Materi PENGANTAR PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA/SMK TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Yang Anda Cari
Sabtu, 14 Juli 2018
Edit
MATERI PENTING PENDIDIKAN SEKOLAH - Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Materi PENGANTAR PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA/SMK TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Yang Anda Cari, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan
Contoh Soal,
Gaji Guru,
Guru,
pendidikan akhlak,
pendidikan bahasa arab, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca. Materi PENGANTAR PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA/SMK TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Yang Anda Cari
Pengantar Pembelajaran Bahasa Indonesia SMA/SMK Tahun Pelajaran 2018/2019
Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk SMA/MA/SMK
KOMPETENSI INTI BAHASA INDONESIA SMA/SMK
Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia SMA/SMK
Sumber: https://ift.tt/2uulCd8
Pada pertemuan pertama atau kegiatan sebelum pembahasan materi pembelajaran, guru perlu menyampaiakan hal-hal sebagai berikut.
1. Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia
2. Ruang Lingkup atau Jenis-Jenis Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia
3. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
4. Metode Pembelajaran
5. Teknik Penilaian
6. Kriteria Ketuntasan Minimal.
Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk SMA/MA/SMK
Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis, serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya kesastraan manusia Indonesia. Dengan pembelajaran
bahasa Indonesia, peserta didik dapat menguasai pengetahuan, keterampilan berbahasa, dan sikap positif terhadap bahasa dan sastra Indonesia. Hal tersebut merupakan dasar bagi peserta didik untuk memahami dan merespons situasi lokal, regional, nasional, dan global.
Peserta didik dapat mengembangkan potensinya sesuai dengan kemampuan, kebutuhan, dan minatnya, serta dapat menumbuhkan penghargaan terhadap hasil karya kesastraan dan hasil intelektual bangsa
sendiri. Mata pelajaran Bahasa Indonesia juga bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis.
2. Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara.
3. Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan.
4. Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan emosional dan sosial.
5. Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa.
6. Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khasanah budaya dan intelektual manusia.
bahasa Indonesia, peserta didik dapat menguasai pengetahuan, keterampilan berbahasa, dan sikap positif terhadap bahasa dan sastra Indonesia. Hal tersebut merupakan dasar bagi peserta didik untuk memahami dan merespons situasi lokal, regional, nasional, dan global.
Peserta didik dapat mengembangkan potensinya sesuai dengan kemampuan, kebutuhan, dan minatnya, serta dapat menumbuhkan penghargaan terhadap hasil karya kesastraan dan hasil intelektual bangsa
sendiri. Mata pelajaran Bahasa Indonesia juga bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis.
2. Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara.
3. Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan.
4. Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan emosional dan sosial.
5. Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa.
6. Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khasanah budaya dan intelektual manusia.
(Sumber: Pedoman Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Depdikbud, 2016)
JENIS-JENIS TEKS DI SMA/MA/SMK
KURIKULUM 2013 (REVISI)
No.
|
Kelas X
|
Kelas XI
|
Kelas XII
|
1
|
Laporan hasil observasi
|
Prosedur
|
Surat lamaran pekerjaan
|
2.
|
Eksposisi
|
Eksplanasi
|
Teks sejarah
|
3.
|
Anekdot
|
Ceramah
|
Editorial
|
4.
|
Hikayat
|
Cerpen
|
Novel
|
5.
|
Negosiasi
|
Proposal
|
Artikel
|
6.
|
Debat
|
Karya ilmiah
|
Esai
|
7.
|
Biografi
|
Resensi
|
|
8.
|
Puisi
|
Drama
|
|
(sumber permendikbud nomor 24 tahun 2016 dan Silabus Bahasa Indonesia SMA/SMK/MA/MAK versi 2016 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan)
KOMPETENSI INTI BAHASA INDONESIA SMA/SMK
Kelas X
|
Kelas XI
|
Kelas XII
|
KI 1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2 Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI 2 Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI 2 Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI 3 Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI 3 Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI 3 Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI 4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
KI 4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
KI 4 Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia SMA/SMK
Kelas x
|
Kelas XI
|
Kelas XII
|
3.1 Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis.
|
3.1 Mengorganisasikan informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur
|
3.1 Mengidentifikasi isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan yang dibaca.
|
4.1 Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis.
|
4.1 Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dengan organisasi yang tepat secara lisan dan tulis.
|
4.1 Menyajikan simpulan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan dalam bentuk visual
|
3.2 Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi
|
3.2 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur
|
3.2 Memformulasikan unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan
|
4.2 Mengonstruksi teks laporan hasil observasidengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan.
|
4.2 Mengembangkan teks prosedur dengan memerhatikan hasil analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan
|
4.2 Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika dan kebahasaan.
