-->

Materi MENGAPA HOTS? Yang Anda Cari

MATERI PENTING PENDIDIKAN SEKOLAH - Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Materi MENGAPA HOTS? Yang Anda Cari, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Contoh Soal, Gaji Guru, Guru, pendidikan akhlak, pendidikan bahasa arab, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca. Materi MENGAPA HOTS? Yang Anda Cari




MENGAPA HOTS?
Berikut disajikan empat alasan mengapa guru harus mengembangkan pembelajaran berorientasi HOTS, menyusun soal HOTS, dan membiasakan peserta didik menyelesaikan soal-soal HOTS.

1.       Hasil Tes PISA Indonesia Hasil Implementasi Kurikulum 2013

2.       Tantangan Abad ke-21

3.     Pandangan Berbagai Pihak tentang Implementasi Kurikulum 2013

3.       Keselarasan Kurikulum

Penjelasan

1. Hasil Tes PISA Indonesia 
Berdasarkan hasil studi internasional Programme for International Student Assessment (PISA) menunjukkan prestasi literasi membaca (reading literacy), literasi matematika (mathematical literacy), dan literasi sains (scientific literacy) yang dicapai peserta didik Indonesia sangat rendah.

Pada umumnya kemampuan peserta didik Indonesia sangat rendah dalam: (1) memahami informasi yang kompleks; (2) teori, analisis, dan pemecahan masalah; (3) pemakaian alat, prosedur dan pemecahan masalah; dan (4) melakukan investigasi.



Apa itu PISA?

PISA (the Program for International Student Assessment) adalah ujian di seluruh dunia yang diselenggarakan setiap tiga tahun sekali untuk mengukur kecerdasan pelajar sekolah berusia 15 tahun di 70-an negara.
Sekitar 540.000 siswa dari seluruh dunia termasuk dari Indonesia mengikuti ujian yang di selenggarakan oleh The Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) pada tahun 2015. https://www.kaskus.co.id/thread/5a156d3fdad770ec548b456c/daftar-ranking-matematika-dan-sains-sedunia-indonesia-peringkat-62/ 
Mengapa Singapura begitu sukses di bidang Pendidikan?
Dari negeri termiskin di dunia di tahun 1965, dengan perpaduan etnis, agama dan bahasa, Singapura telah mengalahkan negara-negara terkaya di Eropa, Amerika Utara dan Asia untuk menjadi nomor satu dalam dunia pendidikan. 
Prof Sing Kong Lee, wakil presiden Nanyang Technological University, mengatakan bahwa faktor kuncinya adalah standar pengajaran.
"Singapura banyak berinvestasi dalam kualitas pengajaran - untuk meningkatkan prestise dan status pengajaran dan untuk menghasilkan lulusan terbaik," kata Prof Lee.

2. Pandangan Berbagai Pihak tentang Implementasi Kurikulum 2013
a.       proses pembelajaran masih dominan dikuasai oleh guru,

b.      pelaksanaan pembelajaran masih satu arah,

c.       model pembelajaran monoton,

d.      ruang bagi peserta didik untuk membangun 4 C masih minim,

e.      sajian soal-soal HOTS masih terbatas sehingga pembiasaan peserta didik untuk menyelesaikan soal-soal HOTS masih minim,

f.        fasilitasi kepala sekolah bagi guru untuk menjalankan pembelajaran dan penilaian masih terbatas,

g.       pada berbagai kasus adanya ketidak selarasan pemahaman dan penguasaan kebijakan dan konsep pembelajaran dan penilaian antara pengawas, kepala sekolah dan guru.

3. Kecakapan yang Diperlukan untuk Menghadapi Fenomena Pergeseran pada Abad-21



4. Keselarasan Kurikulum (Curriculum Alignment)

Adanya KECOCOKAN (MATCH) antara:

a.       Apa yang diharapkan dalam kurikulum (kompetensi)

b.      Apa yang dipelajari siswa; dan

c.       Apa yang kita nilai.







Sumber: https://ift.tt/2Rf00Ml

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel