Materi PEMBAHASAN SOAL UN BAHASA INDONESIA SMA/MA TAHUN PELAJARAN 2017/2018 NOMOR 16: TUJUAN PENULIS PARAGRAF Yang Anda Cari
Senin, 27 Agustus 2018
Edit
MATERI PENTING PENDIDIKAN SEKOLAH - Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Materi PEMBAHASAN SOAL UN BAHASA INDONESIA SMA/MA TAHUN PELAJARAN 2017/2018 NOMOR 16: TUJUAN PENULIS PARAGRAF Yang Anda Cari, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan
Contoh Soal,
Gaji Guru,
Guru,
pendidikan akhlak,
pendidikan bahasa arab, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca. Materi PEMBAHASAN SOAL UN BAHASA INDONESIA SMA/MA TAHUN PELAJARAN 2017/2018 NOMOR 16: TUJUAN PENULIS PARAGRAF Yang Anda Cari
Sumber: https://ift.tt/2BUuS1g
Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 15 s.d. 17!
(1) Udara yang dihirup makhluk hidup mempunyai kadar oksigen 21 persen. (2) kadar tersebut harus tetap terpelihara. (3) Namun setiap tahun, dunia industri akan menghabiskan kira-kira 41 persen oksigen untuk menggerakan roda perindustriannya. (4) kalau dituliskan dalam bilangan nyata, oksigen dihabiskan oleh industri kurang lebih 400 ton setiap menit yang akan diambil dari udara tanpa pengembalian. (5) meskipun bilangan itu cukup besar, keadaan itu belum sampai membuat kita sesak nafas.
16. Tujuan penulisan paragraf tersebut adalah . . .
A. Mengimbau agar perindustrian menjaga keseimbangan penggunaan oksigen.
B. Menggambarkan betapa besar penggunaan oksigen oleh industri.
C. Menginformasikan kebutuhan jumlah oksigen yang oleh perindustrian.
D. Mengingatkan perindustrian agar menghemat oksigen.
E. Menginformsikan bahwa perindustrian telah boros dalam penggunaan oksigen.
Kunci Jawaban: A
Tujuan penulis teks dapat disimpulkan dari isi teks. Tujuan penulisan paragraf tersebut adalah mengimbau agar perindustrian menjaga keseimbangan penggunaan oksigen. Kalimat yang berisi imbauan adalah kalimat nomor (2) kadar tersebut harus tetap terpelihara.
RINGKASAN MATERI
TUJUAN PENULISAN TEKS
Tujuan penulis pada suatu teks dapat disimpulkan dari jenis teks (genre) dan fungsi teks. Berikut ini disajikan genre teks dan fungsi teks.
MATERI KURIKULUM 2006 JENIS PARAGRAF DESKRIPSI, EKSPOSISI, PERSUASI, ARGUMENTASI, NARASI
NO
|
DEFINISI
|
JENIS TEKS
|
1
|
Karangan yang bertujuan memberikan gambaran atau kesan kepada pembaca terhadap objek, gagasan, tempat, peristiwa, dan semacamnya yang ingin disampaikan penulis. Dengan karangan ini, pembaca dapat dibuat seolah-olah melihat, mendengar, merasakan, atau terlibat dalam peristiwa yang diuraikan penulis baik secara indera, logika, maupun emosi.
|
|
2
|
Karangan yang bertujuan mengisahkan atau bercerita. Dalam karangan ini peristiwa biasanya disusun menurut urutan waktu ( kronologis), memiliki tokoh, dan terdapat konflik.
|
|
3
|
Karangan yang bertujuan membujuk atau menyarankan. Dalam karangan ini mula-mula dipaparkan gagasan dengan alasan untuk meyakinkan pembaca, kemudian diikuti dengan ajakan, bujukan, rayuan, imbauan, atau saran kepada pembaca.
|
|
4
|
Karangan yang bertujuan menyampaikan suatu gagasan, ide, pendapat, konsepsi, atau opini penulis disertai data sebagai bukti dan alasan untuk meyakinkan pembaca atas kebenaran gagasan itu.
|
|
5
|
Karangan yang bertujuan memaparkan, menjelaskan, menyampaikan penyuluhan/informasi, mengajarkan, dan menerangkan sesuatu tanpa disertai ajakan atau desakan agar pembaca menerima dan mengikutinya
|
|
NO
|
CONTOH KARANGAN/PARAGRAF
|
JENIS KARANGAN
|
1
|
Setiap detik penduduk di bumi bertambah lima jiwa. Bisa dipastikan bahwa pertumbuhan penduduk yang demikian pesat akan menjadi masalah global.Oleh karena itu, kita perlu mengendalikan pertambahan penduduk dan di sisi lain kita harus berusaha keras mencari penemuan-penemuan baru untuk memenuhi tuntutan kehidupan yang tak terelakkan tersebut.
|
persuasi
|
2
|
Masih ada solusi yang baik untuk mengatasi polemik kapal ikan di perairan kita. Penambahan jumlah kapal besar diperairan Sulawesi, Maluku, dan Irian tidak perlu diikuti dengan pemindahan kapal kecil ke wilayah lain. Yang terpenting adalah rasionalisasi jumlah dan ukuran kapal sesuai dengan pemberlakuan wilayah fishing ground dan fishing base.