|
3.3 Menganalisis struktur, isi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi), kebahasaan teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca
|
3.3 Mengidentifikasi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks ekplanasi lisan dan tulis
|
3.3 Mengidentifikasi informasi, yang mencakup orientasi, rangkaian kejadian yang saling berkaitan, komplikasi dan resolusi, dalam cerita sejarah lisan atau tulis
|
4.3 Mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi secara lisan dan / tulis.
|
4.3 Mengkonstruksi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks eksplanasi secara lisan dan tulis
|
4.3 Mengonstruksi nilai-nilai dari informasi cerita sejarah dalam sebuah teks eksplanasi
|
3.4 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi.
|
3.4 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi
|
3.4 Menganalisis kebahasaan cerita atau novel sejarah
|
4.4 Mengonstruksikan teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan.
|
4.4 Memproduksi teks eksplanasi secara lisan atautulis dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan
|
4.4 Menulis cerita sejarah pribadi dengan memerhatikan kebahasaan
|
3.5 Mengevaluasi teks anekdot dari aspek makna tersirat.
|
3.5 Mengidentifikasi unsur-unsur ceramah, kebahasan, isi informasi berupa permasalahan aktual yang disajikan dalam ceramah
|
3.5 Mengidentifikasi informasi (pendapat, alternatif solusi dan simpulan terhadap suatu isu) dalam teks editorial
|
4.5 Mengonstruksi makna tersirat dalam sebuah teks anekdot.
|
4.5 Menyusun bagian-bagian penting dari permasalahan aktual sebagai bahan untuk disajikan dalam ceramah
|
4.5 Menyeleksi ragam informasi sebagai bahan teks editorial
|
3.6 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks anekdot.
|
3.6 Menganalisis isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah.
|
3.6 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks editorial
|
4.6 Menciptakan kembali teks anekdot dengan memerhatikan struktur, dan kebahasaan.
|
4.6 Mengkonstruksi ceramah tentang permasalahan aktual dengan memerhatikan aspek kebahasaan dan menggunakan struktur yang tepat.
|
4.6 Merancang teks editorial dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan .
|
3.7 Mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam cerita rakyat (hikayat) baik lisan maupun tulis.
|
3.7 Menemukan butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca
|
3.7 Menilai isi dua buku fiksi (kumpulan cerita pendek atau kumpulan puisi) dan satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca
.
|
4.7 Menceritakan kembali isi cerita rakyat (hikayat) yang didengar dan dibaca.
|
4.7 Menyusun laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi)
|
4.7 Menyusun laporan hasil diskusi buku tentang satu topik
|
3.8 Membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen.
|
3.8 Mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan cerita pendek yang dibaca
|
3.8 Menafsir pandangan pengarang terhadap kehidupan dalam novel yang dibaca
|
4.8 Mengembangkan cerita rakyat (hikayat) ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai.
|
4.8 Mendemonstrasikan salah satu nilai kehidupan yang dipelajari dalam cerita pendek
|
4.8 Menyajikan hasil interpretasi terhadap pandangan pengarang
|
3.9 Menyebutkan butir-butir penting dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel yang dibacakan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen.
|
3.9 Menganalisis unsur-unsur pembangun cerita pendek dalam buku kumpulan cerita pendek
|
3.9 Menganalisis isi dan kebahasaan novel
|
4.9 Menyusun ikhtisar dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan ringkasan dari satu novel yang dibaca.
|
4.9 Mengkonstruksi sebuah cerita pendek dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen.
|
4.9 Merancang novel atau novelet dengan memerhatikan isi dan kebahasaan.
|
3.10 Mengevaluasi pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam teks negosiasi lisan maupun tertulis.
|
3.10 Menemukan butir-butir penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca
|
3.10 Mengevaluasi informasi, baik fakta maupun opini, dalam sebuah artikel yang dibaca
|
4.10 Menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan dan penutup dalam teks negosiasi secara lisan atau tulis.
|
4.10 Mempertunjukkan kesan pribadi terhadap salah satu buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk teks eksplanasi singkat
|
4.10 Menyusun opini dalam bentuk artikel
|
3.11 Menganalisis isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan teks negosiasi.
|
3.11 Menganalisis pesan dari satu buku fiksi yang dibaca.
|
3.11 Menganalisis kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah
|
4.11 Mengkonstruksikan teks negosiasi dengan memerhatikan isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan.
|
4.11 Menyusun ulasan terhadap pesan dari satu buku fiksi yang dibaca.
|
4.11 Mengonstruksi sebuah artikel dengan memerhatikan fakta dan kebahasaan
|
3.12 Menghubungkan permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak dan simpulan dari debat untuk menemukan esensi dari debat.
|
3.12 Menentukan informasi penting yang ada dalam proposal kegiatan atau penelitian yang dibaca
|
3.12 Membandingkan kritik sastra dan esai dari aspek pengetahuan dan pandangan penulis
|
4.12 Mengonstruksi permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan dari debat secara lisan untuk menunjukkan esensi dari debat.
|
4.12 Melengkapi informasi dalam proposal secara lisan supaya lebih efektif
|
4.12 Menyusun kritik dan esai dengan memerhatikan aspek pengetahuan dan pandangan penulis
|
3.13 Menganalisis isi debat (permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan).
|
3.13 Menganalisis isi, sistematika, dan kebahasaan suatu proposal
|
3.13 Menganalisis sistematika dan kebahasaan kritik dan esai
|
4.13 Mengembangkan permasalahan/isu dari berbagai sudut pandang yang dilengkapi argumen dalam berdebat.
|
4.13 Merancang sebuah proposal karya ilmiah dengan memerhatikan informasi, tujuan, dan esensi karya ilmiah yang diperlukan
|
4.13 Mengonstruksi sebuah kritik atau esai dengan memerhatikan sistematika dan kebahasaan
|
3.14 Menilai hal yang dapat diteladani dari teks biografi
|
3.14 Mengidentifikasi informasi, tujuan dan esensi sebuah karya ilmiah yang dibaca
|
3.14 Mengidentifikasi nilai-nilai yang terdapat dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi)
|
4.14 Mengungkapkan kembali hal-hal yang dapat diteladani dari tokoh yang terdapat dalam teks biografi yang dibaca secara tertulis.
|
4.14 Merancang informasi, tujuan, dan esensi yang harus disajikan dalam karya ilmiah
|
4.14 Menulis refleksi tentang nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi)
|
3.15 Menganalisis aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi.
|
3.15 Menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah
|
|
4.15 Menyusun teks biografi tokoh
|
4.15 Mengonstruksi sebuah karya ilmiah dengan memerhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan.
|
|
3.16 Mengidentifikasi suasana, tema, dan makna beberapa puisi yang terkandung dalam antologi puisi yang diperdengarkan atau dibaca.
|
3.16 Membandingkan isi berbagai resensi untuk menemukan sistematika sebuah resensi
|
|
4.16 Mendemonstrasikan (membacakan atau memusikalisasikan) satu puisi dari antologi puisi atau kumpulan puisi dengan memerhatikan vokal, ekspresi, dan intonasi (tekanan dinamik dan tekanan tempo)
|
4.16 Menyusun sebuah resensi dengan memerhatikan hasil perbandingan beberapa teks resensi
|
|
3.17 Menganalisis unsur pembangun puisi.
|
3.17 Menganalisis kebahasaan resensi setidaknya dua karya yang berbeda.
|
|
4.17 Menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangunnya.
|
4.17 Mengkonstruksi sebuah resensi dari buku kumpulan cerita pendek atau novel yang sudah dibaca.
|
|
3.18 Menganalisis isi dari minimal satu buku fiksi dan satu buku nonfiksi yang sudah dibaca.
|
3.18 Mengidentifikasi alur cerita, babak demi babak, dan konflik dalam drama yang dibaca atau ditonton
|
|
4.18 Mereplikasi isi buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk resensi.
|
4.18 Mempertunjukkan salah satu tokoh dalam drama yang dibaca atau ditonton secara lisan
|
|
|
3.19 Menganalisis isi dan kebahasaan drama yang dibaca atau ditonton
|
|
4.19 Mendemonstrasikan sebuah naskah drama dengan memerhatikan isi dan kebahasaan
|
||
3.20 Menganalisis pesan dari dua buku fiksi (novel dan buku kumpulan puisi) yang dibaca
|
||
4.20 Menyusun ulasan terhadap pesan dari dua buku kumpulan puisi yang dikaitkan dengan situasi kekinian
|
Unduh Lampiran Permendikbud Nomor 24 tahun 2016 Klik https://drive.google.com/open?id=1L5wnIApkE5fcrdz5POFYPA_hwu3uD0zg
Unduh Silabus Bahasa Indonesia SMA/SMK Klik (3 Kolom) https://drive.google.com/open?id=1Dju6fOwu1iuFIGNZ5sFD0WGJGPt7TPeY
Unduh Silabus Bahasa Indonesia melalui link (7 kolom) https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/07/silabus-bahasa-indonesia-smasmk-kelas-x_11.html
Unduh Pedoman Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA/SMK Klik https://drive.google.com/open?id=1Sc8SUm8ymEa5dYxTlxWUh6zp4DeYA61B