejaan yang tepat
- Alasan ketidaktepatan penggunaan tanda baca