|
argumentasi
|
3
|
Ia terlentang seharian di atas trotoar panas itu. Tubuhnya yang tinggal tulang terbalut kulit itu tertutup oleh pakaian kotor dan dekil yang telah robek di sana sini, sehingga perutnya yang kempis itu menyeringai dari sela-sela baju. Bau anyir menyeruak dari borok di borok di kedua kakinya yang melebar dengan warna merah
|
deskripsi
|
4
|
Olahraga jalan cepat bukanlah olahraga lari. Olahraga ini hampir sama dengan olahraga lari. Namun, yang membedakan adalah olahraga ini selalu memungkinkan telapak kaki untuk meneyentuh tanah. Sedangkan pada olahraga lari ada kalanya kedua kaki tidak menyentuh tanah.
|
eksposisi
|
5
|
Tahun 1977 Dr. Alvarez dan rekan-rekannya dari Universitas California, Berkeley mendapati sesuatu yang aneh. Ketika sedang meneliti lapisan lumpur menemukan kandungan tridium berkadar tinggi di antara pembatas dua lapisan lumpur itu. Pada tahun berikutnya kapal peneliti AS Glomar Challenger Two juga menmukan tridium berkadar tinggi di perairan New Mexico bagian utara.
|
narasi
|
6
|
Pasar Blaura merupakan pasar perbelanjaan yang sempurna. Semua barang ada di sana. Di bagian terdepan berderet toko sepatu dalam dan luar negeri. Di lantai satu terdapat toko pakaian yang lengkap berderet-deret. Di sampaing kanan pasar terdapat stan-stan kecil penjual perkakas dapur. Di samping kiri ada pula jenis buah-buahan.
|
deskripsi
|
7
|
Hujan adalah akibat dari pemanasan yang dilakukan oleh matahari pada permukaan air di bumi seperti laut, sungai, dan lain – lain. Pemanasan ini menyebabakan penguapan sehingga partikel – partikel air menjadi gas yang terbang dan berkumpul di atmosphere. Kumpulan partikel – partikel ini kemudian menjadi awan dan akan tertiup oleh angin menuju tempat lainnya. Jika konsentrasi awan tersebut menjadi jenuh, partikel – partikel gas tersebut mengalami kondensasi sehingga berubah bentuk kembali menjadi air dan jatuh ke bumi.
|
eksposisi
|
8
|
Musim semi telah tiba dan salju mencair di ladang-ladang dan lembah-lembah. Salju di atas puncak-puncak gunung secara berangsur-angsur mencair dan menggenangi jalan-jalan setapak yang berliku-liku menuju ke dalam lembah ngarai, bergabung dengan sebuah aliran air yang deras dan berdebur memperlihatkan kesadaran alam
|
deskripsi
|
9
|
Sore itu kami pergi ke rumah Puspa. Sopir kusuruh memakirkan mobil. Kemudian, kami memasuki gang kecil. Beberapa waktu kemudian, kami sampai di sebuah rumah yangh sederhana seperti rumah-rumah di sekitarnya.
|
narasi
|
10
|
Kedisiplinan lalu lintas masayarakat di Jakarta cenderung menurun. Hal ini terbukti pada bertambahnya jumlah pelanggarannya yang tercatat di kepolisian. Selain itu, jumlah korban yang meninggal akibat kecelakaan pun juga semakin meningkat.
|
argumentasi
|
MATERI KURIKULUM 2013 JENIS-JENIS TEKS
GENRE
|
TIPE TEKS
|
LOKASI SOSIAL
|
Menggambarkan (Describing)
|
Laporan (Report):
melaporkan informasi
|
Buku rujukan, dokumenter, buku panduan, laporan eksperimental (penelitian), presentasi kelompok
|
Deskripsi: menggambarkan peristiwa, hal, sastra
|
Pengamatan diri, objek, lingkungan, perasaan, dll.
|
|
Menjelaskan (Explaining)
|
Eksplanasi: menjelaskan sesuatu
|
Paparan, pidato/ceramah, tulisan ilmiah (popular)
|
Memerintah (Instructing)
|
Instruksi/ Prosedur: menunjukkan bgm sesuatu dilakukan
|
Buku panduan/ manual (penerapan), instruksi pengobatan, aturan olahraga, rencana pembelajaran (RPP), instruksi, resep, pengarahan/pengaturan
|
Berargumen (Arguing)
|
Eksposisi: memberi pendapat atau sudut pandang
|
(MEYAKINKAN/Mempengaruhi): iklan, kuliah, ceramah/pidato, editorial, surat pembaca, artikel Koran/majalah
|
Diskusi
|
(MENGEVALUASI suatu persoalan dengan sudut pandang tertentu, 2 atau lebih)
|
|
Respon/ review
|
Menanggapi teks sastra, kritik sastra, resensi
|
|
Menceritakan (Narrating)
|
Rekon (Recount): menceritakan peristiwa secara berurutan
|
Jurnal, buku harian, artikel Koran, berita, rekon sejarah, surat, log, garis waktu (time line)
|
Narasi: menceritakan kisah atau nasehat
|
Prosa (Fiksi ilmiah, fantasi, fabel, cerita rakyat, mitos, dll.), dan drama.
|
|
Puisi
|
Puisi, puisi rakyat (pantun, syair, gurindam)
|
Sumber
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016. Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah/Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMA/MA/SMK/MAK) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan)